Terinspirasi Udang Mantis, Ilmuwan Kembangkan Material Ultra Kuat

Udang Mantis

PUGAM.com – Para ilmuwan dari University of California, Riverside (UCR) dan Purdue University telah terinspirasi oleh krustasea berwarna-warni yang biasa kita sebut sebagai udang mantis untuk mengembangkan material komposit super kuat dan dapat diaplikasikan untuk beragam keperluan seperti pembuatan kabin pesawat atau pelindung tubuh manusia.

Krustasea laut ini memiliki cakar tinju yang digunakan untuk menghancurkan cangkang mangsanya. Udang mantis dapat melakukan pukulan dengan sangat cepat, yaitu sekitar 80 km/jam, sehingga mampu merusak cangkang keras mangsanya.

Para peneliti telah menjelaskan bahwa cakar udang mantis memiliki struktur mirip tulang ikan. Struktur ini memungkinkan udang mantis untuk memberikan dampak kerusakan tinggi pada mangsa tanpa harus menghancurkan cakarnya sendiri.

Udang Mantis

Struktur herringbone udang mantis dilihat dari lapisan luar (Kredit: UC Riverside).

Penelitian ini dipimpin oleh Multi-University Research initiative dan dipelopori oleh David Kasailus, seorang profesor Inovasi Energi di College of Engineering, URC dan didanai oleh Kantor Penelitian Ilmiah Angkatan Udara.

Penelitian ini rencananya akan membuat material komposit dengan struktur herribone sebagai lapisan luar. Lapisan tersebut akan dibuat tahan retak, terbuat dari kristal kalsium fosfat yang mengelilingi serat organik di dalamnya.

Kisailus dan timnya percaya bahwa struktur herribone dapat diaplikasan di dunia nyata. Mereka pun telah berbicara mengenai kemungkinan penerapan teknologi 3D printer, karena dianggap dapat menerjemahkan penelitian mereka ke dalam aplikasi praktis lebih cepat dan lebih mudah.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments