Cara Flush atau Clear Cache DNS di Windows 10

Pjimage (1)

Pada PC atau laptop, anda pasti memperhatikan halaman web yang sering anda kunjungi gagal memuat, meskipun tampaknya berfungsi dengan baik di perangkat lain. Masalah ini muncul karena Cache DNS sedang terganggu.

Sebagian orang tidak menyadari, Cache DNS adalah file yang menyertakan nama host dan alamat IP dari situs web yang telah anda kunjungi. Seperti namanya, itu men-cache halaman web, yang menghasilkan loading halaman web lebih cepat pada saat anda membukanya.

Sementara sebagian besar sistem yang terhubung ke internet secara otomatis memperbarui cache dan nama host, masalah muncul ketika alamat IP halaman web berubah sebelum pembaruan dan saat itulah halaman gagal memuat.

Untungnya, ada cara mudah untuk membersihkan atau menghapus cache DNS di Windows 10:

Catatan: Kami menguji metode ini pada Windows 10 tetapi seharusnya berfungsi dengan baik pada perangkat yang menjalankan Windows 8.1, 8, 7, Vista atau bahkan XP.

Hapus Cache DNS via Command Prompt

  1. Klik kanan pada Start Menu kemudian pilih Command Prompt (Admin). Akan muncul jendela UAC (Kontrol Akun Pengguna), cukup klik Yes untuk menjalankan Command Prompt dengan hak administrator.
    Cara Flush Dan Clear Cache Dns
  2. Di Command Prompt, ketik perintah ipconfig /flushdns lalu tekan Enter.
    Cara Flush Dan Clear Cache Dns 1
  3. Ini akan membersihkan cache DNS dan anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan Successfully flushed the DNS Resolver Cache.
    Cara Flush Dan Clear Cache Dns 2

Itu saja, perintah di atas hanya me-reset cache DNS saat menghapus file cache yang lebih lama, yang mungkin telah menyebabkan kesalahan saat memuat halaman web.

Hapus Cache DNS menggunakan Batch File

Anda bahkan dapat membersihkan cache DNS menggunakan file batch di Windows 10. Sebuah file batch dengan satu set perintah dan anda dapat menjalankan perintah-perintah tersebut.

Jadi, jika anda tidak suka dengan Command Prompt, anda dapat mengunduh file batch dan menjalankannya untuk menghapus cache DNS di Windows.

Pjimage (3)

Cara Membuat File Batch (BAT) di Windows

File batch (BAT) sangat berguna bagi para profesional IT atau mereka yang bisa dibilang expert dalam menggunakan komputer.  Dengan file ...
0 comments

Perintah DNS dan Alamat IP Terkait lainnya

Jika anda masih memiliki masalah terkait dengan halaman web, anda dapat menggunakan perintah lain untuk memperbaiki Cache DNS atau masalah terkait alamat IP:

  • ipconfig /displaydns: Menampilkan catatan DNS di bawah konfigurasi Windows IP.
  • ipconfig /release: Melepaskan pengaturan alamat IP anda saat ini.
  • ipconfig /renew: Reset pengaturan alamat IP anda.Cara Flush Dan Clear Cache Dns 3
Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: