Cara Tambah Opsi Defragment ke Menu Klik Kanan Drive di Windows

Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 8

Windows secara otomatis akan menjalankan fungsi defrag pada drive sekali untuk setiap minggu, secara default pada hari Rabu jam 1:00 pagi waktu setempat.

Pemeliharaan otomatis ini, bagaimanapun, mengharuskan PC anda dalam keadaan hidup pada saat defrag terjadi. Jika anda mematikan PC ketika anda tidak menggunakannya, anda mungkin perlu melakukan defragment drive sendiri sesekali.

Daripada menggunakan tool tambahan untuk melakukannya, mengapa tidak menambahkan perintah defragment ke menu konteks ketika anda mengklik kanan drive di File Explorer?

Menambahkan Opsi Defragment ke Menu Konteks dengan Mengedit Registry Secara Manual

Untuk menambahkan perintah defragment ke menu konteks, anda hanya perlu melakukan beberapa pengeditan di Windows Registry.

Cara Membuka Key Registry Windows 1

Cara Cepat Mengakses Key Registry di Windows

Ada banyak cara untuk membuat perubahan pada sistem Windows anda. Beberapa di antaranya bisa anda lakukan melalui menu pengaturan atau settings, ...
0 comments
  1. Buka Registry Editor dengan klik kanan Start dan pilih Run, lalu ketik Regedit klik OK untuk membuka Registry Editor dan beri izin untuk melakukan perubahan pada PC Anda.
    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows
  2. Di Registry Editor, gunakan panel sisi kiri untuk menavigasi ke key berikut:
    HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell

    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 1

  3. Selanjutnya, anda perlu membuat key baru di dalam key shell. Klik kanan pada key shell dan pilih New > Key. Beri nama key baru runas.
    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 2
  4. Sekarang, ubah value (Default) di dalam key baru runasPilih key runas, klik dua kali value (Default) untuk membuka jendela propertinya.
    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 3
  5. Pada jendela properti, isi kotak Value data dengan Defragment kemudian klik OK. Ini adalah nama yang akan muncul pada menu konteks.
    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 4
  6. Selanjutnya anda harus membuat key baru di dalam key runas anda. Klik kanan key runas dan pilih New > KeyBeri nama command.
    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 5
  7. Sekarang, ubah value (Default) di dalam key commandPilih key command, klik dua kali value (Default) untuk membuka jendela propertinya.
    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 6
  8. Value (Default) menentukan perintah sebenarnya yang akan dijalankan ketika anda memilih opsi Defragment pada menu konteks. Sebagai contoh, kita akan memanggil perintah command prompt defrag dan menjalankannya dengan opsi default, tetapi dengan verbose aktif sehingga anda dapat melihat output dari perintah. Untuk melakukannya, ketikkan teks berikut ke dalam kotak Value data kemudian klik OK.
    defrag% 1 -v

    Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 7

Setelah itu anda dapat keluar dari Registry Editor. Untuk mengujinya, cukup klik kanan drive apa saja dan pastikan perintah Defragment sudah ada di sana.
Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 8

Ketika anda menjalankan perintah defrag yang nantinya akan memakan waktu cukup lama, anda akan melihat jendela command prompt menampilkan hasil dari proses defrag tersebut.

Cara Tambah Opsi Defragment Ke Menu Klik Kanan Drive Di Windows 9

Image Credit: howtogeek.com

Jika anda ingin mengembalikan perubahan, cukup kembali ke Registry dan hapus key runas yang anda buat di atas.

Ini secara otomatis akan menghapus value dan key lain yang anda buat di dalam key runas dan menghapus perintah defragment dari menu konteks anda.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: