Semua Hal Tentang Custom ROM yang Perlu Anda Tahu

Semua Hal Tentang Custom ROM yang Harus Anda Tahu

© AndroidPIT

Anda mungkin saat ini sudah cukup menikmati apa yang perangkat Android Anda suguhkan, mulai dari tampilan hingga kinerja.

Setiap perangkat Android yang dipasarkan telah membawa ROM asli masing-masing atau biasa disebut stock ROM. Namun, keuntungan utama dari perangkat Android adalah dapat dioperasikan oleh sistem pihak ketiga dan tidak hanya dengan ROM asli/bawaan.

Custom ROM contohnya, dapat dipasang pada perangkat Android menggantikan versi pra-instal dari ROM asli. Lalu apa untungnya menggunakan custom ROM?

Singkatnya, dengan custom ROM Anda berkesempatan menjelajahi dan mencicipi berbagai macam desain antarmuka serta fitur lainnya yang tidak Anda dapatkan pada ROM versi asli. Custom ROM juga menawarkan banyak fungsionalitas baru di perangkat Android Anda.

Awal Mula Custom ROM

Proyek AOSP telah menjadi dasar lahirnya custom ROM dan juga menjadi dasar untuk pengembangannya.

Apa itu AOSP? AOSP adalah singkatan dari Android Open Source Program, versi dari open source code Android yang dikembangkan oleh Google dalam konsorsium merek dalam rangka menawarkan versi murni dari sistem Android untuk setiap orang.

Kode ini dapat dimodifikasi oleh pengembang tanpa perlu mengikuti standar dari aplikasi Google. Berkat proyek inilah, lahir berbagai macam custom ROM, mulai dari CyanogenMod, Paranoid Android, MIUI dan lain-lain.

Keuntungan Menggunakan Custom ROM

Upgrade Sistem untuk Smartphone yang Lebih Tua

Banyak pengguna Android yang sudah tahu tentang masalah ini. Mungkin Anda pun pernah mengalaminya, yaitu ketika perangkat Android Anda sudah berusia satu tahun atau lebih namun pihak produsen belum juga merilis update sistem.

Pembaruan sistem sangatlah penting, selain akan membawa fitur baru, hal ini juga akan menambal celah keamanan yang mungkin ada pada versi sebelumnya.

Sementara itu, custom ROM yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan menggunakan kodifikasi resmi dari Android serta driver yang kompatibel untuk masing-masing smartphone akan membuat semua perangkat selalu up-to-date dengan versi terbaru dari Android.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengembang pihak ketiga akan selalu sibuk jika dibandingkan pengembang dari masing-masing produsen smartphone.

Meningkatkan Kinerja Perangkat

Salah satu keuntungan terbesar menggunakan custom ROM adalah mampu meningkatkan kinerja perangkat Anda, meskipun tidak selalu.

Custom ROM akan menghilangkan semua sistem dan aplikasi bawaan yang berasal dari produsen, seperti tema, aplikasi dan lain-lain sehingga akan menghemat lebih banyak ruang memori dan pada akhirnya meningkatkan kinerja perangkat itu sendiri.

Pilihan Kustomisasi Berlimpah

Custom ROM tidak hanya membawa versi terbaru dari Android, tetapi juga memberikan banyak pilihan kustomisasi. Kemungkinannya hampir tak terbatas.

Kerugian Menggunakan Custom ROM

Dapat Membatalkan Garansi Perangkat

Jika perangkat Anda masih dalam masa garansi, Anda memiliki kemungkinan membatalkannya ketika menginstal sebuah custom ROM. Hanya ada beberapa produsen yang akan mentolerir perubahan pada sistem perangkat. Xiaomi adalah salah satunya.

Baca: Apakah Rooting dan Unlocking Membatalkan Garansi?

Dapat Menghilangkan Fitur Khas

Beberapa perangkat membawa sejumlah fitur khas yang tidak ditemui pada perangkat lainnya. Jika Anda memasang custom ROM maka biasanya fitur ini akan hilang sehingga tidak ada bedanya antara perangkat Anda dengan perangkat lain dalam hal fungsionalitas ketika sama-sama menggunakan custom ROM yang sama.

Kurangnya Aplikasi Google

Firmware dari pihak ketiga ini datang dengan sangat sedikit aplikasi Google. Aplikasi Play Store pun harus Anda instal secara manual. Aplikasi-aplikasi Google yang perlu Anda instal kembali bisa ditemukan di OpenGapps.org.

[pg_posts id=”4764″ posts_per_page=”1″]

Apakah Ada ROM Khusus untuk Perangkat Saya?

Tidak mudah memang mencari dan memilih ROM yang sesuai dengan perangkat kita. Forum komunitas seperti XDA-Developers akan sangat membantu. Anda dapat menemukan berbagai macam sub-forum di sana, termasuk mungkin sub-forum khusus untuk perangkat yang Anda gunakan saat ini.

Custom ROM Terbaik

CyanogenMod 12: Stabil, Stylish, dan Sering Diperbarui

Cara Install CyanogenMod 13 di Ponsel Android

CyanogenMod adalah salah satu custom ROM terbaik. / © AndroidPIT

CyanogenMod adalah salah satu custom ROM yang paling baik untuk Android dengan komunitas yang besar dan sering melakukan pembaruan.

Tidak mengherankan jika CyanogenMod menjadi custom ROM paling populer dan paling banyak digunakan hingga saat ini. Bahkan, CyanogenMod digunakan sebagai ROM bawaan untuk ponsel OnePlus One.

[pg_posts id=”6957″ posts_per_page=”1″]

PAC-ROM

PAC-ROM

PAC-ROM. / © AndroidPIT

PAC-ROM menyebut dirinya sebagai “all-in-one ROM solution“. Tim pengembang dari PAC-ROM secara terang-terangan mengatakan bahwa mereka telah mengambil beberapa fitur dari ROM lain, termasuk OmniSwitch dari OmniROM dan Pie controls milik CyanogenMod. Mereka menempatkan itu semua bersama-sama dalam satu paket ROM.

Terdengar sedikit kurang bijak memang, tetapi tidak ada larangan untuk itu dan jika Anda menyukai ROM yang kaya dengan pilihan, maka PAC-ROM layak untuk Anda coba. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 50 perangkat yang mendukung PAC-ROM, Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut di PAC-ROM.com.

Paranoid Android

Paranoid Android

Paranoid Android. / © AndroidPIT

Paranoid Android memulai debutnya pada tahun 2013 dengan sistem operasi Android Jelly Bean. ROM ini tidak menawarkan perbaikan desain yang radikal, tetapi lebih berfokus pada sejumlah perubahan sederhana namun efektif dalam hal notifikasi dan navigasi.

Modus Immersive pada ROM ini memungkinkan Anda untuk melihat informasi di layar saat Anda menyembunyikan sistem bar.

Selain itu, sistem bar dinamis yang diterapkan akan membuat warna dari bar status dan navigasi menjadi berbaur atau senada dengan warna aplikasi tertentu. Ini murni estetika, tetapi memberikan Anda transisi yang sangat baik.

Awal tahun 2015, OnePlus merekrut beberapa anggota kunci dari Paranoid Android untuk menjalankan sebuah proyek. Namun, proyek itu seakan tenggelam dan tidak pernah terdengar lagi, beberapa anggota Paranoid Android juga menyangkal bahwa pihaknya menjalin kerja sama dengan OnePlus.

Paranoid Android tersedia untuk berbagai macam perangkat, termasuk jajaran ponsel Nexus dan OnePlus One. Untuk mempelajarinya lebih lanjut, kunjungi ParanoidAndroid.co.

OmniROM

OmniROM

OmniROM menawarkan sejumlah fitur canggih dan unik. / © AndroidPIT

OmniROM dirancang oleh beberapa mantan pengembang CyanogenMod, yaitu Xplodwild, Chainfire, Dees_Troy, Pulser dan Entropy pada akhir 2013. OmniROM hadir tanpa embel-embel dan pada dasarnya menawarkan pengalaman “Stock Android” dengan beberapa tambahan yang layak untuk dicoba.

OmniROM mendukung kemampuan untuk meluncurkan aplikasi dengan cara menekan pada bagian waktu dan tanggal dalam menu pemberitahuan.

OmniROM juga memungkinkan Anda menambahkan pemberitahuan di status bar untuk menampilkan jumlah notifikasi yang Anda terima. Satu lagi, OmniROM memilik kemampuan untuk mengatur kecerahan layar hanya dengan menggeserkan jari Anda pada bar notifikasi.

Fitur menonjol OmniROM adalah shortcut OmniSwitch yang memungkinkan Anda untuk lompat dari aplikasi yang ke aplikasi yang lain dengan sangat cepat.

SlimROM

Berbeda dengan ROM lainnya, SlimROM hampir tidak berbeda jauh dengan Android versi asli. Fitur lain yang mungkin dapat Anda coba adalah kemampuan untuk mengubah ukuran font serta ikon aplikasi sesuai dengan yang diinginkan.

AOKP

AOKP singkatan dari Android Open Kang Project yang ditujukan untuk para modifikator Android yang serius serta bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis lebih tentang Android.

Dirilis pada September 2013, AOKP kini telah kompatibel dengan puluhan perangkat Android. Sejumlah fitur menarik yang ditawarkan adalah kemampuan untuk menyesuaikan shortcut di menu Quick Settings dan dapat mengatur warna serta intensitas kedipan lampu notifikasi LED di beberapa aplikasi.

Custom ROM Database

Custom ROM Database

© AndroidPIT

Para member di forum XDA-Developers baik itu pria maupun wanita telah menyumbang dan mengumpulkan basis data custom ROM serta membandingkan semua fitur antara ROM yang satu dengan yang lain.

Meskipun belum bisa dikatakan lengkap, database ini merupakan sumber daya paling besar dan paling lengkap sejauh ini untuk custom ROM.

Lihat juga:

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments