Google Akhirnya Tanggapi Aplikasi Spam di Play Store

Google Akhirnya Tanggapi Aplikasi Spam di Play Store

PUGAM.com – Dalam rangka mempertahankan kualitas aplikasi dan menjaga integritas layanannya, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan mengambil langkah-langkah untuk menindak para pengembang yang curang, pengembang yang menggunakan metode terlarang untuk meningkatkan popularitas aplikasi mereka di Play Store.

Ada ribuan aplikasi yang dirilis setiap harinya dan beberapa pengembang diketahui mencoba memanipulasi content discovery system Play Store untuk meningkatkan posisi aplikasi mereka dengan cara memposting ulasan palsu, mengumpulkan pemeringkatan dari pengguna melalui sistem insentif, atau memanipulasi angka “installed” yang menunjukkan berapa banyak pengguna yang telah meng-install aplikasi mereka.

Meskipun jelas melanggar kebijakan pengembang Google, nyatanya praktik-praktik seperti ini masih sering terjadi. Hal ini juga menunjukkan bahwa portal aplikasi milik Google sedikit lebih “gaduh” dibandingkan pesaingnya, Apple yang dinilai lebih tenang tanpa ada banyak gangguan.

Praktik memanipulasi sistem Play Store juga membuat para pengembang yang jujur lebih sulit untuk mendapatkan perhatian dari pengguna dan tentunya merusak integritas Google Play Store itu sendiri. Lebih jauh lagi, praktik ini bahkan berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengguna yang men-download aplikasi spam dan aplikasi yang mengandung unsur penipuan dari Play Store.

Peningkatan Keamanan

Google mengatakan bahwa sistem deteksi dan penyaringan terbaru yang telah ditingkatkan akan melindungi integritas Google Play dengan langsung memerangi praktik-praktik ilegal seperti ini. Mengenai seperti apa prosesnya, Google tidak secara persis menyebutkannya untuk alasan yang jelas, tetapi mereka mengatakan, “jika instalasi yang dilakukan dengan maksud untuk memanipulasi pemeringkatan aplikasi di Google Play, sistem kami akan mendeteksi dan menyaring itu.”

Jika pengembang kedapatan berulang kali terlibat dalam praktik semacam ini, Google akan menghapus seluruh aplikasi mereka dari Play Store. Google telah mengatakan bahwa dalam kebanyakan kasus, pihaknya mungkin tidak perlu mengambil tindakan apapun. Namun, Google menyarankan kepada para pengembang yang ingin menggunakan layanan pihak ketiga dalam memasarkan aplikasi mereka, harus dipastikan bahwa teknik promosi didasarkan pada praktik-praktik yang sah.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments