Cara Rekam Percakapan Telepon di Android

Cara Rekam Percakapan Telepon Di Android

Salah satu ciri dari komunikasi digital adalah jejak yang ditinggalkan. Setiap kali Anda berkomunikasi melalui email atau layanan pesan instan seperti WhatsApp maka akan ada jejak komunikasi yang ditinggalkan.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk komunikasi telepon atau percakapan yang dibangun melalui telepon. Setelah percakapan berakhir, Anda tidak akan memiliki jejak percakapan, kecuali Anda merekamnya.

Itulah yang akan dibahas kali ini. Di Android, Anda dapat merekam percakapan yang dilakukan via telepon. Tapi, saya harap tujuan Anda untuk merekam percakapan ini tidak sampai melanggar hukum.

Dan sebaiknya, percakapan direkam dengan izin dari kedua belah pihak, Anda dan lawan bicara Anda.

Ada beberapa aplikasi di Android yang memungkinkan Anda untuk merekam percakapan telepon yang Anda lakukan dengan orang lain.

Automatic Call Recorder

Automatic Call Recorder adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk merekam percakapan telepon lalu menyimpan file percakapan tersebut ke berbagai macam layanan cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox.

Cara Rekam Percakapan Telepon Di Android 1

Sesuai namanya, Automatic Call Recorder menawarkan fitur otomatis dalam merekam percakapan. Anda pun dapat menambahkan semacam catatan untuk setiap rekaman percakapan.

Automatic Call Recorder
Automatic Call Recorder
Developer: Appliqato
Price: Free

Call Recorder – ACR

Sedikit berbeda dengan aplikasi pertama di atas, ketika pertama kali menggunakan Call Recorder – ACR Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa merekam percakapan tidak melanggar hukum di negara Anda, tentunya Indonesia.

Setelah melalui proses ini, Anda dapat langsung menggunakannya untuk merekam percakapan telepon.

Aplikasi ini memisahkan setiap rekaman berdasarkan status apakah panggilan masuk, panggilan keluar atau panggilan yang dikategorikan sebagai panggilan penting.

Cara Rekam Percakapan Telepon Di Android 2

Call Recorder - ACR
Call Recorder - ACR
Developer: NLL APPS
Price: Free

Call Recorder

Meskipun sering menerima pembaruan, antarmuka dari aplikasi yang satu ini tetap sederhana dan tidak banyak berubah dari waktu ke waktu.

Selain itu, aplikasi Call Recorder tidak memungkinkan Anda untuk menyimpan file hasil rekaman ke layanan penyimpanan awan seperti dua aplikasi di atas, kecuali Anda melakukannya secara manual.

Cara Rekam Percakapan Telepon Di Android 3

Call Recorder
Call Recorder
Developer: lovekara
Price: Free

Super Call Recorder

Dari namanya terdengar cukup menjanjikan, tapi pada dasarnya fitur yang ditawarkan hampir sama dengan aplikasi Call Recorder.

Cara Rekam Percakapan Telepon Di Android 4

Super Call Recorder tidak memberi Anda pilihan untuk mengubah jenis file rekaman dan juga tidak terintegrasi dengan layanan penyimpanan awal sama dengan aplikasi Call Recorder.

Super Call Recorder
Super Call Recorder
Developer: MeiHillMan
Price: Free

Call Recorder Automatic

Aplikasi Call Recorder Automatic ini bekerja dengan cara menawarkan dua pilihan pada Anda setelah diinstal, yaitu mengaktifkan atau menonaktifkan merekam panggilan masuk dan keluar.

Cara Rekam Percakapan Telepon Di Android 5

Jika Anda memilih opsi mengaktifkan maka setiap panggilan masuk dan keluar otomatis akan direkam.

Untungnya, aplikasi ini pun memungkinkan Anda untuk menambahkan nomor kontak ke dalam daftar putih, kontak yang nantinya dikecualikan.

Call Recorder Automatic
Call Recorder Automatic
Developer: Tap AI
Price: Free

Kesimpulan

Pada akhirnya, pilihan ada di tangan Anda. Aplikasi mana yang akan digunakan untuk mereka percakapan telepon. Saran saya, coba dari yang pertama dan jika kurang cocok silakan coba dengan aplikasi berikutnya.

Dan sedikit tips dari saya, jika kualitas hasil rekaman kurang baik, suara rekaman tidak terdengar jelas maka sebaiknya panggilan telepon dilakukan melalui speaker ponsel Anda.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments