Google Terapkan Sistem Notifikasi Baru untuk Menjaga Akun Anda Tetap Aman

Google Terapkan Sistem Baru untuk Menjaga Akun Anda Tetap Aman

PUGAM.com – Menanggapi kekhawatiran pengguna akan keamanan akun Google mereka baik itu pada perangkat mobile ataupun PC, Google menerapkan sistem notifikasi baru yang akan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna setiap kali ada orang atau pihak lain yang mencoba masuk ke akun Google melalui perangkat baru atau web browser.

Pada dasarnya, Google ingin pengguna dapat memantau apa yang terjadi pada akun mereka sepanjang waktu secara real-time. Sebelumnya, Google hanya mencoba untuk mendeteksi aktivitas login mencurigakan dan mengirim pemberitahuan kepada pengguna asli melalui email.

Namun, hal ini ternyata banyak menimbulkan masalah karena jika penyusup berhasil mendapatkan akses ke akun Google, mereka dapat dengan mudah mengakses Gmail dan menghapus notifikasi ini. Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sistem notifikasi baru ini empat kali lebih mungkin mendapat perhatian dari pengguna dibandingkan sistem notifikasi melalui email.

Google pun mengingatkan pengguna agar selalu mengakses bagian “Recent Account Activity” untuk memeriksa aktivitas login yang mencurigakan. Fitur ini diluncurkan secara bertahap, sehingga perangkat Android Anda mungkin baru akan mendapatkannya beberapa minggu ke depan.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments