Samsung Pertimbangkan Beralih ke Tizen OS

Samsung Beralih ke Tizen OS

Sebuah laporan terbaru mengindikasikan bahwa Samsung berencana untuk meninggalkan Android dan beralih ke Tizen OS.

PUGAM.com – Berdasarkan komentar dari seorang eksekutif Samsung yang dilansir oleh Korea Times awal pekan ini, Samsung berencana untuk mengurangi kertergantungan pada Android dan juga Google. Dalam rangka membuat sistem operasi Tizen semakin berkembang, Samsung akan memiliki dominasi besar dalam industri smartphone dengan memiliki platform sendiri.

Kabar ini bukan hanya akan ‘menelanjangi’ Android tetapi juga akan membuat Samsung menjadi pemain utama dalam bisnis perangkat lunak mobile di masa mendatang.

Lebih lanjut, seorang eksekuif Samsung mengatakan kepada Korea Times bahwa Tizen OS telah memubktikan daya saingnya setelah menjual 64 juta ponsel berbasis Tizen OS di India selama kuartal pertama tahun ini. Pernyataan tersebut berbeda dengan laporan yang mengatakan bahwa di kuartal keempat 2015 hanya ada kurang dari 1 juta perangkat berbasis Tizen OS yang terjual.

Namun, jika dilihat pada kuartal ketiga tahun lalu Tizen OS memang berhasil masuk empat besar sistem operasi smartphone. Meskipun begitu, Android dan iOS masih mendominasi dengan menguasai lebih dari 90% pasar smartphone.

Dilihat dari sudut manapun, keputusan untuk berpisah dengan Google akan berdampak pada ekosistem Android itu sendiri, terlebih Samsung adalah produsen smartphone terbesar yang saat ini masih menggunakan Android OS.

Pandangan Skeptis

Bagi Anda pencinta Android, kabar di atas mungkin bukan kabar baik namun setidaknya Anda masih punya harapan karena masih banyak orang yang skeptis terhadap rencana tersebut. Meskipun Samsung beralih ke Tizen OS, faktanya tidaklah mudah untuk bersaing dengan Google, di mana Android kini masih menjadi primadona.

Ini tugas berat bagi Samsung karena bukan tidak mungkin mereka akan kehilangan pasar ketika meninggalkan Android, atau bisa saja tanpa mengubah strategi mereka hanya menjual perangkat berbasis Tizen OS di wilayah tertentu, India misalnya.

Laporan dari Korea Times menyebutkan bahwa rencana ini akan diterapkan pada semua perangkat Samsung namun masih belum bisa dipastikan kebenarannya,

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments