5 Alternatif Custom ROM Android selain CyanogenMod

5 Alternatif Custom Rom Android Selain Cyanogenmod

Ketika berbicara mengenai custom ROM Android, maka nama pertama yang akan muncul di pikiran kita adalah CyanogenMod.

Namun, jika Anda mengikuti perkembangan informasi yang ada, Anda pasti sudah mendengar bahwa Cyanogen Inc, perusahaan dibalik OS Cyanogen telah menutup atau mematikan layanannya.

Itu terjadi sudah cukup lama, yaitu pada tanggal 31 Desember 2016. Namun, source code dari CyanogenMod beserta pengembangannya akan tetap berlanjut di bawah proyek open source baru bernama Lineage OS.

[pg_posts id=”6957″ posts_per_page=”1″]

Sekarang mungkin Anda sudah bisa menebak kenapa CM14 yang didasarkan pada versi Android Nougat lama sekali dirilis. Dan meskipun pengembang independen masih bisa membangun ROM kustom berdasarkan Lineage OS, hasilnya tetap tidak akan sebagus CyanogenMod (menurut saya).

Jadi mungkin Anda ingin mencari alternatif lain dan mencoba move on dari CyanogenMod yang selama ini menjadi primadona di kalangan para pencinta ROM kustom Android.

Berikut saya rangkum 5 ROM kustom Android terbaik yang bisa dijadikan alternatif pengganti CyanogenMod.

1. Paranoid Android

Paranoid Android Rom

CyanogenMod bisa dikatakan merupakan ROM kustom Android nomor wahid karena memang menawarkan banyak fitur serta tampilan yang menarik dan juga pilihan kustomisasi yang cukup lengkap.

Nah, Paranoid Android sendiri pada dasarnya menawarkan sesuatu yang serupa. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti Hover (fitur pemberitahuan interaktif), modus Immersive (fitur untuk menyembunyikan status bar), Pie (menggunakan bar navigasi melalui gesture) dan masih banyak lagi.

Selain itu, para pengembang sudah mulai merilis Paranoid Android yang didasarkan pada versi Android 7.1.1 Nougat.

Download Paranoid Android

2. Resurrection Remix

Resurrection Remix

Berikutnya adalah Resurrection Remix. Ini adalah ROM kustom yang cukup teratur diperbarui oleh pengembangnya dan juga sudah bisa dibilang stabil. ROM yang satu ini sangat populer di kalangan pengguna Android karena menawarkan banyak pilihan kustomisasi.

Selain membawa fitur-fitur dari AOSP (Android Open Source Project), Resurrection Remix mendukung penggunaan add-on untuk menghadirkan fitur unik lainnya seperti menyesuaikan notifikasi, layar kunci, status bar, navigasi bar, tema dan masih banyak lagi.

Kelebihan lainnya dari Resurrection Remix adalah membawa beberapa fitur yang disediakan oleh CyanogenMod. Pengembang ROM ini juga telah merilis versi yang didasarkan pada Android 7.1.1 Nougat.

Download Resurrection Remix

3. Slim

Slimrom

Slim adalah ROM kustom yang tak kalah populer dari kedua ROM kustom di atas. Sesuai dengan namanya, ROM kustom ini sangat ringan dalam hal ukuran tetapi menawarkan banyak fitur menarik di dalamnya.

Sudah tersedia Slim7 yang didasarkan pada Android 7.0 Nougat. Hadir dengan membawa segudang fitur seperti tersedianya dark theme, Slim Recents (untuk keperluan multitasking), SlimPie (yang didasarkan pada kontrol PIE milik CyanogenMod), SlimDialer, Privacy Guard, Notification Reminders dan masih banyak lagi.

Yang menjadi kelebihan dari Slim adalah cepat dalam merilis versi terbaru. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa Slim lebih cepat merilis versi terbaru jika dibandingkan CyanogenMod.

Sayangnya, Slim saat ini hanya tersedia untuk beberapa perangkat saja tetapi kabarnya Anda dapat menemukan Slim ROM untuk hampir semua jenis perangkat Android melalui XDA.

Donwload Slim ROM

4. Dirty Unicorns

Dirty Unicorns

Dirty Unicorns akan cocok bagi Anda yang menyukai ROM kustom dengan banyak pilihan kustomisasi seperti halnya CyanogenMod. Pengembang ROM ini telah memperbarui versi Dirty Unicorns yang saat ini sudah didasarkan pada Android 7.1.1 Nougat.

Fitur-fitur menarik dari Dirty Unicorns yang bisa Anda nikmati adalah kustomisasi lebih lanjut pada status bar, panel pemberitahuan dan juga konfigutasi layar kunci.

Ini juga termasuk fitur yang disebut Dirty Tweaks, di mana Anda akan menemukan pilihan seperti double tap untuk mengunci layar, immersive mode, OmniSwitch floating toolbar, dataflow indicators dan masih banyak lagi.

Download Dirty Unicorns

5. OmniROM

Omni Rom

OmniROM adalah ROM kustom yang dikembangkan oleh mantan pengembang CyanogenMod dan sudah tersedia versi yang didasarkan pada Android 7.0 Nougat.

Selain fitur-fitu yang memang disediakan oleh Android versi resmi, OmniROM juga menyediakan fitur dan layanan seperti OmniJAWS (layanan cuaca), DSPManager, delta update system, dark mode UI, quick settings panel, modus Do Not Disturb (yang sudah ditingkatkan fungsionalitasnya) dan OmniSwitch yang memungkinkan Anda untuk beralih dari aplikasi satu ke aplikasi lain dengan cepat dan mudah.

ROM kustom ini tersedia untuk sebagian besar merek smartphone Android seperti LG, Sony, Samsung, OnePlus, Oppo, Asus, HTC dan lain sebagainya.

Download OmniROM

Image credit: beebom.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments