Cara Backup/Restore Chat dan File Media WhatsApp

Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp

Aplikasi WhatsApp memungkinkan Anda untuk melakukan pencadangan. Tak hanya pesan teks, namun Anda dapat mencadangkan semua file media seperti foto, rekaman suara dan video.

Anda pun dapat memulihkannya kapanpun dengan mudah. Fitur backup dan restore ini tersedia bagi Anda pengguna Android versi 2 ke atas.

Sebelum masuk ke tutorial, mungkin Anda perlu tahu bahwa WhatsApp sebenarnya tidak menyimpan data pengguna di server mereka seperti halnya Telegram. Dengan kata lain, WhatsApp bukan layanan pesan instan berbasis cloud.

Hal ini berdampak ketika misalnya Anda kehilangan perangkat Anda. Tidak ada cara untuk memulihkan chat dan atau file media lainnya, kecuali sebelumnya Anda telah melakukan pencadangan dan menyimpan file backup tersebut di layanan penyimpanan cloud Google Drive.

Secara default, WhatsApp pun melakukan pencadangan tanpa Anda sadari. Ini dilakukan pada pukul 4 pagi waktu setempat setiap hari dan file hasil pencadangan akan disimpan di memori internal. Anda dapat menemukannya di folder sdcard/WhatsApp/Database.

Bagaimana pun, fitur auto backup ini tidak akan berguna ketika misalnya Anda kehilangan perangkat Anda. Untuk itulah, saya sarankan agar Anda menyimpan file backup ini di Google Drive, jangan di memori internal.

Namun saya tetap akan menjelaskan keduanya, yaitu mencadangkan chat serta file media WhatsApp ke memori internal dan mencadangkan chat serta file media WhatsApp ke Google Drive.

Cara Mencadangkan Chat dan File Media WhatsApp ke Memori Internal

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Settings dengan menekan ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Kemudian pilih Chats » Chat backup.
  3. Pastikan opsi Back up to Google Drive di bagian bawah diatur menjadi Never atau Jangan Pernah kemudian tekan tombol BACK UP untuk memulai pencadangan.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 3

Sekarang, file backup Anda akan disimpan di folder WhatsApp yang biasanya berlokasi di sdcard/WhatsApp/Database.

Cara Mencadangkan Chat dan File Media WhatsApp ke Google Drive

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Settings dengan menekan ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Kemudian pilih Chats » Chat backup.
  3. Kali ini pilih opsi Back up to Google Drive.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 4

    Secara default, WhatsApp tidak akan menyertakan file video ketika melakukan pencadangan. Jika Anda ingin menyertakan file video maka centang kotak Include videos di bagian Google Drive settings.

  4. Berikutnya pilih opsi Only when I tap “Back up”. Ini maksudnya apakah Anda ingin mencadangkan file WhatsApp ke Google Drive secara otomatis, jika ya, maka Anda bisa memilih opsi harian, mingguan atau bulanan.Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 5
  5. Kembali ke menu sebelumnya, tekan menu Account di bawah Back up to Google Drive. Pilih akun Google yang akan digunakan untuk menyimpan file backup WhatsApp Anda, atau jika belum ada akun Google yang terdaftar maka Anda menambahkannya dengan menekan tombol Add account.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 6
  6. Terakhir, tekan tombol Backup untuk memulai pencadangan.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 7

Sekarang, file chatting dan file media WhatsApp Anda akan disimpan di Google Drive.

Cara Memulihkan/Restore Pesan WhatsApp

Katakanlah Anda telah melakukan pencadangan dan ingin melakukan restorasi pada perangkat yang baru. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal dan buka aplikasi WhatsApp di perangkat baru.
  2. Kemudian seperti biasa, daftar menggunakan nomor yang sama yang Anda gunakan sebelumnya untuk melakukan pencadangan.
  3. WhatsApp secara otomatis akan mencari dan menginformasikan mengenai ketersediaan file backup ketika proses instalasi.
  4. Jika sebelumnya Anda melakukan pencadangan ke memori internal, maka WhatsApp akan menampilkan opsi untuk memulihkan file backup yang disimpan di memori internal. Dan jika sebelumnya Anda melakukan pencadangan ke Google Drive maka WhatsApp akan menampilkan opsi untuk memulihkan file backup yang disimpan di Google Drive.
  5. Terakhir, tekan tombol RESTORE untuk memulihkannya.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 8

Jika WhatsApp tidak dapat mendeteksi adanya file backup, kemungkinan karena:

  • Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama.
  • Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat backup.
  • Kartu SD dan/atau riwayat chat Anda rusak.
  • Tidak ada file backup di akun Google Drive atau backup lokal di telepon Anda.

Mengembalikan Pesan yang Terhapus

Apakah Anda telah menghapus pesan secara tidak sengaja dan bermaksud ingin mengembalikannya? Cukup uninstal saja aplikasi WhatsApp lalu instal ulang dan lakukan restorasi seperti yang telah dijelaskan di atas.

Atau bisa juga dengan melakukan Clear Data dan Clear Cache di Application Manager. Namun perlu Anda pastikan bahwa pesan yang terhapus tersebut sebelumnya telah dicadangkan.

Risiko dari cara ini adalah Anda akan kehilangan semua percakapan yang dibuat setelah pencadangan dilakukan.

FAQ

Ponsel saya hilang atau dicuri, bagaimana cara mengembalikan akun WhatsApp saya beserta semua chat yang ada di dalamnya?

Tidak ada cara untuk mengembalikan akun WhatsApp jika Anda sudah kehilangan akses ke nomor yang lama.

Jadi pertama yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana cara untuk mendapatkan kembali akses ke nomor yang lama.

Cara tercepat adalah dengan mendatangi galeri atau kantor cabang provider nomor seluler Anda. Jika Anda pengguna produk dari Telkomsel berarti Anda harus mendatangi GraPARI Telkomsel terdekat.

Mintalah pemblokiran nomor di kartu SIM yang lama (kartu di ponsel yang hilang/dicuri) kemudian minta kartu SIM baru dengan nomor yang lama.

Agar prosesnya berjalan dengan lancar, siapkan data-data yang diperlukan, data-data terkait nomor Anda yang hilang karena pihak provider nantinya akan menanyakan data-data itu untuk verifikasi kepemilikan.

Inti dari cara ini adalah untuk mendapatkan kembali nomor yang lama di kartu SIM yang baru. Karena dengan begitu Anda bisa kembali memulihkan akun WhatsApp Anda, dengan catatan Anda menyimpan semua file backup di Google Drive.

Saya mau ganti nomor, bisakah saya menggunakan akun WhatsApp yang lama di nomor yang baru?

Bisa, asalkan Anda masih punya akses ke nomor yang lama. Cara ini tidak akan berhasil jika Anda sudah tidak punya akses ke nomor yang lama.

WhatsApp memiliki fitur yang disebut Changing your phone number. Fitur tersebut berguna bagi Anda yang ingin mengganti nomor tapi tetap ingin menggunakan akun WhatsApp yang lama atau akun WhatsApp nomor lama.

Untuk caranya, baca di sini: https://bit.ly/2SrSsGH

Shares2

45
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
23 Comment threads
22 Thread replies
10 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Kiky
Guest
Kiky

Saya mau nanya kmren kan, chat wa saya hilang, saya dah backup data buat ngembaliin chat udah ikutin langkatcuma pas d pilihan restore, skip,
Saya kepencet skip,
Pas di liat database di file database nya udah gada semua, gmna ya cara nyari database yg hilang

Ableh
Guest
Ableh

Mau tanya bang.apakah bisa pesan wa di app paralel space di restor ?

Azwar Annas
Guest
Azwar Annas

Mau back up data tpi selalu lg roaming gtu, itu gmna ya min? sudah di nonaktif kan data roaming nya tpi masih tetep aja gk bisa. please solusinya min?

Riez
Guest
Riez

Harus via wifi

Desi rinasari
Guest
Desi rinasari

Gini bang mau tanya,ini urgent bgt tlng dijawab ya ..
Saya tanggal 11nov2018 kan chat sama orang dri jam 9-5 sore nah hbs itu chat nya kehapus semuanya , chat yg lain jg kehapus saya udah liat banyak tutorial tp ttp g berhasil yg kluar bukan chat yg saya maksud itu knpa ya apa karena nomer saya udah diblokir jd ga bisa kluar chatnya atau gmna ya ??
Sblmnya saya lupa backup data lupa cadangkan pesan digoogledrive lupa semua pokoknya di file2 kartu sd atau memory internal jg ilang tu gmna cranya ya supaya bisa kmbali smua ??

annisa
Guest
annisa

Mau tanya min..
Beberapa bln lalu sy mengganti nomor baru di akun whatsapp lama. Trs kemaren sy instal ulang app whatsapp, tp backup data tidak terdeteksi. Kemudian sy lihat di google drive, disana backup data tertulis dg no hp lama, sehingga sy tdk bisa restore.
Nah skrg gimana caranya restore data (nomor lama sudah hangus), pdhl sy sudah melakukan ganti no di akun whatsapp?

Mohon bantuannya, mksh

Annisa
Guest
Annisa

Nah itu, padahal data yg terbackup itu smp tgl kemaren sblm sy instal ulang loh, tp knp masih di no lama.. hmm.. ok lah, mkasih ya

Meriaty Saing
Guest
Meriaty Saing

yg ter-restore hanya foto, chat tidak muncul. itu knapa ya min?

Meriaty Saing
Guest
Meriaty Saing

yg ter-restore hanya foto saja, chat tidak muncul. itu kenapa ya min?

Abiefaqih
Guest
Abiefaqih

Ane mau tanya gan..klo whatsapp yg blm di backup trus cara mau pulihkan pesan itu kan harus lihat di database whatsapp..tapi database whatsapp itu kan hanya menyimpan file yg 7hari kdpn..nah kalo mau lihat file databases yg uda lama misalkan 2 bln yg lalu itu bisa ga ??

Abiefaqih
Guest
Abiefaqih

Iya uda saya coba restore..tapi memang karna awalnya ga di backup..jadi setelah saya pasang ulang aplikasi whatsapp nya..pesan yang muncul itu hanya pesan yang baru di backup..dan yang lama ga muncul

Karnot
Guest
Karnot

Mind mau tanya. bisa gak ngambil file whatsapp di google drive? Soalnya nomer wa ini sudah mati terus pasang wa pake nomer baru belum sempet ganti nomer, bisa gak ngambil file wa di google drive mind?

HARUN
Guest
HARUN

Mau tanya gan.
Hape saya rusak, saya kemudian ganti hp baru.
Cm sayang, chat wa lama saya g ke back up di google, cm di hp saja.

Selang waktu saya beli hape lagi, dan install wa, tapi pake akun wa no lama,
cm ya tetep, g bisa dapat back up chat sblmnya. Akhirnya ya udah, terpaksa tetap berkomunikasi via wa di hape pengganti, dan cb aktifkan back up wa ke google biar aman, red pengalaman.

Pertanyaannya :
Apakah bisa, saya dapatkan kembali chat saya yg sebelumnya di hape lama, soalnya ape lama dah beres,
Kalo bisa, gmana gan caranya?

Trus nanti nasib chat saya di hp baru gmana?
Apakah hilang, atau masih?

Maturnuwun