iPhone Terbaru Akan Dilengkapi Tombol Home Berbasis Sentuhan?

iPhone Terbaru Akan Dilengkapi Tombol Home Berbasis Sentuhan

PUGAM.com – Muncul sebuah laporan yang mengatakan bahwa perangkat iPhone terbaru yang diyakini sebagai iPhone 7 tidak akan lagi menyertakan tombol “Home” fisik, melainkan tombol datar berbasis sentuhan. Setidaknya, rumor ini telah beredar dua kali, membuatnya sulit untuk diabaikan begitu saja.

Konsep ini sebetulnya sudah cukup jelas, yaitu Apple akan mengganti tombol fisik “Home” dengan tombol sensitif berbasis sentuhan yang pada dasarnya akan menyatu dengan fungsi sensor sidik jari, dan berbagai fungsi tambahan lainnya. Ini masuk akal mengingat telah banyak produsen lain yang melakukan hal serupa.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=PqSIiNI3nxM” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Permasalahan utamanya adalah, perangkat benar-benar akan kehilangan sensasi umpan balik sentuhan ketika pengguna menekan tombol, terutama bagi pengguna yang telah terbiasa menggunakan perangkat iPhone dengan tombol fisik “Home”.

Salah satu solusi yang mungkin saja di ambil oleh Apple adalah menghadirkan sistem umpan balik haptic mirip dengan yang mereka terapkan pada MacBook terbaru. Umpan balik yang akan dirasakan pengguna ketika menekan tombol adalah getaran halus, dan ini dipercaya mampu menciptakan ilusi untuk meyakinkan bahwa mereka benar-benar telah menyentuh/menekan tombol.

Rumor lainnya seputar perangkat iPhone terbaru adalah dihapusnya colokan jack audio 3,5 mm. Selain itu, perangkat iPhone terbaru dikabarkan memiliki kemampuan tahan air. Kembali lagi, bukan sebuah rahasia jika tombol fisik dianggap sebagai titik lemah pada perangkat modern dan permukaan sentuh datar kemungkinan akan lebih tahan lama dibandingkan tombol fisik.

Sumber

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments