Cara Cek Kapasitas Aktual Baterai Android

Cara Cek Kapasitas Aktual Baterai Android

Sama seperti baterai pada perangkat elektronik lainnya, baterai pada perangkat Android pun memiliki umur pakai. Artinya, ada masa di mana Anda perlu mengganti baterai perangkat Android Anda dengan yang baru.

Saat Anda membeli perangkat Android baru, maka tentu baterai yang ada di dalamnya juga masih dalam keadaan baru. Dan ketika Anda mulai menggunakan perangkat tersebut maka siklus baterai pun akan dimulai.

Siklus baterai adalah kondisi berulang yang akan terjadi/dialami oleh baterai. Siklus baterai terbagi menjadi dua, yaitu ketika Anda menggunakannya, di mana baterai akan terus mengalami penurunan daya seiring dengan waktu penggunaan, kedua adalah ketika Anda mengisi ulang daya (charging).

Semakin sering siklus ini terjadi maka akan semakin cepat baterai mengalami degradasi (penurunan) dalam hal kapasitas. Nantinya, ini bisa menjadi salah satu faktor yang dapat membantu Anda dalam memutuskan untuk mengganti baterai dengan yang baru.

“Lalu, bagaimana cara memeriksanya?”

Ada sebuah aplikasi yang dapat memeriksa kapasitas aktual baterai Android sekaligus membantu Anda memantau kondisi “kesehatan” baterai.

Aplikasi ini bernama AccuBattery dari pengembang Digibites. Sebetulnya banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, tapi ada satu yang mungkin tidak akan Anda temukan pada aplikasi lainnya, yaitu fitur untuk memeriksa kapasitas aktual baterai Android Anda.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengetahui berapa kapasitas aktual baterai Android Anda saat ini. Jika Anda membeli perangkat tersebut satu tahun yang lalu maka mungkin kapasitas baterai Android Anda saat ini tidak akan sama dengan kapasitas saat Anda pertama kali membelinya.

Langsung saja, download aplikasinya di bawah ini kemudian instal di perangkat Anda:

Accu​Battery
Accu​Battery
Developer: Digibites
Price: Free

Setelah diinstal, Anda akan melihat ada 4 tab yang disediakan oleh aplikasi AccuBattery, Anda dapat menemukannya di bar bagian bawah. 4 tab yang dimaksud adalah: Charging, Discharging, Health, dan History.

Untuk mengetahui kapasitas aktual baterai Android Anda, masuk ke tab Health, perhatikan gambar berikut:

Cara Cek Kapasitas Aktual Baterai Android 1

Desgin capacity adalah kapasitas baterai versi pabrik atau kapasitas saat Anda pertama kali membeli perangkat tersebut, sedangkan Estimated capacity adalah kapasitas aktual baterai saat ini. Anda pun dapat melihat informasi mengenai “kesehatan” baterai pada bagian Battery health.

Meskipun begitu, saya sendiri tidak bisa menjamin bahwa angka yang dihasilkan oleh aplikasi ini 100% akurat. Anda tetap perlu mencoba metode lain (jika memang ada) untuk memeriksa kapasitas aktual baterai, lalu silakan bandingkan hasilnya dengan aplikasi AccuBattery.

Sebagai tambahan, berikut adalah video yang menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi AccuBattery ini, khususnya penjelasan mengenai fitur cek kapasitas aktual baterai.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: