Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor secara Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online(1)

Berbicara mengenai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), mungkin dulu kita perlu menyelesaikan semua proses administrasinya secara manual, yaitu dengan mendatangi kantor Samsat.

Namun, perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi saat ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan beberapa proses administrasi PKB dengan lebih mudah tanpa harus mendatangi kantor Samsat masing-masing daerah.

Untuk Pajak Kendaraan Bermotor, Anda saat ini dapat mengetahui informasi PKB secara online dan ada tiga cara atau metode yang bisa Anda coba:

  1. Melakukan pengecekan melalui webiste Samsat masing-masing daerah.
  2. Melakukan pengecekan melalui SMS (Khusus Jawa Barat).
  3. Melakukan pengecekan melalui aplikasi mobile (Android), bisa untuk seluruh Indonesia.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Website

Saya tidak tahu kenapa pelayanan informasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara online tidak dibuat terpusat (seluruh Indonesia).

Jadi, bagi Anda yang ingin memeriksa PKB secara online harus melakukannya di situs Samsat masing-masing daerah. Berikut daftarnya:

DKI Jakarta

Cek Pajak Ranmor Dki Jakarta

Pemerintah Daerah DKI Jakarta sebetulnya telah menyediakan layanan informasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara online melalui situs http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki.

Alternatif lain bagi Anda warga DKI Jakarta dapat melakukan pengecekan informasi PKB lewat aplikasi mobile (Android), yang akan saya jelaskan nanti.

Jawa Barat

Cek Pajak Ranmor Jawa Barat

Untuk warga Jawa Barat, Anda hanya dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi mobile (Android) dan SMS. Karena jika Anda kunjungi situs Bapenda Jabar, maka informasi yang tersedia tetap menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan PKB lewat aplikasi.

Silakan kunjungi alamat ini: https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/.

Jawa Timur

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online (jawa Timur)

Bagi Anda warga Jawa Timur, Anda dapat melakukan pengecekan informasi PKB di laman http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.

Cukup masukkan nomor pelat kendaraan Anda di kolom yang disediakan lalu masukkan kode verifikasi dan klik tombol Cari.

Informasi PKB selanjutnya akan muncul dan perlu diingat bahwa nominal pajak yang ditampilkan hanyalah biaya pajak normal, belum termasuk pajak progresif dan denda keterlambatan (jika ada).

Jawa Tengah

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online (jawa Tengah)

Bagi Anda warga Jawa Tengah, silakan lakukan pengecekan informasi PKB di laman http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.

Masukkan nomor pelat kendaraan Anda di kolom yang disediakan lalu klik tombol Submit. Nominal pajak yang terteta merupakan nominal pajak normal, belum termasuk pajak progresif serta denda keterlambatan (jika ada).

Yogyakarta

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online (yogyakarta)

Khusus bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta, Anda dapat melakukan pengecekan informasi PKB di laman http://infonjkbdiy.com/.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SMS (Khusus Jawa Barat)

Layanan informasi PKB melalui SMS ini belum tersedia untuk seluruh wilayah di Indonesia dan saat ini hanya tersedia khusus untuk wilayah Jawa Barat saja.

Format SMS:

INFO(spasi)Nomor Plat Kendaraan(spasi)Warna TNKB

Contoh:

INFO D/1234/ABC HITAM

Kirimkan SMS ke nomor 0811 211 9211. Jika tidak ada masalah, Anda akan menerima SMS balasan berupa rincian informasi PKB, besaran pajak yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran pajak.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Aplikasi Mobile (Android)

Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi Android di Play Store yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan informasi PKB.

Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua aplikasi disediakan oleh pihak terkait (pemerintah). Dan sebagian besar aplikasi tersebut (kecuali Sipolin Jabar) sebenarnya bekerja dengan cara mengarahkan Anda ke website Samsat masing-masing daerah.

Daftar aplikasi yang saya cantumkan di sini merupakan aplikasi yang sudah saya coba sendiri, diurutkan dari yang terbaik menurut saya.

Sipolin (Khusus Warga Jabar)

Sipolin merupakan singkatan dari “Sistem Informasi Administrasi Pajak Online”. Aplikasi ini khusus bagi Anda warga Jabar yang ingin memeriksa informasi PKB secara online.

Meskipun memiliki rating yang kurang begitu baik di Play Store tetapi ketika saya coba tidak ada masalah. Hanya saja, problem utama dari aplikasi ini terkadang error ketika Anda mencoba melakukan pengecekan info PKB (kadang berhasil kadang tidak).

Silakan instal aplikasinya di bawah ini:

SIPOLIN SAMSAT JABAR
SIPOLIN SAMSAT JABAR
Developer: Loko. IT Solutions
Price: To be announced

Setelah diinstal, silakan buka aplikasinya. Di halaman utama akan ada beberapa menu: Informasi Kendaraan dan Pajak, Pendaftaran Online, Kode Bayar Ku, Pembayaran Online dan lain sebagainya.

Aplikasi Sipolin Jabar 1

Jadi jelas di sini, dengan aplikasi Sipolin Anda tidak hanya dapat melakukan pengecekan informasi PKB tetapi juga dapat melakukan pendaftaran hingga pembayaran secara online.

Untuk melakukan pengecekan informasi Pajak Kendaraan Bermotor, pilih menu pertama yakni Informasi Kendaraan dan Pajak.

Di halaman berikutnya, pilih warna TNKB (pilih warna HITAM untuk kendaraan pribadi). Setelah itu, masukkan nomor pelat kendaraan Anda lalu klik tombol CARI.

Catatan: Jika pada proses ini selalu gagal (error), ulangi terus sampai berhasil dengan memberikan jeda waktu yang cukup.

Aplikasi Sipolin Jabar 2

Berikut adalah hasil ketika saya memeriksa informasi PKB motor saya:

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online Axx

 

Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengarahkan Anda ke situs Samsat masing-masing daerah dan bisa Anda gunakan untuk memeriksa informasi PKB seluruh Indonesia.

Silakan instal aplikasinya di bawah ini:

Cek Pajak Kendaraan Bermotor
Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi kedua bernama Cek Pajak Kendaraan ini juga bisa Anda gunakan untuk memeriksa informasi PKB seluruh Indonesia dengan cara yang sama seperti aplikasi di atas, yaitu mengarahkan Anda ke situs Samsat masing-masing daerah.

Silakan instal aplikasinya di bawah ini:

Cek Pajak Kendaraan Indonesia
Cek Pajak Kendaraan Indonesia

Tidak banyak yang bisa saya bahas karena cara penggunaannya pun cukup sederhana, setelah membuka aplikasinya Anda hanya perlu memilih daerah, selanjutnya aplikasi ini akan mengarahkan Anda ke situs Samsat daerah yang Anda pilih.

Pajak Kendaraan Bermotor

Tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi di atas, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memeriksa informasi PKB seluruh Indonesia. Cara kerjanya pun sama.

Instal aplikasinya di bawah ini:

PAJAK KENDARAAN BERMOTOR
PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Cek Pajak Kendaraan Se-Indonesia

Terakhir adalah aplikasi Cek Pajak Kendaraan Se-Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan ketiga aplikasi di atas.

Cara kerjanya pun sama, hanya saja kenapa saya menempatkan aplikasi ini paling terakhir karena pengelolaan iklan di dalamnya yang menurut saya sangat mengganggu. Aplikasi lain pun sama sebetulnya menyertakan iklan di dalamnya tetapi khusus untuk aplikasi ini, iklannya terlalu sering muncul (lebay).

Instal aplikasinya di bawah ini:

Apakah Biaya yang Ditampilkan Akurat?

Saya menggunakan aplikasi SIPOLIN SAMSAT JABAR untuk memeriksa PKB sepeda motor saya dan seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, PKB saya sebesar Rp315.000.

Pada 24 Mei 2018, saya membayar PKB dengan langsung mendatangi kantor Samsat. Dan ya, jumlah biaya PKB saya sama dengan yang ditunjukkan aplikasi yaitu Rp315.000 jadi pada tahap ini saya bisa mengatakan bahwa biaya PKB yang ditampilkan oleh aplikasi SIPOLIN SAMSAT JABAR 100% akurat.

Jika semua aplikasi dan website yang saya sebutkan di atas menggunakan sumber data yang sama maka hasil yang ditampilkan seharusnya akurat, tidak peduli aplikasi mana yang Anda gunakan atau di website mana Anda melakukan pengecekan.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
5 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
indra prayoga
indra prayoga
5 tahun yang lalu

saya mau cek plat B jakarta sy sudah coba semua aplikasi itu tp tetaap tidak bsa
knp ya

Bima
Bima
5 tahun yang lalu

Saya punya satria 2 tak plat S lamongan mau saya balik nama cabut berkas pindah ke plat semarang,,motor tahun 2004 pajak off 2014 ganti plat kira kira habis nya berapa ya

angger dwi kartiko
angger dwi kartiko
5 tahun yang lalu

saya mau bertanya . jika bpkb off dari 2010 dan stnk dari 2014 kan terhitung 10 tahun , nah pada aplikasi hanya terbilang 5 tahun pembayaran,. apakah benar seperti itu..?

Adi
Adi
5 tahun yang lalu

Knapa selalu tidak ditemukan ya datanya