Cara agar Pengunjung Dapat Mengedit Komentar di WordPress

Cara Agar Pengunjung Dapat Mengedit Komentar Di WordPress

Selain Admin dan Editor, pengunjung juga perlu diberi kemampuan untuk mengedit komentar yang telah mereka terbitkan. Setidaknya itu menurut saya.

Untuk situs yang sangat aktif dengan banyak komentar di setiap artikelnya, tak jarang pengunjung meminta agar mereka dimungkinkan untuk mengedit komentar yang telah diterbitkan.

Apa alasannya?

Mungkin saja mereka ingin memperbaiki ejaan atau kesalahan tata bahasa. Atau memang ingin mengoreksi komentar mereka sendiri yang sudah terlanjur diterbitkan.

Dalam artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya agar pengunjung situs WordPress Anda dapat mengedit komentar mereka sendiri.

Sebelum itu, saya akan menjelaskan dua kondisi berbeda yang perlu Anda pahami di sini.

Di WordPress, Anda dapat memilih apakah akan membuka pendaftaran untuk umum atau tidak. Jika Anda membuka pendaftaran, maka siapapun dapat mendaftar di situs Anda entah itu sebagai kontributor ataupun role lainnya yang memang sudah Anda tentukan.

Pada kondisi pertama di atas, Anda dapat memanfaatkan plugin yang memiliki kemampuan untuk mengatur hak dari masing-masing user. Dalam hal ini, Anda dapat mengaturnya agar mereka dapat mengedit komentar mereka sendiri.

Contohnya seperti plugin Capability Manager Enhanced.

Tapi jika Anda tidak membuka pendaftaran maka cukup sulit untuk membiarkan pengguna anonim mengedit komentar mereka. Tapi bukan berarti tidak mungkin.

Secara default, sistem komentar di WordPress bersifat terbuka. Pengunjung tidak harus mendaftar terlebih dahulu untuk dapat meninggalkan komentar di sebuah artikel.

Jadi di sini, bagaimana caranya agar pengunjung yang tidak terdaftar masih dimungkinkan untuk mengedit komentar mereka sendiri.

Cara agar Pengunjung Tidak Terdaftar Dapat Mengedit Komentar Mereka Sendiri

Pertama, Anda perlu menginstal plugin bernama Simple Comment Editing. Silakan instal pluginnya di bawah ini:

Simple Comment Editing
Simple Comment Editing
Developer: Ronald Huereca
Price: Free

Setelah diaktivasi, plugin ini akan langsung bekerja dan memungkinkan pengguna anonim (tidak terdaftar) untuk mengedit komentar mereka setelah diterbitkan/dipublikasikan.

Cara Agar Pengunjung Dapat Mengedit Komentar Di WordPress 1

Secara default, batas waktu maksimal bagi pengguna untuk dapat mengedit komentar mereka adalah 5 menit. Jadi, jika sudah lewat dari 5 menit mereka tidak bisa lagi mengedit komentar yang sudah diterbitkan.

Jika Anda ingin mengubah durasinya (batas waktu), plugin ini memungkinkan Anda untuk melakukannya dengan menggunakan filter. Cukup tambahkan kode di bawah ini ke dalam file functions.php.

add_filter( 'sce_comment_time', 'edit_sce_comment_time' );
function edit_sce_comment_time( $time_in_minutes ) {
    return 10;
}

Dalam contoh kode di atas, batas waktu mengedit komentar ditingkatkan menjadi 10 menit namun Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan Anda. Tapi saran saya jangan menetapkan batas waktu lebih dari 30 menit.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: