nuTonomy, Taksi Otonom Pertama di Dunia

nuTonomy, Taksi Otonom Pertama di Dunia

PUGAM.com – Perusahaan startup nuTonomy tahun lalu meluncurkan layanan taksi perkotaan yang sepenuhnya otonom (swakemudi) di Singapura sekaligus menjadi yang pertama di dunia.

Penumpang hanya perlu memanggil mobil self-driving tersebut menggunakan aplikasi smartphone kemudian memberitahukan ke mana mereka ingin pergi. Sisanya, mobil tanpa sopir tersebut akan mengantarkan penumpang ke tempat tujuan.

Dengan mobil yang sepenuhnya otonom, nuTonomy ingin menunjukkan bahwa mobil yang mereka gunakan dirancang untuk semua fungsi mengemudi yang aman dan akan selalu memantau kondisi perjalanan.

nuTonomy menggunakan teknlogi manajemen berdasarkan algortima yang digunakan oleh militer Amerika Serikat. Sistem manajemen tersebut dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi emisi karbon serta membuat bahan bakar mobil jauh lebih efisien.

nuTonomy akan menjadi perusahaan pertama di dunia yang mengoperasionalkan mobil otonom bagi konsumen. Selain itu, pendekatan progresif Singapura terhadap undang-undang dan peraturan untuk teknologi ini membuatnya menjadi pasar yang ideal.

Perusahaan nuTonomy didirikan pada tahun 2013 namun awalnya berfokus pada penelitian robotika di MIT.

Singapura dan MIT telah berkolaborasi pada proyek-proyek penelitian semacam ini sejak tahun 2007 dan nuTonomy merupakan salah satu hasil dari kemitraan tersebut.

Pendiri nuTonomy, Emilio Frazzoli mengatakan bahwa Singapura adalah negara yang tertib dengan tingkat kemacetan lalu lintas yang rendah sehingga cocok untuk menguji mobil otonom.

nuTonomy, Taksi Otonom Pertama di Dunia

“Kami meningkatkan investasi sebesar 3,6 juta dolar AS atau sekitar Rp34 miliar,” katanya.

Perusahaan menerbitkan studi yang memperkirakan 300.000 taksi otonom akan menggantikan jumlah taksi biasa saat ini yang berjumlah 780.000 unit.

Pengujian nuTonomy telah dilakukan di One North Singapura, sebuah taman bisnis dekat universitas nasional Singapura dan kabarnya taksi otonom ini telah beroperasi secara penuh di Singapura.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments