Cara Melacak Lokasi Seseorang dengan iPhone

Cara Melacak Lokasi Seseorang Dengan Iphone

Supaya tidak salah paham, untuk dapat melacak lokasi seseorang menggunakan iPhone syaratnya orang yang ingin Anda lacak juga harus menggunakan perangkat iPhone.

Di sini Anda dapat memanfaatkan aplikasi Find My Friends untuk melacak secara real-time posisi atau lokasi seseorang.

Aplikasi ini pertama kali diperkanalkan pada tahun 2012 dan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini. Jika Anda para orang tua, aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengawasi secara real-time lokasi dari anak-anak Anda.

Atau jika Anda sedang menunggu teman, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui posisi masing-masing secara real-time.

Tentu saja, aplikasi ini memerlukan persetujuan kedua belah pihak. Jika yang ingin Anda lacak adalah posisi teman atau pasangan maka mereka juga harus menyetujui karena nantinya aplikasi Find My Friends harus diintsal di kedua perangkat.

Sebelum Memulai

Jika perangkat orang yang ingin Anda lacak menjalankan iOS 8 maka mereka perlu men-download aplikasi Find My Friends terlebih dahulu. Atau jika Anda pun masih menggunakan iOS 8 maka download dan instal terlebih dahulu aplikasinya di perangkat Anda.

Find My Friends
Find My Friends
Developer: Apple
Price: Free

Tapi jika mereka menggunakan perangkat iPhone yang sudah menjalankan iOS 9 ke atas maka tidak perlu lagi menginstal secara manual karena Find My Firend sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan.

Aktifkan “Share My Location” di Perangkat Mereka

Mulailah dengan membuka aplikasi Find My Friends di perangkat iPhone mereka, kemudian tekan pada gambar kontak mereka di bagian bawah untuk mengaktifkan opsi Share My Location.

Juga pastikan bahwa lokasi yang dibagikan adalah lokasi dari ponsel yang dimaksud. Itu bisa Anda lihat di bagian SHARE MY LOCATION FROM karena mungkin saja ada perangkat lain (seperti iPad) yang terhubung ke akun iCloud yang sama.

Bagikan Lokasi Mereka dengan iPhone Anda

Pada iPhone Anda, geser ke atas dari bagian bawah layar untuk mengaktifkan AirDrop. Buatlah diri Anda bisa ditemukan oleh semua orang dengan memilih opsi Everyone.

Kembali ke perangkat iPhone teman atau pasangan Anda, tekan pada Add di dalam aplikasi Find My Friends kemudian tekan ikon kontak Anda. Pilih Share Indefinitely untuk membagikan lokasi mereka ke iPhone Anda dengan jumlah waktu yang tidak terbatas.

Terima Lokasi Mereka

Setelah lokasi mereka dibagikan ke perangkat Anda, pada perangkat Anda tekan Accept. Tunggu beberapa detik, sebuah popup akan muncul menanyakan apakah Anda ingin berbagi lokasi Anda juga dengan mereka.

Cara Melacak Lokasi Seseorang Dengan Iphone E

Ini adalah bagian paling penting. Di sini Anda dapat memilih untuk membagikan lokasi Anda juga dengan mereka atau tidak. Jika ya, pilih opsi Share Indefinitely tapi jika tidak maka pilih Don’t share.

Cara Melacak Lokasi Seseorang Dengan Iphone F

Mulai Lacak Lokasi Mereka

Buka aplikasi Find My Friends di ponsel Anda, cukup klik ikon kontak mereka untuk melihat posisi mereka secara real-time. Anda pun akan melihat opsi untuk menerima notifikasi ketika mereka meninggalkan atau tiba di lokasi tertentu.

Saya tidak tahu apakah Anda ingin menggunakan aplikasi Find My Friends untuk memata-matai seseorang. Jika itu yang Anda inginkan dan meskipun saya tidak secara jelas memandu Anda ke arah itu, Anda dapat menyesuaikannya sendiri dengan panduan dasar yang sudah saya jelaskan di atas.

Selamat mencoba!

Sumber gambar: gadgethacks.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: