Cara Mengatur App Permissions di Android tanpa Root

Cara Mengatur App Permissions Di Android Tanpa Root

Tutorial kali ini ditujukkan bagi Anda pengguna Android versi 5.0 (Lollipop) ke bawah yang ingin mengatur ataupun mengubah izin dari sebuah aplikasi.

Kenapa harus Android 5.0 ke bawah? Karena pada Android 6.0 Marshmallow, kemampuan untuk mengatur App Permissions atau izin aplikasi ini sudah tersedia.

Apa itu App Permissions?

Ketika Anda menginstal sebuah aplikasi di Android maka biasanya secara otomatis Anda memberikan izin akses kepada aplikasi tersebut yang nantinya terdiri dari berbagai macam izin. Seperti izin mengakses kamera, izin mengakses kontak dan lain sebagainya.

Sebelum Android Marshmallow, Anda sebagai pengguna Android tidak dimungkinkan untuk memodifikasi izin aplikasi. Artinya, ketika aplikasi tersebut diinstal dan mendapatkan beragam izin akses maka Anda tidak bisa mengubahnya kembali.

Kalaupun ada cara, maka biasanya mengharuskan perangkat Anda sudah dalam keadaan ter-root. Sementara tutorial kali ini bisa Anda terapkan tanpa harus me-root perangkat terlebih dahulu.

Kali ini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama MoboClean, yang memang dikembangkan khusus untuk membantu Anda mengelola izin aplikasi.

  1. Donwload terlebih dahulu aplikasinya lalu instal di perangkat Android Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan opsi Unknown Source karena memang MoboClean ini tidak tersedia di Play Store.
    Cara Aktifkan Opsi Unknown Sources Di Android 3

    Cara Aktifkan Opsi “Unknown Sources” di Android

    Sistem operasi Android dilengkapi dengan berbagai macam fitur keamanan, salah satunya berkaitan dengan penginstalan sebuah aplikasi. Untuk memastikan perangkat Anda ...
    1 comment
  2. Setelah diintsal, buka aplikasinya lalu tekan tombol Agree sebagai bentuk persetujuan terhadap perjanjian lisensi MoboClean.
  3. Anda akan masuk ke menu utama, untuk mulai memodifikasi izin sebuah aplikasi, tekan tombol Purify yang ada di tengah layar. Kemudian tekan tombol Next.
  4. Akan muncul daftar aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda ubah izin aksesnya kemudian tekan tombol Purify di bagian bawah.
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai. Pada tahap ini, MoboClean akan memodifikasi file APK dari sebuah aplikasi dan nanti Anda diminta untuk menguninstal aplikasi versi aslinya, digantikan dengan aplikasi yang sudah dimodifikasi. Jangan khawatir, dalam hal ini modifikasi bertujuan agar Anda dapat mengatur izin aplikasi tersebut. Ketika muncul pesan Do you want to uninstall this app? tekan saja OK.
  6. Setelah itu, akan muncul menu instalasi yang baru. Anda akan diminta untuk menginstal aplikasi yang sudah dimodifikasi. Tekan saja tombol INSTALL. Ulangi proses yang saya jelaskan di poin 5 & 6 ini untuk setiap aplikasi yang ingin Anda ubah izin aksesnya. Jika sudah, maka Anda akan dialihkan ke bagian Manage permissions. Di bagian inilah Anda dapat mengatur ulang izin akses aplikasi tersebut.
  7. Setelah selesai mengatur ulang izin aplikasi, tekan tombol OK di bagian bawah. Ulangi proses ini untuk setiap aplikasi yang ingin Anda atur ulang izin aksesnya. Jika semuanya sudah selesai, tekan tombol Sett all.

Sekarang, setiap aplikasi akan memiliki izin akses baru yang memang Anda atur sendiri.

Image credit: gadgethacks.com

Shares

17
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
11 Comment threads
6 Thread replies
10 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Taufik
Guest
Taufik

Iya bang,moboclean nya sudah tidak bisa, ada opsi recomanded aplikasi lain yang sejenis bang? Terimakasih banyak,atas jawabannya..

Reza
Guest
Reza

Moboclean sudah tidak bs dioperasikan lagi. Network problem encounter…. dst…

Violete
Guest
Violete

Moboclean nya selalu gagal pada proses clean dengan pesan “network bla bla bla”, padahal internetku kenceng, apa mobocleannya yg udh ga bisa dipake ya?

Denzis
Guest
Denzis

Bang buat android Oreo 8.0 bisa nggak pls dijawab
Buat aplikasi game hacker untuk nge cheat game…..????????????

Denzis
Guest
Denzis

Bang itu buat game hacker atau game guardian bidang hak soalnya hp saya tidak di root bang pls di jawab…..plsssss

Leonardo
Guest
Leonardo

Bang ko di Android ver marshmallow ko gabisa ya?. Cara mengatasi nya humana?

Handy
Guest
Handy

Kenapa di android verai 5.1.1 nggak bisa clean
Tolong di bantu ya.

dion
Guest
dion

di lollipop juga gagal network mulu…

Aji
Guest
Aji

Kenapa gk bisa di versi 6.0

Asterix
Admin

Bukan gak bisa. Android versi 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru justru sudah menyediakan fitur untuk mengatur “App Permissions”. Jadi gak perlu lagi pake aplikasi pihak ketiga, caranya bisa di lihat di sini:
https://bit.ly/2oNeLrS
https://bit.ly/2zEtqvu

Aji
Guest
Aji

Kenapa gk bisa untuk versi 6.0?

Olivia
Guest
Olivia

Moboclean tidak berfungsi lagi, knp ya?