Ternyata Begini Cara Kerja Iris Scanner Samsung Galaxy Note 7

Ternyata Begini Cara Kerja Iris Scanner Samsung Galaxy Note 7 a

PUGAM.com – Samsung kini tengah sibuk mempromosikan flagship teranyar yang mengusung sistem keamanan biometrik, Galaxy Note 7. Teknologi iris scanner yang digunakan dalam perangkat tersebut berhasil menarik banyak perhatian sekaligus banyak pertanyaan. Bagaimana teknologi ini bekerja, seberapa cepat responnya, dan apakah teknologi ini aman?

Untungnya, Samsung telah lebih dulu mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan semacam itu dengan menyajikan penjelasan lengkap di situs mereka. Samsung Galaxy Note 7 sendiri sebetulnya bukan ponsel pertama yang menerapkan teknologi ini, diketahui bahwa Microsoft telah lebih dulu menggunakannya pada ponsel Lumia 950, tetapi karena kurangnya popularitas ponsel Windows, fitur ini tidak banyak dibahas.

Apa Itu Iris?

Samsung Galaxy Note 7 Iris Scanner

Perlu dicatat bahwa iris dan retina adalah dua bagian terpisah pada bola mata, sehingga kurang tepat apabila Anda menerjemahkan kalimat iris scanner sebagai “pemindai retina”, yang tepat adalah “pemindai iris”.

Menurut Wikipedia, iris atau biasa disebut sebagai selaput pelangi adalah daerah berbentuk gelang pada mata yang dibatasi oleh pupil dan sklera (bagian putih dari mata). Tekstur visual dari selaput pelangi (iris) ini dibentuk selama perkembangan janin dan menstabilkan diri sepanjang dua tahun pertama dari kehidupan janin.

Sedangkan retina menurut Wikipedia adalah selapis tipis sel yang terletak pada bagian belakang bola mata vertebrata dan cephalopoda. Retina merupakan bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf. Retina memiliki sel fotoreseptor (“rods” dan “cones”) yang menerima cahaya.

Teknologi Iris Scanner Dapat Bekerja dengan Cepat Berkat Kehadiran IR LED

Samsung Galaxy Note 7 Iris Scanner

Teknologi Iris Scanner pada perangkat Galaxy Note 7 dapat bekerja dengan cepat berkat adanya IR LED (infrared light emitting diode), merupakan bagian yang dapat memancarkan cahaya inframerah pada kisaran spektrum radiasi elektromagnetik (700 nm – 1 mm).

IR LED biasanya digunakan pada perangkat-perangkat elektronik seperti remote televisi yang akan bertindak layaknya lampu sorot, tetapi cahaya yang dihasilkan tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Dalam kasus Galaxy Note 7, bagian IR LED terletak persis di samping Iris Camera, memungkinkan sensor untuk menangkap iris pengguna bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Gambar yang dipindai oleh sensor iris ini sepenuhnya aman karena telah dienkripis, sehingga tidak akan ada pihak lain yang dapat mengaksesnya. Pertanyaan berikutnya adalah, apakah teknologi ini aman bagi mata?

Teknologi iris scanner telah menerima tingkat sertifikasi tertinggi dari Electrotechnical Commission International (IEC). Jadi, IR LED pada dasarnya aman untuk mata Anda. Samsung memastikan bahwa teknologi ini aman dengan menyiapkan sejumlah upaya pencegahan sebelumnya, meskipun IR LED bisa saja mematikan bagi mata dengan waktu paparan yang lama dan pada jarak dekat.

Gambar di bawah ini akan menjelaskan bagaimana teknologi iris scanner bekerja.

Samsung Galaxy Note 7 Iris Scanner b

Pada akhirnya, fitur keamanan yang digunakan pada perangkat mobile seperti sensor sidik jari, dan pemindai iris tak hanya dapat digunakan untuk mengunci dan membuka akses perangkat, tetapi lebih spesifik dapat digunakan untuk mengunci dan membuka konten-konten sensitif di galeri, browser, buku telepon, file, catatan, email, dan lain sebagainya.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=sEUf_ke4J_o” autohide=”ys” rel=”no” https=”yes”]

Sumber

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments