Nintendo Tidak Benar-Benar Membuat Pokemon Go: Investor Panik, Saham Jatuh

Nintendo Tidak Benar-Benar Membuat Pokemon Go

PUGAM.com – Sebelumnya mungkin Anda pernah mendengar berita bahwa saham Nintendo naik drastis beberapa hari setelah diluncurkannya game Fenomenal Pokemon Go. Nintendo menikmati kesuksesan besar, bahkan mampu melampaui nilai valusi Sony sebesar 40 milliar dolar dan telah dinobatkan sebagai perusahaan dengan rekor perdagangan tertinggi dalam satu hari di Tokyo.

Tapi semua itu tampaknya didasarkan pada sedikit kesalahpahaman tentang Pokemon Go itu sendiri. Nintendo tidak benar-benar membuat Pokemon Go. Ketika investor akhirnya menyadari fakta ini, mereka panik, kemudian membuang lebih dari 6 miliar dolar saham Nintendo dalam waktu kurang dari satu hari.

Fakta ini menunjukkan bahwa investor pun sebenarnya tidak memahami posisi Nintendo. Tapi nyatanya, informasi mengenai kepemilikan saham dan peran Nintendo dalam peluncuran Pokemon Go tidak pernah ditutupi atau bahkan dipalsukan.

Sekarang, menjadi penting untuk kita tahu apa peran Nintendo dan berapa besar peran mereka dalam perilisan game Pokemon Go. Pada dasarnya, Nintendo adalah mitra voting sepertiga di Pokemon Company. Diluar itu, masih ada beberapa perusahaan yang ikut ambil bagian, termasuk Google, Creatures, dan Game Freak.

Perhatikan diagram alir di bawah ini untuk memahami peran masing-masing perusahaan dalam peluncuran game Pokemon Go.

Tiga perusahaan Jepang yaitu Nintendo, Creatures, dan Game Freak yang memiliki kedudukan setara dalam hal ini melahirkan sebuah perusahaan bernama Pokemon Company. Pokemon Company dan Nintendo kemudian ikut menyimpan dana di Niantic, perusahaan yang dimiliki oleh Google. Lalu apakah Nintendo memiliki peran paling besar di sini? Jika dilihat dari diagram tersebut, jelas bahwa Google pun ikut berinvestasi di Niantic yang kemudian melahirkan game fenomenal bernama “Pokemon GO”.

Sekarang Anda bisa melihat dengan jelas apa peran Nintendo dan seberapa besar peran mereka. Dilansir oleh AndroidAuthority, profitabilitas Nintendo sebenarnya tidak pernah dirahasiakan, juga tidak ada kepura-puraan di dalamnya. Tapi entah bagaimana, para investor gagal untuk memahami hal ini, yang akhirnya membuat mereka berani berinvestasi dalam jumlah fantastis.

Dalam beberapa minggu terakhir, kapasitas pasar Nintendo bertambah sekitar 20 miliar dolar. Pada hari Jumat, Nintendo mengeluarkan pernyataan untuk memperjelas semuanya. Mereka tidak ingin diposisikan sebagai pihak yang bersalah dan Anda bisa membaca pernyataan lengkap Nintendo dalam bentuk PDF di sini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Nintendo tetap sebagai pemegang penuh hak kekayaan intelektual dari franchise Pokemon. Tapi kondisi tersebut tidak mengubah keputusan investor untuk membuang sebagian besar saham mereka di Nintendo. Tercatat saham senilai 6 miliar dolar atau 17% dari kapitaslisasi pasar Nintendo hilang begitu saja.

Bursa Saham Tokyo memiliki aturan untuk mencegah saham apapun terjun lebih dari 18% dalam sehari. Reaksi yang sama juga terjadi di Eropa dan Amerika Serikat.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments