Lupakan Password, Alat Ini Dapat Mengunci PC Berdasarkan Jarak!

Gatekeeper

PUGAM.com – Tak hanya bagi pekerja kantoran, sebuah komputer PC merupakan perangkat wajib bagi setiap orang selain perangkat mobile yang kini kian populer. Selain sebagai alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaan, sebuah PC pun dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan data-data penting yang sifatnya rahasia.

Namun tak jarang, rekan kerja atau bahkan anggota keluarga Anda dengan sengaja menyelinap dan mengakses komputer Anda tanpa izin dan melakukan hal-hal yang mengancam kerahasiaan data di dalamnya, termasuk menggunakan berbagai macam akun media sosial Anda yang sifatnya pribadi.

Untungnya, sebuah komputer hadir dengan built-in fitur keamanan berbasis password yang dapat mengamankan data-data di dalamnya. Tapi bagaimana jika Anda sebagai pemilik lupa untuk mengaktifkan fitur ini, atau lupa untuk mengunci komputer tersebut?

Untuk itu, sebuah perusahaan bernama Untethered Labs membuat alat yang disebut “Gatekeeper” yang dapat mengunci komputer berdasarkan jarak antara Anda dengan perangkat yang dimaksud. Dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 4.0, Gatekeeper secara otomatis akan mengunci PC berdasarkan seberapa jauh jarak Anda dengan PC tersebut.

Singkatnya, alat ini dimaksukan untuk memastikan tidak ada komputer di kantor atau di rumah dalam keadaan tidak terkunci ketika ditinggal oleh pemiliknya. Setup alat pun sangat mudah bahkan bagi mereka yang tidak terlalu mengerti teknologi.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=rxqzuZNty-s” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Setelah Anda berhasil menghubungkan Gatekeeper dengan perangkat PC, maka setiap kali Anda pergi menjauh dari PC dengan jarak tertentu, komputer secara otomatis akan terkunci dan ketika Anda kembali built-in sensor jarak secara otomatis akan membuka kembali komputer tersebut, sehingga Anda tidak perlu memasukkan password berulang-ulang kali untuk mengakses komputer.

Gatekeeper kini sudah mulai dijual secara luas dengan harga US$50 atau sekitar Rp663.000. Meskipun begitu, Anda harus memastikan bahwa alat ini selalu berada dalam penguasaan Anda dan harus tetap dibawa kemanapun Anda pergi. Apabila Anda lupa dan meninggalkan Gatekeeper di dekat komputer maka komputer tersebut tidak akan pernah terkunci.

Juga telah disebutkan di atas bahwa sebuah komputer pada dasarnya sudah dilengkapi dengan built-in fitur keamanan. Jadi secara teoritis, Anda tidak selalu memerlukan alat semacam ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa komputer sudah dalam keadaan terkunci ketika Anda meninggalkannya.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments