Cara Mudah Unlock Bootloader Android Hanya dengan Satu Klik

Cara Mudah Unlock Bootloader Android Hanya dengan Satu Klik

Cara Mudah Unlock Bootloader Android Hanya dengan Satu Klik / © ANDROIDPIT

Bootloader adalah sebuah program yang digunakan untuk memuat sistem operasi dan firmware pada perangkat Android.

Sebagian besar produsen smartphone mengunci bootloader secara default untuk mencegah instalasi custom ROM seperti CyanogenMod atau Paranoid Android. Mereka hanya mengizinkan perangkat menjalankan firmware dan UI versi resmi.

Dengan demikian, jika Anda ingin menjalankan custom ROM pada perangkat Android, terlebih dahulu Anda harus membuka bootloader.

Setiap perangkat memiliki karakteristik hardware yang berbeda, termasuk motherboard. Jadi, sebenarnya tidak ada metode universal yang dapat digunakan untuk membuka bootloader. Masing-masing perangkat membutuhkan prosedur yang berbeda.

Sesuai dengan judul, tutorial kali ini merupakan versi sederhana atau cara mudah dalam membuka bootloader di berbagai perangkat yang berbeda, tetapi jika Anda memerlukan panduan lengkap, baca Cara Umum Unlock Bootloader Perangkat Android.

Catatan: Seluruh metode yang tercantum di sini mengharuskan perangkat Anda dalam keadaan sudah ter-root kecuali untuk perangkat HTC dan Sony.

Samsung

Unlocking Bootloader Samsung

Unlocking Bootloader Perangkat Samsung / © Samsung

Meskipun tidak ada metode universal untuk perangkat Samsung itu sendiri, Anda masih dapat membuka bootloader beberapa model smartphone Samsung menggunakan aplikasi bernama EZ Unlock. Sayangnya, metode ini hanya akan bekerja pada perangkat Samsung yang dibuat sebelum tahun 2012.

Caranya, download EZ Unlock dan hubungkan perangkat Anda ke PC kemudian ikuti perintah yang ada di layar Anda.

Nexus

Untuk perangkat Nexus, ada sebuah aplikasi universal yang memungkinkan Anda membuka bootloader hanya dengan satu klik. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengunci kembali bootloader.

BootUnlocker for pre-2014 Nexu
BootUnlocker for pre-2014 Nexu

LG

Unlocking Bootloader LG

Tidak ada metode universal untuk membuka bootloader perangkat LG, tapi masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan / © LG

Sama seperti Samsung, tidak ada aplikasi atau metode universal untuk membuka bootloader perangkat LG. Namun, jika Anda pengguna Optimus G, Optimis G Pro, atau LG G2, aplikasi bernama FreeGee di Play Store dapat membantu Anda.

Tak hanya itu, aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda untuk menginstal custom recovery seperti CWM atau TWRP.

FreeGee Free **ROOT Required**
FreeGee Free **ROOT Required**

Bagi Anda pengguna Optimus L5 atau L5 Dual, aplikasi di bawah ini bisa Anda gunakan untuk membuka bootloader.

HTC

Unlocking Bootloader HTC

Software HTC Bootloader Unlock memungkinkan Anda untuk membuka bootloader dan bahkan menguncinya kembali / © HTC

Untuk perangkat HTC, Anda dapat menggunakan software bernama HTC Bootloader Unlock. Software ini akan menggunakan metode resmi untuk membuka bootloader perangkat Anda dengan men-download unlock code yang sesuai. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk mengunci kembali bootloader.

Sony

Unlocking Bootloader Sony

Gunakan software bernama Sony Bootloader Unlock untuk membuka bootloader perangkat Sony / © Sony Mobile

Tak hanya HTC Bootloader Unlock, Kingo juga menyediakan beberapa software untuk perangkat Sony. Khusus untuk membuka bootloader, software bernama Sony Bootloader Unlock dapat membantu Anda.

Motorola

Motorola memiliki komunitas pengembang yang cukup aktif dan mereka memiliki program Bootloader Unlock tersendiri.

Namun, masih tergantung pada lokasi dan model perangkat. Anda dapat dengan mudah secara resmi membuka bootloader perangkat Motorola dengan mengunjungi halaman berikut, kemudian ikuti panduan yang ada di dalamnya.

Penutup

Dengan membuka bootloader, Anda dapat memasang custom recovery pada perangkat Android atau bahkan memasang cutom ROM. Tak sedikit yang kemudian bertanya, apakah membuka kunci bootloader akan membatalkan garansi? Untuk mengetahui jawabannya, baca Apakah Rooting dan Unlocking Membatalkan Garansi?.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments