Cara Menjadikan Ponsel Android sebagai Mikrofon di Komputer

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Mikrofon Di Komputer

Untuk menghasilkan rekaman audio dengan kualitas baik maka Anda perlu mikrofon yang baik pula. Dan jika Anda sering merekam audio di komputer maka Anda harus sadar bahwa tidak setiap komputer dilengkapi dengan built-in mikrofon.

Solusinya, Anda dapat membeli mikrofon dengan kualitas baik tapi jika saat ini Anda memiliki ponsel Android maka gunakan saja ponsel Anda sebagai mikrofon.

Memang bisa? Tentu saja bisa.

Di sini saya akan menunjukkan bagaimana cara menjadikan ponsel Android sebagai mikrofon di komputer untuk merekam suara dengan kualitas rekaman audio yang cukup baik.

Menggunakan Ponsel Android sebagai Mikrofon di Komputer

Instal Aplikasi WO Mic

Pertama, instal aplikasi bernama WO Mic di ponsel Android Anda. Aplikasi ini bekerja pada kedua platform utama komputer: Windows dan Mac, hanya saja bagi pengguna Mac OS X pilihan koneksi yang tersedia hanya melalui jaringan Wi-Fi.

Sedangkan bagi pengguna Windows, selain melalui Wi-Fi Anda dapat menghubungkan ponsel Android ke PC melalui Bluetooth atau kabel USB.

WO Mic
WO Mic
Developer: Wolicheng Tech
Price: Free

Instal Program Client & Driver

Jika Anda menghubungkan ponsel Android ke PC melalui Bluetooth atau kabel USB maka tidak perlu ada konfigurasi khusus, cukup hubungkan seperti biasa.

Namun, di sini saya akan menunjukkan bagaimana cara agar bisa terhubung melalui jaringan Wi-Fi karena metode ini berlaku untuk kedua platform: Windows dan Mac.

Jika Anda menggunakan komputer Windows, download dan instal dua file berikut di komputer Anda:

Jika Anda menggunakan Mac, cukup download dan instal file berikut:

Hubungkan Mic

Buka aplikasi WO Mic di Android dan masuk ke Settings. Pada bagian Transport, pilih Wifi kecuali Anda ingin menghubungkannya melalui Bluetooth atau kabel USB.

Konfigurasi lainnya memungkinkan Anda untuk mengubah port media dan kontrol tapi biarkan saja default (tidak perlu diubah).

Kembali ke halaman utama aplikasi WO Mic dan tekan pada START, kemudian salin alamat IP yang ditampilkan di atas ikon mikrofon.

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Mikrofon Di Komputer 4

Sekarang buka WO Mic Client di komputer Anda, masukkan alamat IP kemudian klik tombol Connect. Untuk mengujinya, ceklis Play in speaker dan coba dengan berbicara ke arah ponsel Android.

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Mikrofon Di Komputer 5

Sumber gambar: gadgethacks.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments