Toshiba Bangun Sistem Pasokan Energi Terbarukan Bernama H2One

Toshiba Bangun Pasokan Energi Hidrogen Bernama H2One

PUGAM.com – Perusahaan Toshiba mengatakan bahwa sistem pasokan energi hidrogen milik mereka yang disebut “H2One” telah selesai dibangun di sebuah hotel bernama Henna Hotel. Hotel yang dikelola oleh Huis Ten Bosch Co Ltd di kota Sasebo, Prefektur Nagasaki.

Hotel yang letaknya berdekatan dengan taman Huis Ten Bosch ini menjadi terkenal lantaran mempekerjakan robot sebagai resepsionis. Kini mereka akan semakin terkenal setelah memiliki sistem pasokan energi terbarukan dari Toshiba.

H2One adalah sistem pasokan energi hidrogen yang berdiri sendiri serta bebas CO2, dibangun berdasarkan Toshiba’s unique hydrogen EMS (sistem manajemen energi hidrogen milik Toshiba).

H2One sepenuhnya menggunakan energi terbarukan serta hidrogen untuk dapat menghasilkan listrik. Sistem ini terdiri dari panel pembangkit listrik tenaga matahari, baterai penyimpanan energi, peralatan produksi hidrogen dan sel bahan bakar hidrogen murni.

Di musim panas, ketika sinar matahari dapat bertahan berjam-jam, surplus listrik yang dihasilkan dari tenaga matahari akan digunakan untuk mengelektolisasi air untuk menghasilkan hidrogen. Hidrogen yang diproduksi kemudian akan disimpan di dalam sebuah tangki berbahan khusus.

Ketika musim dingin tiba, hidrogen yang sebelumnya telah disimpan tersebut akan digunakan untuk menghasilkan listrik. Hasilnya, satu bangunan hotel yang terdiri dari 12 kamar dapat teraliri listrik sepanjang tahun.

Sederhananya, hotel tersebut mendapat pasokan listrik selama satu tahun hanya dari air dan matahari yang dihasilkan oleh sistem pasokan energi hidrogen H2One.

Tangki penyimpanan dibuat dari bahan campuran yang memungkinkan untuk menyimpan hidrogen pada kepadatan tinggi. Ukuran tangki sendiri hanya 1/10 dari tangki hidrogen konvensional, jelas ini dapat mengurangi ukuran keseluruhan sistem.

Output listrik yang dihasilkan oleh masing-masing H2One ini sekitar 54kW-62kW. Selain itu, sistem dapat menyimpan energi listrik sebesar 1.8MWh serta dapat menghasilkan 24L air panas per menit.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments