Astronom Deteksi Sinyal Hidrogen dari Galaksi Berjarak 5 Miliar Tahun Cahaya

Astronom Deteksi Sinyal Hidrogen dari Galaksi Berjarak 5 Miliar Tahun Cahaya

Menggunakan Very Large Array di AS, sebuah tim ilmuwan internasional berhasil mendeteksi sinyal hidrogen dari galaksi berjarak lima miliar tahun cahaya dari Bumi, mengalahkan rekor sebelumnya yang hanya tiga miliar tahun cahaya.

PUGAM.com – Sebuah tim astronom internasional telah memecahkan rekor dengan mendeteksi sinyal yang dipancarkan oleh gas hidrogen milik sebuah galaksi yang sangat jauh. Mereka telah mendeteksi sinyal dari galaksi lebih dari lima miliar tahun cahaya jaraknya dari Bumi, hampir dua kali lipat rekor sebelumnya.

Very Large Array (VLA) adalah sebuah kompleks observatorium astronomi radio yang berlokasi di dataran tinggi San Augustin, di antara kota Magdalena dan Datil, sekitar 50 mil (80 km) sebelah barat Socorro, New Mexico, Amerika Serikat. Tim menggunakan VLA untuk mengamati emisi radio dari hidrogen milik galaksi yang jauh.

Hidrogen adalah salah satu unsur yang sangat berlimpah di setiap galaksi di alam semesta, sehingga para ilmuwan menggunakannya untuk mendeteksi dan memahami susunan galaksi. Namun, teleskop radio pada umumnya hanya mampu mengamati emisi hidrogen dari galaksi terdekat saja.

Penelitian yang diterbitkan dalam Astrophysical Journals ini adalah bagian dari COSMOS HI Large Extragalactic Survey atau biasa disebut survei Chiles. Setelah selesai, survei Chiles akan mengumpulkan data dari lebih 1.000 jam waktu pengamatan.

Tim melakukan pendekatan terbaru, di mana International Centre for Radio Astronomy Research and the ARC Centre for All-sky Astrophysics (CAASTRO) bekerja sama dengan Amazon Web Service untuk memproses dan memindahkan data dengan volume besar melalui sistem ‘cloud’.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments