Cara Ganti KingoRoot dengan SuperSU tanpa Bantuan Terminal

Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal

Aplikasi KingoRoot sering disebut sebagai “one click root solution” oleh pengguna Android, terutama mereka yang tidak dapat melakukan rooting melalui custom recovery.

KingoRoot adalah satu dari sekian banyak aplikasi Android yang menawarkan penggunanya kemudahan dalam hal melakukan rooting.

Anda tidak perlu bingung, KingoRoot dan KingRoot adalah dua aplikasi yang berbeda, dan berasal dari pengembang yang berbeda pula.

Keduanya sama-sama menawarkan kemudahan dalam hal melakukan rooting, tapi apa yang mungkin belum Anda ketahui adalah, KingoRoot sering juga disebut sebagai aplikasi rooting yang ‘jahat’ oleh sebagian besar pengguna Android, mengapa demikian?

Kabarnya, KingoRoot ini secara diam-diam meng-upload nomor IMEI ponsel penggunanya ke server yang berlokasi di China. Mengambil informasi IMEI pengguna demi kepentingan apapun tentu tidak bisa dibenarkan, termasuk jika dilakukan oleh sebuah aplikasi rooting.

Itulah salah satu penyebab kenapa sekarang banyak pengguna Android yang ingin beralih dari KingoRoot ke SuperUser atau SuperSU. SuperSU dipercaya lebih stabil dan yang paling penting tidak terindikasi melakukan praktik-praktik ‘kotor’ yang bisa merugikan penggunanya.

Saat ini, telah tersedia tutorial bagi Anda yang ingin beralih dari KingoRoot ke SuperSU. Saya akan memandu Anda bagaimana cara melakukannya dan harap dicatat bahwa panduan ini khusus untuk aplikasi KingoRoot bukan KingRoot, untuk aplikasi KingRoot bisa Anda lihat panduannya di artikel berikut:

Cara Mengganti KingUser (KingRoot) dengan SuperSU

Cara Mengganti KingUser (KingRoot) dengan SuperSU

Rooting adalah sebuah proses untuk mendapatkan hak akses penuh pada perangkat Android. Dengan kata lain, rooting memungkinkan user biasa mendapatkan ...
48 comments

Persyaratan

  • Ponsel Android yang telah di-root menggunakan KingoRoot.
  • Aplikasi CPU-Z, donwload di bawah ini jika belum punya:
    CPU-Z
    CPU-Z
    Developer: CPUID
    Price: To be announced
  • Aplikasi File Manager dengan hak ases root (wajib), saya sarankan menggunakan “X-plore”, download di bawah ini:
    X-plore File Manager
    X-plore File Manager
    Developer: Lonely Cat Games
    Price: To be announced
  • SuperSU Recovery flashable.zip, download saja versi yang terbaru. Jika link tersebut error, gunakan link download mirror (Mirror 1 | Mirror 2).
    Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal 1
  • Aplikasi SuperSU dari Play Store. Untuk yang satu ini sifatnya opsional, karena jika Anda tidak menginstal SuperSU dari Play Store maka ada tahapan khusus yang harus Anda lakukan di metode Advanced nanti, download di bawah ini:
    SuperSU
    SuperSU
    Developer: Codingcode
    Price: To be announced

Ada dua metode yang akan saya jelaskan yakni Metode Sederhana (paling mudah) tapi tingkat keberhasilannya tidak terlalu tinggi. Kedua adalah Metode Advanced, bagi Anda yang gagal di metode pertama bisa langsung coba metode berikutnya.

Metode Sederhana

Metode ini seharusnya bisa berhasil di sebagian besar perangkat Android Marshmallow. Jika di metode ini Anda sudah berhasil, Anda tidak perlu menggunakan metode ke-2.

  1. Pertama, uninstal aplikasi KingoUser, tapi jangan uninsntal KingoRoot. Dan jangan lakukan reboot/restart perangkat setelah melakukan langkah pertama ini.
  2. Instal file APK SuperSU yang bisa Anda temukan di dalam paket Zip SuperSU yang Anda download di atas. Ekstrak paket Zip nya dan file APK SuperSU bisa Anda temukan di dalam folder common.
    Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal 2
  3. Jika sudah diintsal, buka aplikasi SuperSU maka Anda akan diminta untuk melakukan update binari, tekan continue lalu normal, tunggu hingga proses update selesai.
  4. Terakhir, reboot/restart perangkat Android Anda.
  5. Periksa, jika setelah reboot Anda tidak lagi menemukan aplikasi KingoRoot itu artinya Anda berhasil, tapi jika aplikasi KingoRoot masih ada, Anda perlu mencoba metode berikutnya.

Metode Advanced

Di dalam file Zip SuperSU Recovery yang Anda download di atas, akan ada 9 folder di dalamnya, perhatikan gambar berikut:

Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal 3

  1. Pertama, gunakan aplikasi CPU-Z untuk memeriksa arsitektur kernel ponsel Android Anda. Lihat pada bagian Kernel Architecture.
  2. Anda harus menyalin/meng-copy dua folder yang ada di dalam paket Zip SuperSu Recovery. Pertama adalah folder yang sesuai dengan arsitektur kernel ponsel Anda. Kedua adalah folder common. Simpan kedua folder tersebut di memori eksternal ponsel Anda.
  3. Buka aplikasi X-plore dengan hak akses root.
  4. Aplikasi X-plore bisa membuka dua panel sekaligus, di panel sebelah kiri buka dua folder yang Anda salin tadi di memori eksternal dan di panel sebelah kanan buka /System . Perhatikan gambar di bawah ini.
    Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal 4
  5. Sekarang kita akan melakukan beberapa modifikasi, dalam hal ini mengganti dan menghapus beberapa file, lakukan dengan penuh kehati-hatian!

    Tip: Untuk mengubah file permission, tekan lama pada folder/file kemudian pilih menu permission di bagian bawah. Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal 5

    Lewati langkah no 6 di bawah ini jika Anda telah menginstal aplikasi SuperSU dari Play Store.

  6. Install SuperSU sebagai aplikasi sistem:
    • Android 4.4.x ke bawah, salin file APK SuperSU yang ada di folder common memori eksternal ke /System/App , kemudian ubah file permission file APK tersebut menjadi 644 (-rw-rw-r–).
    • Android 5.0.x ke atas, Buat folder bernama “Superuser” di /System/App kemudian ubah file permission nya menjadi 755 (drwxrwxr –x). Salin file APK SuperSU yang ada di folder common ke /System/App/Superuser , kemudian ubah file permission nya menjadi 644 (-rw-rw-r–).
  7. Ganti /system/etc/install-recovery.sh dengan /common/install-recovery.sh .
  8. Hapus /system/etc/install_recovery.sh .
  9. Ganti /system/lib/libsupol.so dengan /aristektur kernel/libsupol.so
  10. Di dalam folder arsitektur kernel, ada file bernama su , ganti namanya menjadi daemonsu .
  11. Ganti /system/xbin daemonsu dengan /arsitektur kernel/daemonsu  .
  12. Ganti /system/xbin/supolicy dengan /arsitektur kernel/supolicy.
  13. Hapus /system/app/kinguser.apk .
  14. Setelah itu, pastikan semua file yang telah Anda ganti tadi memiliki file permission yang sama dengan file lamanya. Aplikasi X-plore biasanya mengatur semua itu secara otomatis.
  15. Sekarang reboot/restart ponsel Anda, jika berhasil maka Aplikasi SuperSU akan muncul di app drawer ponsel Anda. Buka aplikasi SuperSU dan Anda akan diminta untuk melakukan update binari. Tekan saja Continue lalu normal.
    Cara Ganti Kingoroot Dengan Supersu Tanpa Bantuan Terminal 6
  16. Reboot/restart ponsel Anda kembali. Selesai!

Jika Anda gagal atau masih bingung, lihat sumber tutorialnya di XDA Developers.

Shares

3
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Muhammad Ridho
Guest
Muhammad Ridho

supersunya jangan yang baru, soalnya nanti ada errornya, su binary occupied , disarankan versi 2.65

Yansenj
Guest
Yansenj

Supersu nya gak bisa di download