6 Jenis Error Saat Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya

Saya yakin, Anda pasti pernah menemui pesan error saat mengunjungi sebuah halaman atau website di internet. Ada berbagai macam pesan error dan pernahkah Anda bertanya apa arti dari masing-masing pesan error yang muncul?

Di sini saya akan membantu Anda memahami apa arti dari setiap pesan error ketika umumnya Anda mengunjungi sebuah halaman/website di internet dan apa yang harus Anda lakukan.

Certificate Error

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya 2

Pertama adalah Certificate Error atau Kesalahan Sertifikat. Pesan error semacam ini menunjukkan adanya masalah pada enkripsi HTTPS. Anda hanya akan melihat pesan seperti ini pada website yang menggunakan protokol HTTPS, seperti https://www.pugam.com.

Website yang menggunakan protokol HTTPS, harus benar-benar memiliki sertifikat untuk mengidentifikasi bahwa website tersebut “sah”.

Misalnya, google.com memiliki sertifikat keamanan yang dikeluarkan oleh otoritas sertifikat terpercaya. Otoritas sertifikat ini memverifikasi bahwa Google adalah pemilik sebenarnya dari website google.com dan berhak atas sertifikat keamanan tersebut.

Bila Anda terhubung atau mengunjungi google.com menggunakan protokol HTTPS, Google akan menyajikan sertifikat ini. Browser Anda akan memeriksa sertifikat tersebut “sah” atau tidak.

Ini untuk memastikan bahwa Anda benar-benar sedang mengunjungi google.com, bukan situs serupa yang “berpura-pura” atau meniru google.com.

Perlu diingat, ketika Anda melihat pesan error seperti ini, itu tidak berarti Anda sedang mengunjungi website berbahaya. Misalnya, jika Anda coba mengakses website bank Anda pada jaringan Wi-Fi publik dan melihat ada pesan error seperti ini, itu bisa jadi jaringan Anda yang bermasalah.

Kemungkinan lainnya adalah pemilik website gagal dalam memperbarui atau mengonfigurasi sertifikatnya. Dalam banyak kasus, Anda tidak perlu meneruskan untuk mengunjungi website tersebut jika melihat pesan error seperti ini demi alasan keamanan.

Jika kesalahan ada pada konfigurasi atau pemilik website belum memperbarui sertifikatnya, maka lebih baik Anda menunggu sampai mereka menyelesaikan semuanya.

Peringatan Phishing dan Malware

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya 2

Browser Anda juga dapat menampilkan peringatan phishing (pemalsuan web) dan malware. Tidak peduli apakah Anda pengguna FIrefox, Chrome, atau Internet Explorer, semua website populer akan secara teratur memperbarui daftar situs berbahaya.

Jadi, jika browser menampilkan peringatan ini ketika Anda mengunjungi website tertentu maka besar kemungkinan itu adalah benar (valid) dan sebaiknya tidak Anda teruskan untuk mengaksesnya.

Setiap website yang masuk daftar “berbahaya” biasanya terindikasi mengandung malware, atau karena mereka mencoba meniru website tertentu yang asli untuk mencuri informasi sensiftif Anda, seperti password, informasi kartu kredit atau informasi sensitif lainnya.

404 Not Found

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya 3

Ini adalah salah satu pesan error yang paling sering ditemui. Sederhana, pesan jenis ini berarti halaman atau website yang ingin Anda akses tidak tersedia atau sudah tidak tersedia.

Jadi, dalam hal ini ada dua kemungkinan. Pertama, halaman atau website yang Anda tuju sudah tidak lagi tersedia (dihapus oleh pemiliknya). Kedua adalah Anda salah mengetikkan alamat halaman/website yang ingin Anda akses.

Pesan Error yang Dikustomisasi

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya 4

Setiap website dapat menampilkan pesan error yang sudah dikustomisasi atau dimodifikasi sehingga tidak terlihat seperti pesan error pada umumnya.

Sebagai contoh, website How-To Geek memiliki pesan khusus 404 Not Found yang bertemakan game klasik Mario. Dalam hal ini, yang berbeda hanya tampilannya saja, tetapi arti dari pesan yang muncul tetap sama.

Server Not Found

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya

Ini hampir sama dengan 404 Not Found, hanya saja dalam kasus ini browser Anda benar-benar tidak dapat menemukan halaman/website yang Anda akses.

Ini bisa berarti Anda salah mengetikkan sebuah alamat, server DNS Anda sedang down, firewall Anda yang memblokir itu, atau ada yang salah dengan konfigurasi proxy Anda.

Unable to Connect

6 Jenis Error Ketika Memuat Halaman Website Beserta Penjelasannya 5

Pesan error Unable to connect terlihat mirip dengan pesan error Server not found, tapi tetap ada perbedaan.

Jika Anda melihat pesan error ini, itu artinya browser Anda sudah berhasil terhubung ke DNS server dan mengidentifikasi bahwa website tersebut betul merupakan website yang ingin Anda tuju.

Namun, dalam hal ini browser tidak menerima respon apapun dari server website tersebut ketika mencoba untuk terhubung.

Ketika Anda melihat pesan error ini, itu bisa berarti website sedang down atau mengalami gangguan. Tapi kemungkinan lain masih berlaku, yaitu ada yang salah pada konfigurasi firewall, proxy, atau pengaturan jaringan Anda.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments