Cara Mengunci File Excel dengan Password

Cara Mengunci File Excel Dengan Password

Apakah Anda ingin mengunci file Excel untuk menjaga kerahasiaan data di dalamnya? Sangat mudah! Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya.

Mengunci file Excel dengan password berarti membatasi akses dan mencegah orang lain untuk dapat membuka file Excel tersebut. Dan selain mengunci keseluruhan file/dokumen, Anda pun dapat mengunci worksheet tertentu.

Cara Mengunci File Excel dengan Password

Program Microsoft Excel memungkinkan Anda untuk mengenkripsi spreadsheet menggunakan password. Hanya membutuhkan tiga langkah sederhana:

  1. Masuk ke tab FILE » Info » Protect » Workbook Encrypt with Password.
    Cara Mengunci File Excel Dengan Password A
  2. Masukkan password lalu klik OK.
    Cara Mengunci File Excel Dengan Password B
  3. Terakhir, konfirmasi password yang baru Anda buat tadi.

Sekarang, setiap kali Anda membuka file Excel tersebut maka Anda harus memasukkan password terlebih dahulu. Saya sarankan untuk tidak menggunakan password yang terlalu rumit karena jika Anda lupa maka tidak ada proses pemulihan password di sini, jadi hati-hati!

Cara Mengunci File Excel Dengan Password C

Cara Membuat Akses Read-Only

Fitur proteksi menggunakan password di Microsoft Excel sangat fleksibel. Artinya, Anda dapat melakukan pengaturan lebih lanjut sesuai dengan keperluan.

Contoh, Anda ingin dokumen Excel tersebut tetap dapat dibuka (dilihat) oleh orang lain tetapi jika ada yang mencoba untuk mengeditnya maka mereka harus memasukkan password.

Ini sangat mudah dengan Excel, Anda hanya perlu mengubah hak akses dokumen tersebut menjadi Read-Only, yang artinya publik hanya memiliki akses untuk membaca/melihat tetapi tidak memiliki akses untuk mengedit/menulis.

Caranya, masuk ke tab FILE » Save As » More options .

Cara Mengunci File Excel Dengan Password D

Sekarang klik tombol Tools dan pilih General Options. Di sini Anda akan melihat ada dua kolom isian, Password to open dan Password to modify.

Jika Anda ingin membatasi hak editing tanpa membatasi hak akses ke dokumen itu sendiri kosongkan kolom pertama dan masukkan password untuk kolom kedua. Jika sudah, klik tombol OK.

Cara Mengunci File Excel Dengan Password E

Sekarang siapapun yang ingin mengedit ataupun menulis data baru di dokumen tersebut harus memasukkan password terlebih dahulu.

Cara Mengunci File Excel Dengan Password C

Cara Mengunci Worksheet

Cara-cara di atas bisa Anda gunakan untuk mengunci keseluruhan dokumen/file Excel. Nah, sekarang katakanlah Anda memiliki lebih dari satu worksheet (lembar kerja) dan ingin mengunci beberapa lembar kerja saja.

Caranya, masuk ke tab Review lalu pilih Protect Sheet.

Cara Mengunci File Excel Dengan Password G

Akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Perlu diperhatikan sebelum Anda memasukkan password, di bagian bawah Anda dapat menentukan hak akses untuk fungsi tertentu.

Cara Mengunci File Excel Dengan Password H

Silakan sesuaikan setelah itu masukkan password dan klik tombol OK.

Image credit: makeuseof.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: