Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android

Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android

Memiliki akses internet pada smartphone adalah suatu keharusan, tanpa itu kegunaan smartphone menjadi sangat terbatas.

Tapi karena akses Wi-Fi tidak selalu tersedia secara gratis, membeli data internet reguler sangatlah disarankan.

Setelah memiliki data internet, maka hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai penggunaannya. Cermatlah dalam menggunakan data internet, terutama ketika anda menggunakan data reguler yang mungkin sangat terbatas.

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk menghemat penggunaan data interner di Android adalah dengan menetapkan batas penggunaan data internet.

Untungnya, Android dilengkapi fitur yang memungkinkan anda untuk memonitor sekaligus mengontrol penggunaan data internet.

Catatan: Dalam tutorial ini kami menggunakan perangkat dengan OS Android 5.1.1 Lollipop. Jika antarmuka perangkat anda berbeda, silakan lihat panduan pengguna perangkat atau situs web dukungan produsen untuk informasi tambahan.

Cara Mengakses Menu Pengaturan Penggunaan Data Internet

Di Android, anda dapat menetapkan batas penggunaan yang sama persis dengan jumlah data yang anda miliki di paket anda, jadi anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan.

Pertama, anda masuk ke menu Settings, lalu tekan pada Data usage untuk mengakses pengaturan data. Ini ditemukan di bagian Wireless & network.

Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 1

Cara Mengatur Batas Penggunaan Data Internet

  1. Untuk menetapkan batas penggunaan data, pastikan anda sudah mengaktifkan Mobile data trafficLalu, tekan Set mobile data limit untuk mulai membatasi penggunaan data internet.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 2
  2. Tekan OK di popup yang muncul. Perlu diingat bahwa pencatatan penggunaan data yang dilakukan provider mungkin akan sedikit berbeda dengan pencatatan yang ada di ponsel Android anda, jadi pertimbangkan untuk menetapkan batas yang lebih rendah daripada paket yang anda miliki.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 3
  3. Akan ada dua slider yang bisa anda atur, bagian bawah adalah batas penggunaan data. Sedangkan slide atas adalah batas aktual, ketika tercapai, smartphone anda akan memblokir penggunaan data internet. Cukup tekan dan seret setiap slider untuk menyesuaikannya.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 4
  4. Dalam contoh di bawah ini kami telah mengonfigurasi smartphone untuk memperingatkan kami ketika telah menggunakan 1,5 GB data internet dan menonaktifkan penggunaan data internet setelah konsumsi data mencapai 3 GB.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 5

Cara Menetapkan Siklus Perhitungan Data Internet

Data internet juga dihitung pada siklus bulanan, ketika anda mencapai tanggal tertentu di setiap bulannya, penghitung data seluler anda akan disetel ulang.

  1. Berada di layar Data usage yang sama di mana anda telah mengonfigurasi batas penggunaan data, anda juga dapat mengatur siklus bulanan data. Untuk melakukannya, tekan Date Selector.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 6
  2. Kemudian tekan Change cycle…
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 7
  3. Tekan dan gulir Date Selector di popup yang muncul untuk memilih tanggal kapan perhitungan data akan disetel ulang setiap bulannya. Lalu tekan SET.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 8
  4. Di bawah ini anda dapat melihat bahwa kami telah mengubah siklus perhitungan pada smartphone kami sehingga perhitungan data akan di-reset pada tanggal 26 setiap bulannya.
    Cara Membatasi Penggunaan Data Internet Di Android 9
Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: