Apa Itu USB OTG dan Apa Fungsinya?

Apa Itu USB OTG dan Apa FungsinyaPUGAM.com – Apa itu USB OTG? Apa fungsi dari USB OTG dan apa saja yang bisa saya lakukan dengan USB OTG? Pertanyaan-pertanyaan tersebut masih sering muncul yang menandakan bahwa masih banyak di antara kita yang belum paham tentang fungsi dari bagian yang biasanya ada pada smartphone model terbaru. Di bawah ini adalah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang USB OTG dan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan USB OTG.

Apa Itu USB OTG?

Apa Itu USB OTG

USB OTG (USB On The Go) adalah teknologi yang memungkinkan perangkat mobile untuk saling berinteraksi atau berkomunikasi satu sama lain. Secara tradisional, perangkat mobile hanya bisa terhubung dengan PC melalui USB, tapi USB OTG memungkinkan perangkat untuk terhubung secara langsung satu sama lain.

Dengan memungkinkan perangkat untuk bertindak sebagai host USB, yaitu menjadi “boss” perangkat lain yang terhubung, Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan ke perangkat keras lain seperti media penyimpanan (USB storage), keyboard atau mouse.

Bagaimana Saya Tahu Jika Perangkat Android Saya Telah Mendukung USB OTG?

USB OTG memiliki logo tersendiri (lihat gambar paling atas) yang biasanya terdapat pada setiap kemasan ponsel yang telah mendukung teknologi ini. Atau jika smartphone Anda dirilis dalam dua tahun terakhir ini, hampir dapat dipastikan bahwa perangkat tersebut telah mendukung USB OTG.

Apa Saja yang Bisa Saya Lakukan dengan USB OTG?

Menghubungkan Mouse atau Keyboard

Menghubungkan Mouse atau Keyboard

Cukup hubungkan mouse melalui konektor USB (Credit : AndroidPIT.com)

Ini adalah salah satu kegunaan yang paling khas dari USB OTG. Fungsi ini biasanya dapat ditemukan pada beberapa smartphone atau tablet dengan perangkat periferal, seperti mouse atau keyboard, yang kemudian dapat digunakan untuk menavigasi perangkat Anda. Terlebih dahulu Anda harus memiliki sebuah konektor yang akan menghubungkan perangkat lain seperti mouse atau keyboard dengan ponsel Anda.

Konektor USB OTG

Konektor USB OTG Samsung (Credit : AndroidPIT.com)

Anda hanya perlu memasukkan mouse USB dan secara otomatis Anda akan melihat kursor yang muncul pada layar perangkat Anda. Cara ini juga cukup efektif, terutama jika fungsi touchscreen perangkat Anda rusak. Atau sambungkan keyboard eksternal untuk mengubah tablet menjadi sebuah laptop.

Menghubungkan Keyboard MIDI

Jika Anda suka membuat atau menciptakan musik di Android, USB OTG memungkinkan Anda untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat lain seperti keyboard MIDI dan controller. Hal ini akan mengubah ponsel atau tablet menjadi mesin pembuat musik yang handal.

Menghubungkan USB Storage Drive

Menghubungkan USB Storage

Ini merupakan salah satu fungsi yang paling sering digunakan, yaitu untuk menghubungkan media penyimpanan atau hard drive eksternal secara langsung ke perangkat Anda. Dengan bantuan aplikasi File Manager, Anda dapat langsung mengakses data yang tersimpan di media penyimpanan eksternal dan memutar film atau musik tanpa harus menyimpannya pada ponsel Anda. Anda pun dapat menggunakannya sebagai pilihan media penyimpanan cadangan berbasis non-cloud untuk menyimpan foto, musik, dan file lainnya.

Menghubungkan Controller Game

Anda penggemar game mobile? Tetapi kurang puas dengan controller versi mobile? Anda dapat menghubungkan gamepad langsung dengan smartphone Anda melalui USB OTG. Contoh yang paling sederhana adalah menggunakan controller Xbox 360. Anda hanya perlu menghubungkannya melalui USB OTG untuk memulai permainan dan controller biasanya akan langsung bekerja tanpa perlu konfigurasi lebih lanjut.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments