Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC) / via howtomob.com

.apk adalah ekstensi dari aplikasi Android yang berisi semua file aplikasi tersebut sama seperti halnya file .exe pada sistem operasi Windows.

Meskipun OS Android dilengkapi built-in APK installer di dalamnya, ada banyak alasan mengapa pengguna kadang ingin menginstal sebuah aplikasi langsung menggunakan file APK.

Sebenarnya apa kelebihan dari metode ini? Kenapa banyak pengguna memilih untuk menginstal aplikasi langsung dari file APK? Berikut adalah beberapa keuntungannya:

  1. Anda dapat menginstal aplikasi Android tanpa harus punya akun Google.
  2. Beberapa aplikasi diketahui merilis aplikasi mereka dalam bentuk file APK sebelum resmi tersedia di Google Play Store. Itu artinya Anda tidak perlu menunggu hingga aplikasi tersebut tersedia di Play Store.
  3. Tidak terikat dengan aturan pembatasan negara. Beberapa aplikasi hanya diperuntukkan bagi negara tertentu, tetapi dengan cara ini Anda dapat menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak tersedia di Indonesia.
  4. Banyak aplikasi menarik yang tidak tersedia di Google Play Store, seperti GB WhatsApp misalnya. Dengan metode ini, Anda dapat menginstal aplikasi apapun yang Anda inginkan tidak peduli apakah aplikasi tersebut tersedia di Play Store atau tidak.
  5. Sama seperti poin 2, beberapa pengembang sengaja merilis update aplikasi mereka lebih dulu sebelum benar-benar tersedia di Play Store. Anda bisa menjadi orang pertama yang berkesempatan mencobanya.
  6. Dalam beberapa kasus, Anda dapat menginstal aplikasi tanpa harus men-download nya karena Anda dapat mentransfer aplikasi yang terinstal di perangkat teman Anda.

Banyak situs online penyedia file APK yang bisa Anda download. Daftar lengkapnya bisa Anda lihat pada artikel 6 Situs Download File APK Terbaik dan Terpercaya. APK Mirror adalah salah satu yang paling populer dan cukup aman.

Saran saya, meskipun banyak situs yang menyediakan file APK di internet, tetaplah berhati-hati karena tak jarang situs-situs tersebut justru menyediakan file yang dapat membahayakan perangkat Anda.

Sebelum bisa menginstal file APK secara langsung tanpa melalui Google Play Store, ada sedikit pengaturan yang perlu diubah. Anda perlu mengizinkan aplikasi diluar yang bersumber dari Google Play Store untuk dapat diinstal di perangkat Android Anda. Caranya:

  1. Masuk ke menu Pengaturan di perangkat Anda
  2. Masuk ke bagian General » Security.
  3. Centang kotak Unknown sources di bawah pengaturan Device Administration.
    Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

Ok, sekarang Anda siap untuk menginstal file APK. Lanjutkan membaca ke bawah.

Cata Instal File APK di Android (Metode Langsung)

Saya anggap Anda telah men-download file APK yang diperlukan. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file APK yang ingin Anda instal. Anda dapat menemukan file APK hasil download atau hasil transfer dari perangkat lain dengan menggunakan aplikasi File Manager.
  2. Selanjutnya akan muncul jendela instalasi, kemudian tekan tombol INSTALL.
    Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)
  3. Selesai! Sekarang aplikasi telah berhasil diinstal dan dapat Anda temukan pada App Drawer.

Cara Instal File APK di Android via PC

Selain langsung melalui perangkat Android, Anda pun dapat menginstal file APK ini melalui perantara, dalam hal ini PC atau komputer.

  1. Download dan instal Pure APK Installer di PC Anda.
    Download Pure APK Installer
  2. Lalu hubungkan perangkat Android Anda dengan PC menggunakan kabel USB. Sebelum itu, Anda harus sudah mengaktifkan opsi USB debugging. Baca ini: Apa Itu USB debugging dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya?
  3. Buka Pure APK Installer di PC Anda dan klik tombol Open APK File.
    Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)
  4. Pilih file APK yang ingin Anda instal.
  5. Terakhir, tekan tombol Install.

Image credit: howtomob.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
5 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
Husna
Husna
5 tahun yang lalu

Mantap gan

mauliddin
mauliddin
5 tahun yang lalu

Apakah bisa install apk yang tidak kompatibel

bang angga
bang angga
5 tahun yang lalu

softwarenya bisa buat instal banyak apk sekaligus gak bang?