MIT Kembangkan Sistem Wi-Fi tanpa Password yang Lebih Aman

MIT Kembangkan Sistem Wi-Fi tanpa Password yang Lebih Aman

PUGAM – Wi-Fi dengan password tidak hanya dianggap sebagai salah satu gangguan namun dalam banyak kasus, password bahkan tidak benar-benar melindungi jaringan dari penyusup.

Tim peneliti dari Ilmu Komputer dan Laboratorium Kecerdasan Buatan (CSAIL), Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang mengembangkan sistem Wi-Fi yang lebih aman tanpa menggunakan password sama sekali.

Tim yang dipimpin oleh Profesor Dina Katabi ini merancang sistem yang disebut Chronos, yang memungkinkan jaringan Wi-Fi menentukan titik akses dari semua adapter yang terhubung dengan tepat.

Teknologi ini dapat digunakan untuk memberikan akses kepada Wi-Fi router berdasarkan lokasi pengguna yang sebenarnya, sehingga lebih sulit bagi para penyusup untuk mengakses jaringan dari tempat yang jauh.

Chronos bekerja dengan menghitung waktu yang dibutuhkan bagi data melakukan perjalanan dari pengguna ke jalur akses. Para peneliti mengatakan teknik ini 20 kali lebih akurat daripada teknik yang sudah ada.

Pengujian Chronos dilakukan di dalam sebuah rumah dan peneliti mampu mengidentifikasi lokasi pengguna dengan tingkat akurasi mencapai 94%.

Meskipun begitu, sistem ini menimbulkan risiko yaitu pemilik jaringan harus rela berbagi akses dengan orang di sekitar meskipun tidak dikehendaki.

Contoh kasus, di sebuah kafe misalnya, Wi-Fi dengan password tentu hanya bisa diakses oleh para pelanggan kafe dan penyusup yang berada diluar kafe meskipun dalam hal jarak hampir sama dengan pelanggan, mereka tetap tidak akan mendapatkan akses karena tidak memiliki password.

Dengan Chronos, orang yang berada diluar kafe tetap akan mendapat akses lantaran sistem bekerja hanya berdasarkan jarak pengguna dengan jaringan ketika mengakses data, bukan sandi.

Tantangan selanjutnya adalah masalah privasi, sistem Chronos dapat digunakan dengan cara melacak lokasi seseorang (pengguna). Ini bisa saja diselesaikan dengan sebuah kesepakatan bahwa pengguna harus bersedia jika lokasinya diketahui.

Chronos juga dapat disematkan pada drone untuk memastikan jaringan tetap menjaga jarak aman dari orang yang akan mendapatkan akses dan yang tidak.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments