Tor, Jaringan Anonimitas MIT Untuk Mengamankan Privasi Online

Tor, Jaringan Anonimitas MIT Untuk Mengamankan Privasi Online

Tor adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh peneliti dari MIT dan EPFL untuk membantu menjaga transaksi online Anda tetap aman.

PUGAM.com – Apakah Anda cukup khawatir tentang keamanan bertransaksi online di internet? Tor adalah sebuah perangkat lunak gratis yang memungkinkan pengguna untuk dapat berkomunikasi di internet secara anonim. Tor akan menyembunyikan lokasi pengguna dan penggunaan dari siapa pun. Menggunakan perangkat lunak ini membuat orang kesulitan untuk melacak aktivitas internet Anda.

Para peneliti dari Ilmu Komputer dan Laboratorium Artificial Intelligence di MIT bekerja sama dengan École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) telah menciptakan jaringan anonimitas yang lebih baik menggunakan “Riffle“. Seperti kebanyakan sistem anonimitas lainnya, Riffle juga menggunakan teknik yang dikenal sebagai onion encryption, dan Tor adalah singkatan dari “the onion router”.

Dengan onion encryption, komputer pengirim akan membungkus setiap pesan dalam beberapa lapisan enkripsi dengan menggunakan sistem enskripsi kunci publik seperti biasanya untuk menjaga sebagian transaksi online tetap aman. Setiap server di mixnet kemudian akan menghilangkan satu lapisan enkripsi, sehingga hanya server terakhir yang benar-benar tahu isi dari pesan pengguna.

Rahasia di balik Riffle sendiri adalah penggunaan sebuah mixnet. Mixnet adalah singkatan dari mix networks are routing protocols yang menggunakan rantai proxy server untuk dapat mengirim dan menerima pesan secara acak. Teknik ini juga dinilai sangat efisien, hanya dibutuhkan waktu sepersepuluh dari waktu yang dibutuhkan oleh jaringan anonimtas konvensional untuk mengirim data.

Riffle masih jauh dari sempurna, tetapi dengan tingkat keamanan yang tinggi teknik ini akan menjadi pilihan utama bagi mereka yang tidak ingin aktivitas bisnis di internet menjadi mudah untuk dimata-matai.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments