Cara Reset Bios ke Pengaturan Default di Semua Komputer

Cara Reset Bios Ke Pengaturan Default Di Semua Komputer

Salah satu masalah yang seringkali membuat kita panik adalah ketika komputer tidak mau booting atau tidak bisa masuk ke sistem operasi.

Meskipun Anda tahu ada sesuatu yang salah tapi jika kondisinya seperti itu tidak banyak yang bisa Anda lakukan karena Anda tidak memiliki akses untuk masuk ke sistem komputer dan memperbaiki masalah yang ada.

Salah satu solusi yang sering menjadi pemecah masalah dalam kasus seperti itu adalah mengembalikan pengaturan BIOS ke default.

Cara Reset BIOS ke Pengaturan Default

Pertama, nyalakan komputer Anda dan tekan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS sesuai dengan model perangkat komputer yang Anda gunakan. Biasanya adalah tombol F2, F12, atau Delete.

Agar lebih jelas, silakan tonton video berikut ini:

Setelah Anda berhasil masuk ke BIOS, buka setiap tab dan cari opsi untuk mengembalikan pengaturan ke default. Dalam contoh video di atas, opsi ini bisa ditemukan di tab Exit, yaitu bertuliskan Load Setup Defaults.

Pilih opsi tersebut lalu akan muncul jendela konfirmasi, pilih Yes untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke default.

Letak opsi ini akan bervariasi (berbeda) tergantung pada model komputer jadi pastikan untuk membuka setiap tab yang ada sampai Anda menemukan opsi tersebut.

Mengembalikan pengaturan BIOS ke default ini akan menghapus setiap perubahan pada BIOS tapi tidak akan mempengaruhi sistem operasi Anda jadi tidak perlu khawatir.

Setelah selesai dengan proses ini, jangan lupa untuk memilih opsi Save and Exit agar perubahan yang Anda buat diberlakukan.

Shares

1
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
jo
Guest
jo

mas ini tidak mempengaruhi sistem operasi windows kan