Cara Mudah Scan QR Code di iPhone atau iPad

Qr Codes Reader

Berbeda dengan Android, perangkat Apple seperti iPhone atau iPad tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk dapat membaca atau menerjemahkan sebuah QR Code.

Kedua perangkat tersebut, baik iPhone maupun iPad dapat dengan mudah membaca QR Codes hanya menggunakan aplikasi kamera.

Jadi, bagi anda pengguna iPhone atau iPad, yang perlu anda lakukan adalah membuka kamera dan mengarahkannya pada kode yang dimaksud.

Prosesnya sangat cepat dan jika QR Codes yang anda pindai berupa link maka iPhone atau iPad akan langsung membukanya di browser Safari.

Perlu diketahui, cara ini hanya berlaku untuk perangkat iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 11. Berikut saya jelaskan langkah-langkahnya dengan lebih detail.

Cara Scan QR Codes di iPhone dan iPad

  1. Buka aplikasi kamera pada iPhone dan iPad anda.
  2. Arahkan dan tahan kamera pada QR Codes yang dimaksud.
  3. Tidak perlu menekan tombol shutter, iPhone dan iPad anda akan secara otomatis mengenali QR Codes dan akan muncul pemberitahuan di layar. (Pastikan anda memiliki data seluler atau terhubung dengan jaringan Wi-Fi).Qr Codes Reader
  4. Tekan pada notifikasi dan anda akan diarahkan ke langsung menuju konten yang terkandung di dalam QR Codes tersebut.

Scan QR Codes dengan Aplikasi Wallet di iPhone dan iPad

Alternatif lain, anda dapat menggunakan aplikasi Wallet di iPhone atau iPad. Untuk mengaksesnya, buka aplikasi, klik pada tombol plus (+) di bagian atas lalu tekan pada Scan Code to Add a Pass.

Dari sini anda dapat memindai QR Codes khusu yang berisi informasi kupon, tiket masuk pesawat atau yang lainnya. Jika anda mencoba untuk memindai QR Codes yang berisi informasi lain selain yang disebutkan di atas maka hasilnya akan error.

Jika tidak ingin menggunakan salah satu dari dua metode di atas, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan men-download nya di App Store, anda akan menemukan berbagai pilihan aplikasi untuk membaca QR Codes secara gratis.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments