Ini Komentar XL Terkait Memanasnya Hubungan Indosat dan Telkomsel

Dian Siswarini 1

Jakarta, PUGAM.com – Dimintai pendapat soal hubungan yang memanas akhir-akhir ini antara Indosat dan Telkomsel , CEO XL Axiata Dian Siswarini memilih untuk tidak berkomentar lebih jauh.

Menurut Dian, telekomunikasi adalah industri yang sangat kompetitif dan sangat sulit ditaklukan lantaran setiap pemain di dalamnya selalu bersaing dengan sengit satu sama lain.

“Ini (telekomunikasi) industri yang kompetitif. Pertarungan di pasar akan selalu ada dan lumayan sengit. Semuanya tentu berlomba untuk memenangkan pasar,” jelasnya di Jakarta, Jumat (24/6/2016) petang seperti yang dilansir oleh detik.com.

Persaingan dan pertarungan tidak hanya terjadi antara operator A dan operator B, tapi juga antara semua operator yang terlibat di dalamnya dan ini bukanlah hal baru, ini telah terjadi sejak lama.

Dian berharap aturan network sharing yang kini tengah digodok pemerintah dapat segera dikeluarkan dan diberlakukan. Karena menurutnya aturan tersebut akan membuat insdustri telekomunikasi dalam negeri lebih sehat. Atuan tersebut dianggap mampu menyeimbangkan tiga pihak sekaligus, yakni industri, konsumen dan investor.

XL sendiri menjalin kolaborasi network sharing berbasis Multi Operator Radio Access Network (MORAN) dengan Indosat. Hanya saja, duet tersebut ingin ditingkatkan menjadi Multi Operator Core Network (MOCN) yang memungkinkan terjadinya penggunaan frekuensi secara bersama untuk efisiensi investasi.

Namun regulasi soal network sharing saat ini masih menunggu restu alias belum diteken Presiden Joko Widodo terhadap penyesuaian Peraturan Pemerintah (PP) No 53/2000 tentang Telekomunikasi.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments