Adblock Plus Beri Izin Publisher Menampilkan Iklan dengan Biaya Tertentu

Adblock Plus Beri Izin Publisher Menampilkan Iklan dengan Biaya Tertentu

PUGAM.com – Adblock Plus telah mengumumkan sistem baru yang disebut Acceptable Ads initiative, yang akan memungkinkan pengembang web untuk menempatkan iklan dalam daftar putih, untuk kemudian ditampilkan kepada pengguna Adblock Plus.

Sistem ini bekerja dengan terlebih dahulu membiarkan pihak publisher atau penerbit iklan mengajukan iklan mereka. Jika iklan yang diajukan sesuai dengan pedoman Adblock Plus maka iklan dapat dimasukkan dalam daftar putih. Iklan yang masuk dalam daftar putih selanjutnya akan ditampilkan kepada pengguna Adblock Plus.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=hhb7NM9MGQA” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Dengan sistem ini, diharapkan penerbit iklan masih mampu meraih keuntungan dari jutaan orang yang menggunakan software penangkal iklan paling populer tersebut, tentunya ada biaya khusus dalam hal ini yang harus dikeluarkan oleh pihak penerbit iklan atau pengembang web.

Bukankah ini akan balik merugikan pengguna? Adblock Plus tetap memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih keluar dari sistem ini dan sepenuhnya menonaktifkan seluruh iklan. Bagi pengguna yang menyetujui sistem ini, mereka dapat memilih untuk mengaktifkan opsi daftar putih dan akan melihat iklan-iklan yang sebelumnya telah disaring oleh pihak Adblock Plus.

Banyak pihak yang menilai bahwa sistem ini terlalu berbelit-belit dan tidak benar-benar bermanfaat bagi orang lain selain Adblock Plus sendiri, karena penerbit diharuskan membayar mereka untuk dapat memasukkan iklan dalam daftar putih. Penerbit dan pengembang iklan masih berpotensi kehilangan pendapatan karena daftar putih hanya akan memuat sebagian kecil dari iklan mereka saja.

Masalah lain yang akan muncul adalah sebagian besar pengguna Adblock Plus dapat dipastikan tidak akan menerima sistem ini. Mereka akan menolaknya dengan memilih opsi menonaktifkan seluruh iklan yang ada, sehingga kesempatan bagi penerbit untuk menampilkan iklan tetap kecil meskipun mereka telah mengeluarkan sejumlah uang.

Bagaimana pun, ini merupakan solusi yang coba ditawarkan oleh pihak Adblock Plus bagi para penerbit dan pengembang web. Apakah opsi ini efektif dan dapat menguntungkan kedua belah pihak? Kita lihat saja kedepannya, apa pendapat Anda tentang hal ini?

Sumber

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments