OurMine Kembali Beraksi, Kali Ini Korbannya CEO Twitter Jack Dorsey

Akun Twitter Jack Dorsey Berhasil Diretas

PUGAM.com – Mungkin Anda masih ingat, pada bulan Juni lalu akun Twitter dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg berhasil diretas oleh kelompok yang menamakan dirinya “OurMine”. Tak berhenti sampai di situ, tim peretas yang terdiri dari tiga orang pemuda ini kembali melancarkan aksinya dengan meretas akun Quora milik CEO Google, Sundar Pichai.

Pada Sabtu (9/7/2016) dini hari waktu setempat, OurMine kembali beraksi dengan meretas akun dari CEO Twitter, Jack Dorsey. Bisa Anda lihat dari gambar yang kami sertakan di atas. Pesan sederhana muncul di akun Twitter Dorsey, bertuliskan: “Hey, its OurMine, we are testing your security, visit ourmine.org”.

Selain pesan teks, mereka pun menyertakan video pada postingan tersebut.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=jP5kGdiDIhI” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

45 menit berselang, Dorsey tampaknya berhasil mengambil alih kembali akunnya dan menghapus pesan tersebut. Tapi setidaknya ini menunjukkan bahwa para pemimpin raksasa teknologi sekalipun bisa menjadi korban peretasan, terlebih Jack Dorsey adalah orang pertama di dunia yang memposting tweet lebih dari satu dekade lalu.

OurMine seringkali melancarkan aksinya dengan cara mencuri password lemah dari para korbannya. Pada kasus Mark Zuckerberg, mereka berhasil mendapatkan password yang digunakan Zuckerberg untuk akun Twitter nya, yaitu ‘dadada’.

Namun, sama seperti aksi peretasan sebelumnya. OurMine tampaknya tidak mendapatkan akses ke akun Twitter Dorsey secara langsung. Sebaliknya, mereka berhasil masuk ke akun media sosial lain yang digunakan oleh Dorsey. Semua postingan Dorsey yang dibuat oleh OurMine berasal dari Vine.

Perlu diketahui bahwa ada kemungkinan Dorsey menggunakan password yang sama antara akun Twitter dan Vine, atau bisa juga Dorsey memberikan hak posting ke akun Twitter-nya langsung melalui Vine.

Mungkin sekarang Anda merasa khawatir mengenai keamanan informasi di dunia internet, terlebih ketika para CEO perusahaan teknologi satu persatu telah menjadi korban peretasan. Tapi pada dasarnya, yang perlu Anda perhatikan adalah selalu menggunakan password yang kuat, hindari penggunaan password yang sama untuk setiap akun di internet, baik itu akun email, media sosial, rekening online, dll.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments