Cara Backup/Restore Chat dan File Media WhatsApp

Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp

Aplikasi WhatsApp memungkinkan Anda untuk melakukan pencadangan. Tak hanya pesan teks, namun Anda dapat mencadangkan semua file media seperti foto, rekaman suara dan video.

Anda pun dapat memulihkannya kapanpun dengan mudah. Fitur backup dan restore ini tersedia bagi Anda pengguna Android versi 2 ke atas.

Sebelum masuk ke tutorial, mungkin Anda perlu tahu bahwa WhatsApp sebenarnya tidak menyimpan data pengguna di server mereka seperti halnya Telegram. Dengan kata lain, WhatsApp bukan layanan pesan instan berbasis cloud.

Hal ini berdampak ketika misalnya Anda kehilangan perangkat Anda. Tidak ada cara untuk memulihkan chat dan atau file media lainnya, kecuali sebelumnya Anda telah melakukan pencadangan dan menyimpan file backup tersebut di layanan penyimpanan cloud Google Drive.

Secara default, WhatsApp pun melakukan pencadangan tanpa Anda sadari. Ini dilakukan pada pukul 4 pagi waktu setempat setiap hari dan file hasil pencadangan akan disimpan di memori internal. Anda dapat menemukannya di folder sdcard/WhatsApp/Database.

Bagaimana pun, fitur auto backup ini tidak akan berguna ketika misalnya Anda kehilangan perangkat Anda. Untuk itulah, saya sarankan agar Anda menyimpan file backup ini di Google Drive, jangan di memori internal.

Namun saya tetap akan menjelaskan keduanya, yaitu mencadangkan chat serta file media WhatsApp ke memori internal dan mencadangkan chat serta file media WhatsApp ke Google Drive.

Cara Mencadangkan Chat dan File Media WhatsApp ke Memori Internal

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Settings dengan menekan ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Kemudian pilih Chats » Chat backup.
  3. Pastikan opsi Back up to Google Drive di bagian bawah diatur menjadi Never atau Jangan Pernah kemudian tekan tombol BACK UP untuk memulai pencadangan.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 3

Sekarang, file backup Anda akan disimpan di folder WhatsApp yang biasanya berlokasi di sdcard/WhatsApp/Database.

Cara Mencadangkan Chat dan File Media WhatsApp ke Google Drive

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke menu Settings dengan menekan ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Kemudian pilih Chats » Chat backup.
  3. Kali ini pilih opsi Back up to Google Drive.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 4

    Secara default, WhatsApp tidak akan menyertakan file video ketika melakukan pencadangan. Jika Anda ingin menyertakan file video maka centang kotak Include videos di bagian Google Drive settings.

  4. Berikutnya pilih opsi Only when I tap “Back up”. Ini maksudnya apakah Anda ingin mencadangkan file WhatsApp ke Google Drive secara otomatis, jika ya, maka Anda bisa memilih opsi harian, mingguan atau bulanan.Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 5
  5. Kembali ke menu sebelumnya, tekan menu Account di bawah Back up to Google Drive. Pilih akun Google yang akan digunakan untuk menyimpan file backup WhatsApp Anda, atau jika belum ada akun Google yang terdaftar maka Anda menambahkannya dengan menekan tombol Add account.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 6
  6. Terakhir, tekan tombol Backup untuk memulai pencadangan.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 7

Sekarang, file chatting dan file media WhatsApp Anda akan disimpan di Google Drive.

Cara Memulihkan/Restore Pesan WhatsApp

Katakanlah Anda telah melakukan pencadangan dan ingin melakukan restorasi pada perangkat yang baru. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal dan buka aplikasi WhatsApp di perangkat baru.
  2. Kemudian seperti biasa, daftar menggunakan nomor yang sama yang Anda gunakan sebelumnya untuk melakukan pencadangan.
  3. WhatsApp secara otomatis akan mencari dan menginformasikan mengenai ketersediaan file backup ketika proses instalasi.
  4. Jika sebelumnya Anda melakukan pencadangan ke memori internal, maka WhatsApp akan menampilkan opsi untuk memulihkan file backup yang disimpan di memori internal. Dan jika sebelumnya Anda melakukan pencadangan ke Google Drive maka WhatsApp akan menampilkan opsi untuk memulihkan file backup yang disimpan di Google Drive.
  5. Terakhir, tekan tombol RESTORE untuk memulihkannya.
    Cara Backup Dan Restore Chat Whatsapp 8

Jika WhatsApp tidak dapat mendeteksi adanya file backup, kemungkinan karena:

  • Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama.
  • Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat backup.
  • Kartu SD dan/atau riwayat chat Anda rusak.
  • Tidak ada file backup di akun Google Drive atau backup lokal di telepon Anda.

Mengembalikan Pesan yang Terhapus

Apakah Anda telah menghapus pesan secara tidak sengaja dan bermaksud ingin mengembalikannya? Cukup uninstal saja aplikasi WhatsApp lalu instal ulang dan lakukan restorasi seperti yang telah dijelaskan di atas.

Atau bisa juga dengan melakukan Clear Data dan Clear Cache di Application Manager. Namun perlu Anda pastikan bahwa pesan yang terhapus tersebut sebelumnya telah dicadangkan.

Risiko dari cara ini adalah Anda akan kehilangan semua percakapan yang dibuat setelah pencadangan dilakukan.

FAQ

Ponsel saya hilang atau dicuri, bagaimana cara mengembalikan akun WhatsApp saya beserta semua chat yang ada di dalamnya?

Tidak ada cara untuk mengembalikan akun WhatsApp jika Anda sudah kehilangan akses ke nomor yang lama.

Jadi pertama yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana cara untuk mendapatkan kembali akses ke nomor yang lama.

Cara tercepat adalah dengan mendatangi galeri atau kantor cabang provider nomor seluler Anda. Jika Anda pengguna produk dari Telkomsel berarti Anda harus mendatangi GraPARI Telkomsel terdekat.

Mintalah pemblokiran nomor di kartu SIM yang lama (kartu di ponsel yang hilang/dicuri) kemudian minta kartu SIM baru dengan nomor yang lama.

Agar prosesnya berjalan dengan lancar, siapkan data-data yang diperlukan, data-data terkait nomor Anda yang hilang karena pihak provider nantinya akan menanyakan data-data itu untuk verifikasi kepemilikan.

Inti dari cara ini adalah untuk mendapatkan kembali nomor yang lama di kartu SIM yang baru. Karena dengan begitu Anda bisa kembali memulihkan akun WhatsApp Anda, dengan catatan Anda menyimpan semua file backup di Google Drive.

Saya mau ganti nomor, bisakah saya menggunakan akun WhatsApp yang lama di nomor yang baru?

Bisa, asalkan Anda masih punya akses ke nomor yang lama. Cara ini tidak akan berhasil jika Anda sudah tidak punya akses ke nomor yang lama.

WhatsApp memiliki fitur yang disebut Changing your phone number. Fitur tersebut berguna bagi Anda yang ingin mengganti nomor tapi tetap ingin menggunakan akun WhatsApp yang lama atau akun WhatsApp nomor lama.

Untuk caranya, baca di sini: https://bit.ly/2SrSsGH

Shares

64
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
33 Comment threads
31 Thread replies
23 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Pras
Guest
Pras

Dibutuhkan space 54 GB pada saat akan restore backup. Apakah backup chat pada Googledrive terakumulasi sehingga sangat besar melampaui kapasitas memory internal ?

Desty wulandari
Guest
Desty wulandari

Mas, saya mau tanya.
Saya kan coba hapus data whatsapp melalui aplilasi whatsapp di pengaturan.
Lalu saya check database nya, dan saya rename jg. Kemudian saya reinstall lagi whatsapp nya, tapi ga ada tulisan pemulihannya.
Yang ada hanya lewati. Ga ada pilihan lagi selain ‘lewati agar bisa login di whatsapp.
Dan setelah kebuka ternyata zonk…semua riwayat dan isi chat di whatsapp hilang tanpa sisa…riwayat panggilannya pun ga ada semua.
Tapi untuk database nya masih ada, backup data chat jg masih ada.
Bahkan digoogle drive ada cadangkan file chat, foto, video dll namun ga bisa diklik.

Ada solusi ga ya buat ngemblaiin riwayat chat yang tiba² hilang itu…mengingta betapa penting nya isi chat tersebut.

Mlakasih..

hariyono
Guest
hariyono

di aplikasi whtsapp sendri ap kah ada menu untuk mellihat pesan yang d hpus olh pengirim yg blm smpat kita baca.

Monita
Guest
Monita

Udah diubah nama di database ttep aja chat gk bisa kembali
Tadinya dri aplikasi yowa, mau ke whatsapp resmi .. Chat dan grup gk bisa pulih.. Gimna ya caranya

ester
Guest
ester

punya ku juga, mau pindah ke WA resmi malah ga bisa..
soalnya gak ke backup di drive yang yg backupan dr WA plusnya.
tolong donk dibantu

Fey
Guest
Fey

Lah sama jg ternyata wkwk

ardiiansyah
Guest
ardiiansyah

min saya mau tanya dong knp setiap saya instal ulang whatsapp resmi banyak chat yg gk bisa dipulihkan padahal sudah saya cadangkan semuanya ukuran nya 357 MB nantibpas instal ulang ukuran nya semakin berkurang jadi 257 MB semisal saja chat saya tanggal 2 terus saya instal ulang tanggal 4 nanti yg tanggal 3 pasti gak ada atau gk kebaca atau gk bisa dipulihkan kenapa ya min ?? mohon pencerahan nya

selvi meilita sari
Guest
selvi meilita sari

min,mau tanya kan saya pake GBWhatsapp otomatis kan file sudah dicadangkan di memori internal. nah karena salah nginstall GBWhatsapp saya jdi kadaluarsa.. dan hrus unduh tp beda versi. saya ingin memulihkan chatnya gimna ya caranya?soalnya tiap saya pencet pulih jawabannya “file tidak ditemukan di sdcard/GBWhatsapp” pdhl kan saya file cdngan tadi juga udah saya salin ke sd card.. nama file juga sudah saya ganti..solusinya gimana ya gan?mohon pencerahannya

muhammad ayub
Guest
muhammad ayub

permisi saya ingin bertanya, mau back up data whatsapp tapi , whatsapp nya tidak bisa di akses, itu gimana ya caranya min

Ndc
Guest
Ndc

Min mau tanya, saya mau backup data ke google drive, tapi saat milih akun di setelan google drive selalu muncul tulisan “tidak dapat mengakses akun anda saat ini, silahkan coba lagi nanti”, dan sudah beberapa kali saya coba masih tetap gak bisa, itu kenapa ya?

ALPAJRI
Guest
ALPAJRI

Iy sama min saya juga kyk gitu

octa
Guest
octa

saya pake whatsapp real yg dari playstore, udh saya backup di google drive. tapi waktu saya mau log in di whatsapp “mod” kenapa cadangan pesan saya gak ketemu ya?
terus kalo saya login lagi di whatsapp real yg dari playstore cadangan saya ketemu. ini kenapa ya? mohon bantuannya. trimksh

Ferika
Guest
Ferika

Min, saya kan instal apk wa baru dan daftar wa dengan nomer yang lama, nah file2 di wa lama lupa tidak saya cadangkan.gimana ya caranya kembalikan chat di wa yang lama ke apk wa yang baru ??mohon bantuan nya min

Asterix
Admin

Kalau belum sempat dicadangkan, dengan cara apapun gak bisa di restore/dikembalikan. Ikhlasin aja 🙂