Cara Mematikan Suara Shutter Kamera di Android

Cara Menonaktifkan Suara Shutter Kamera Di Android

Sebagian besar smartphone menghasilkan suara palsu saat anda menggambil gambar dengan kamera. Suara itu bisa sangat keras dan menyebalkan, terutama ketika anda sedang mencoba untuk diam-diam mengambil foto teman anda atau ketika anda ingin melakukan selfie.

Mematikan suara shutter kamera bisa semudah anda mengecilkan volume di beberapa perangkat, sementara bagi yang lain sedikit lebih sulit untuk mematikannya.

Sebelum anda mematikan suara shutter kamera di ponsel anda, berikut yang harus diperhatikan.

Dalam banyak kasus, profil suara ponsel anda akan ikut mempengaruhi opsi suara shutter kamera di ponsel anda. Jadi, jika ponsel anda dalam keadaan Silent, kamera pun ikut tidak akan mengeluarkan suara.

Tapi jika hal di atas atau cara yang akan dijelskan di bawah tidak berfungsi untuk ponsel Android anda, anda dapat mencoba mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Silent Mode Pro.

Silent Mode PRO (Camera Mute)
Silent Mode PRO (Camera Mute)
Developer: MIN Studio
Price: To be announced

Stok (bawaan) Android

Perangkat seperti Pixel 2 XL menjalankan versi stok Android. Stok Android tidak memiliki pengaturan untuk menonaktifkan suara shutter kamera.

Sebagai gantinya, anda harus mengubah profil notifikasi / pemberitahuan anda menjadi Silent, do not disturb atau Vibrate.

Ini dapat dilakukan menggunakan tombol volume di samping perangkat anda yang berfungsi sebagai kontrol volume utama, atau di bagian Sound pada menu Pengaturan.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 1

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera pada Perangkat Samsung

Pada perangkat Samsung yang lebih baru seperti S7, S8, S9, anda hanya perlu mengubah volume utama dan suara shutter kamera akan mati ketika ponsel anda di Silent, do not disturb, atau Vibrate.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 2
Pada beberapa perangkat Samsung yang lebih lama, anda harus membuka pengaturan di aplikasi kamera dan anda akan menemukan opsi suara shutter pada halaman berikut.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 3

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Pada Perangkat LG

Seperti stok Android lainnya, aplikasi kamera LG tidak memiliki opsi kamera dalam pengaturan suara. Jadi anda harus mengubah ponsel anda menjadi mode Silent, do not disturb atau Vibrate, dengan begitu tidak akan ada suara saat mengambil foto.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 4

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera pada Perangkat HTC

Pada smartphone HTC 10, 11 dan 12 yang lebh baru, proses untuk mematikan suara shutter sama dengan perangkat stok Android. Ubah pengaturan anda menjadi Vibrate,  Silent atau do not disturb, dan suara shutter kamera akan hilang.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 5

Pada beberapa HTC model lama, menonaktifkan suara shutter kamera prosesnya cukup rumit, tetapi masih efektif. Dari aplikasi kamera anda, tekan menu (tigak titik vertikal), lalu tekan ikon Gear di bawah, kemudian pilih General settings » Shutter sound, terakhir hilangkan centang.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 6

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Pada Perangkat Motorola

Untuk ponsel Motorola yang lebih baru, seperti Moto G4, G5 atau G6, cukup gunakan kontrol volume utama untuk mengatur suara shutter kamera. Cukup atur ponsel Anda menjadi Silent, Do not disturb atau Vibrate untuk menghilangkan suara shutter kamera.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 7

Beberapa ponsel Motorola memiliki tombol shortcut yang diaktifkan dari sisi kiri layar. Ikon loudspeaker mewakili suara shutter. Cukup tekan untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 8

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Pada Perangkat OnePlus

Pada perangkat OnePlus Anda perlu mengusap dari sisi kiri layar Anda dan kemudian tekan ikon Gear yang berada di sebelah kanan (baik di atas atau bawah). Anda akan melihat opsi suara shutter di jendela yang kemudian terbuka. Atur opsi ini menjadi OFF.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 9

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Pada Perangkat Huawei

Pada perangkat Huawei yang lebih baru seperti Huawei Mate 10 Pro, buka aplikasi kamera dan geser ke kiri untuk membuka menu Settings. Kemudian aktifkan opsi Mute untuk mematikan suara shutter kamera.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 10

Menonaktifkan suara shutter kamera pada perangkat Huawei lama membutuhkan beberapa langkah. Buka aplikasi kamera, lalu tekan ikon menu (tiga garis), dan kemudian tombol pengaturan (roda gigi). Selanjutnya, buka Mute lalu aktifkan. Ini akan menonaktifkan suara kamera.
Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 11

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Pada Perangkat Honor

Pada perangkat Honor yang lebih baru seperti Honor 10, Anda dapat mengubah pengaturan dalam aplikasi kamera dengan menekan ikon Gear, lalu mengubah opsi Mute menjadi ON. Atau, Anda bisa menggunakan tombol volume utama untuk mengecilkan suara smartphone sepenuhnya, termasuk suara shutter kamera.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 12

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Pada Perangkat Sony

Perangkat Sony yang lebih baru, seperti Sony Xperia XZ2, menggunakan kontrol volume utama untuk mematikan suara shutter kamera. Cukup atur perangkat menjadi Silent, Vibrate atau Do not disturb.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 13

Pada beberapa perangkat Sony Xperia yang lebih lama, buka aplikasi kamera Anda, tekan ikon menu (tiga titik vertical), lalu tekan ikon Gear, dan atur penggeser Suara menjadi Mati untuk menonaktifkan suara shutter kamera.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera Di Android 14

Sumber: androidpit.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments