Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Molekular yang Dapat Dikendalikan dengan Cahaya

Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Molekular yang Dapat Dikendalikan Oleh Cahaya

Para ilmuwan di Universitas Hokkaido Jepang telah menciptakan sebuah robot miniatur yang terbuat dari senyawa organik. Robot ini dapat digunakan untuk mensuplai obat-obatan ke daerah-daerah yang ditargetkan di dalam tubuh kita.

PUGAM.com – Para peneliti di Departemen Kimia di Universitas Hokkaido di Jepang telah menciptakan sebuah perakitan kristal yang akan bergerak ketika terkena cahaya biru. Ketika dipamerkan, robot ini bergerak seperti sedang berenang di dalam air.

Robot mini ini terbuat dari senyawa organik yang disebut azobenzene, komponen pewarna, dan asam oleat, komponen yang biasa ditemukan dalam minyak goreng. Setelah mengkesposnya dengan cahaya biru dan mengamatinya di bawah mikroskop, para peneliti menemukan bahwa osilasi membungkuk dan terjadi gerak kristal.

Hal ini menunjukkan bahwa ada dua struktur stabil yang dibentuk membungkuk dan tergantung pada rasio cis serta azobenzene trans. Ketika intensitas cahaya ditingkatkan, frekuensi osilasi juga meningkat.

Robot ini tidak tampak seperti kebanyakan robot lainnya, tetapi dalam kondisi yang tepat mereka dapat dibuat untuk berenang ke setiap arah yang diinginkan. Teknologi seperti ini bisa diterapkan dalam bidang mikro robotik di masa depan. Bayangkan, ketika sebuah robot dapat mensuplai obat dan menargetkan jaringan di dalam tubuh kita dengan tingkat akurasi mendekati sempurna.

Menurut Yoshiyuki Kageyama, salah satu pemimpin proyek penelitian ini, “Robot memiliki kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri, bergerak secara berirama. Mekanisme ini dapat digunakan di masa depan untuk mengembangkan bio molekuler dan robot akan segera menemukan pengaplikasian yang luas, termasuk dalam bidang kedokteran.”

Sejauh ini, belum ada rencana untuk mengkomersilkan robot mini ini, tetapi teknologi ini bisa saja segera diterapkan di bidang kedokteran.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=M0epKeaS2_E” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments