Cara Mengambil Foto Menggunakan Fingerprint Scanner di Android

Cara Mengambil Foto Dengan Tombol Fingerprint Di Android

Pemindai sidik jari sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perangkat smartphone masa kini, baik itu perangkat low end maupun high end. Sistem keamanan yang satu ini memang sangat berguna, dapat digunakan untuk mengautentikasi transaksi online atau sekedar membuka kunci layar smartphone.

Beberapa perangkat bahkan menggunakannya untuk tujuan lain. Seperti pada smartphone Pixel, pemindai sidik jari dapat digunakan untuk membuka panel notifikasi.

Atau pada perangkat Xiaomi Mi, pemindai sidik jari dapat digunakan sebagai tombol shutter untuk mengambil foto. Tapi tahukah Anda, perangkat lain pun dapat menggunakan pemindai sidik jari untuk menangkap gambar/foto?

Ini yang akan kita bahas kali ini.

Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjadikan tombol pemindai sidik jari sebagai tombol shutter yang dapat digunakan untuk mengambil foto.

Cara ini akan bekerja pada setiap perangkat Android yang telah mendukung fitur fingerprint scanner.

Cara Mengambil Foto Menggunakan Tombol Pemindai Sidik Jari di Perangkat Android

  1. Instal aplikasi bernama Dactyl di PlayStore. Aplikasi ini menawarkan versi trial, yaitu untuk 10 kali penggunaan saja, selanjutnya Anda perlu membeli versi premium.
    Dactyl - Fingerprint Sensor Selfie Camera
    Dactyl - Fingerprint Sensor Selfie Camera
    Developer: Nick Yelito
    Price: To be announced
  2. Setelah diinstal, buka aplikasi dan akan ada beberapa slide yang berisi informasi seputar aplikasi Dactyl.
    Cara Mengambil Foto Dengan Tombol Fingerprint Di Android 1
  3. Di halaman utama, Anda dapat melihat aplikasi kamera di ponsel Anda yang mendukung Dactyl. Artinya, Anda dapat menggunakan pemindai sidik jari sebagai  tombol shutter di aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk memberikan izin aksesibilitas, tekan bagian OPEN SETTINGS PAGE lalu aktifkan Dactyl Trial menjdi On.
    Cara Mengambil Foto Dengan Tombol Fingerprint Di Android 2
  4. Gulir ke bawah untuk melihat aplikasi kamera yang mendukung atau tekan tombol UNSUPPORTED APPS untuk melihat aplikasi kamera yang tidak mendukung. Anda pun dapat mengirimkan permintaan aplikasi tertentu yang belum mendukung Dactyl pada pengembang dengan cara menekan tombol REQUEST NEW APP.
    Cara Mengambil Foto Dengan Tombol Fingerprint Di Android 3
  5. Setelah memberi izin pada aplikasi, buka salah satu aplikasi kamera yang mendukung dan Anda akan melihat pesan bertuliskan Dactyl service running.
    Cara Mengambil Foto Dengan Tombol Fingerprint Di Android 4
  6. Sekarang Anda dapat mengambil gambar dengan cara menempelkan jari ke pemindai sidik jari, sama seperti ketika Anda membuka kunci layar ponsel.

Image credit: beebom.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments