Cara Instal Avast Free Antivirus 2019 di PC/Laptop Windows

Cara Instal Avas Free Antivirus 2018 Di Pc Dan Laptop Windows

Ini adalah artikel panduan yang akan menjelaskan langkah demi langkah cara menginstal Avast Free Antivirus 2019 di komputer PC/Laptop Windows.

Versi Avast yang akan digunakan dalam panduan kali ini telah mendukung hampir semua versi Windows, mulai dari XP, Vista, Windows 7, 8, 8.1 sampai Windows 10 baik itu 32-bit maupun 64 bit.

System Requirements untuk Avast Free Antivirus 2019

  • Sistem Operasi Windows 10/8.1/8/7 SP1 atau yang lebih tinggi/Vista/XP SP2 atau yang lebih tinggi (32-bit atau 64-bit).
  • Prosesor Intel Pentium 4/AMD Athlon 64 atau yang diatasnya.
  • RAM 256 MB.
  • 1,5 GB Free hard disk space.

Catatan: Meskipun dalam artikel ini saya menggunakan screenshot dari Avast Free Antivirus 2017, panduan tetap relevan dengan semua produk inti dari Avast (Avast Pro Antivirus, Avast Internet Security, atau Avast Premier).

Cara Instal Avast Free Antivirus 2019 di PC/Laptop Windows

Download, Jalankan dan Pilih Jenis Instalasi

Kunjungi tautan ini lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan bagian Avast Antivirus 2019 Free Download From Official Servers.

Cara Instal Avast Free Antivirus 2019 Di Pc Atau Laptop Windows 1

Pilih yang paling atas yaitu Avast Free Antivirus 2019. Di sini Anda dapat memilih apakah mau menggunakan online installer atau offline installer.

Seperti yang Anda lihat, online installer ukuran file nya lebih kecil namun Anda memerlukan koneksi internet dalam proses instalasinya nanti.

Saya asumsikan Anda menggunakan versi offline installer. Jika sudah di-download, klik dua kali file avast_free_antivirus_setup_offline.exe.

Pertama, akan muncul layar seperti ini untuk beberapa detik.

Cara Instal Avas Free Antivirus 2018 Di Pc Dan Laptop Windows 1

Setelah itu, akan muncul jendela di mana Anda harus memilih jenis instalasi:

  • Regular Installation (recommended) – Avast akan diinstal dengan satu set komponen yang ditentukan secara default, ini termasuk SecureLine VPN, Cleanup, Browser Cleanup, SafeZone Browser, Passwords, dan Software Updater.
  • Custom Installation (untuk pengguna tingkat lanjut) – Di sini Anda dapat memilih komponen yang akan ikut disertakan, termasuk pilihan bahasa yang ingin instal. Pilih opsi ini jika misalnya Anda tidak ingin menyertakan komponen tertentu seperti SecureLine VPN, Cleanup dan lain sebagainya.

Berikut adalah daftar lengkap komponen dari Avast Free Antivirus 2019 (termasuk komponen yang secara default ikut diinstal jika kita memilih metode Regular Installation).

  • Security – File Shield, Behavior Shield, Web Shield, Mail Shield, Software Updater, Browser Cleanup, Rescue Disc, Wi-Fi Inspector, SafeZone Browser, Avast Online Security, SafePrice.
  • Privacy – SecureLine VPN, Passwords.
  • Performance – Cleanup, Game Mode.

Avast juga biasanya akan menawarkan beberapa produk tambahan seperti Google Chrome, Dropbox, atau Avast Passwords. Pastikan Anda untuk memeriksa opsi ini dan jangan ikut menyertakan produk-produk tersebut jika memang tidak diperlukan.

Proses Instalasi

Pada langkah pertama di atas, Anda belum masuk ke dalam proses instalasi. Tekan tombol INSTALL untuk memulai proses instalasi.

Cara Instal Avas Free Antivirus 2018 Di Pc Dan Laptop Windows 2

Dari sini Anda tinggal mengunggu proses instalasi selesai.

Cara Instal Avas Free Antivirus 2018 Di Pc Dan Laptop Windows 3

Menyelesaikan Proses Instalasi

Klik tombol CONTINUE untuk menyelesaikan proses instalasi. Sekarang, komputer Anda telah terlindungi dengan Avast Free Antivirus 2019.

Cara Instal Avas Free Antivirus 2018 Di Pc Dan Laptop Windows 4

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di sini. Pertama adalah mengenai Kebijakan Privasi dari Avast. Anda perlu tahu bahwa Avast dapat mengumpulkan informasi dari komputer Anda dan membagikannya dengan pihak ketiga jika diperlukan.

Cara Instal Avas Free Antivirus 2018 Di Pc Dan Laptop Windows 5

pada tahap ini, Anda harus menerima Kebijakan Privasi Avast dengan menekan tombol CONTINUE meskipun nantinya Anda dapat memilih opsi lain.

Jika memang Anda cukup khawatir dengan masalah privasi, Anda dapat memilih untuk tidak berpartisipasi dalam komunitas Avast dan tidak membagikan data Anda.

Caranya, masuk ke menu Settings di Avast lalu pilih Privacy. Hapus centang dari kotak Participate in the Avast community dan Participate in data sharing.

Aktivasi/Registrasi

Setelah semuanya selesai, Anda akan diminta untuk me-restart sistem/komputer Anda. Berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran agar Anda dapat menggunakan produk tersebut selama satu tahun secara GRATIS.

Tapi itu dulu, dimulai dari Avast versi 2018 Anda tidak lagi memerlukan aktivasi, registrasi atau apapun itu istilahnya. Selamat menikmati!

Avast Free Registration

Image credit: getavast.net

Shares

8
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
4 Comment threads
4 Thread replies
3 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Ryan
Guest
Ryan

Wah website anda sangat membantu saya dalam pemasangan avast di laptop. Perkenalkan nama saya ryan prasetya 1722500013, kunjungi website saya di https://www.atmaluhur.ac.id

Daniel mido
Guest
Daniel mido

Waktu instalasi lama ya? Karna lama gue cancel. Apakah itu menggangu? Karna pas gue mau jalanin dia bilang gak bisa karna filenya hilang. Jadi gue harus gimana ya?

Asterix
Admin

Kalau instalasi belum beres terus di cancel ya pasti ga akan jalan. Instal aja nanti di waktu luang jadi ga usah ditunggu kalaupun prosesnya lama, diemin aja sampai beres.

Boboho
Guest
Boboho

Di bagian install kok makan waktu lama ya?

nico
Guest
nico

saya sebagai pengguna warnet kita milih Regular Installation atau custom instalation? thanks….

yehezkiel
Guest
yehezkiel

bang kalo di pc windows xp gimana caranya bang

soalnya pc saya kena virus malware bang