Cara Mereset Ulang Power Gadget yang Mengalami Macet atau Error

Cara Mengatasi Gadget Yang Mengalami Macet Atau Error

Mungkin anda pernah mempunyai masalah pada smartphone, laptop atau gadget lainnya yang tiba-tiba tidak responsif (freeze).

Dengan asumsi masalah bukan pada bagian hardware, cara tepat untuk memulihkannya adalah dengan melakukan reset ulang power pada gadget atau biasa disebut “Power Cycle”.

Sebagian besar cara untuk me-reset ulang power pada gadget adalah dengan melepas dan memasang kembali baterai. Tapi bagaimana jika gadget yang digunakan tidak memiliki baterai yang dapat dilepas?

Melepas Baterai

Cara Mereset Ulang Power Pada Gadget Yang Mengalami Macet Atau Error 1

Jika perangkat anda mengalami freeze atau tidak nyala sama sekali, melepas baterai adalah langkah pertama yang tepat. Ini berlaku untuk smartphone, laptop, kamera digital dan perangkat dengan baterai yang dapat dilepas lainnya.

Pastikan perangkat yang anda gunakan tidak dalam keadaan sedang tersambung kabel (mengisi daya) saat akan melepas baterai.

Kemudian lepas baterai perangkat, caranya berbeda untuk tiap perangkat.

Mungkin anda harus menarik casing bagian belakang untuk smartphone, atau lihat di bagian belakang perangkat untuk laptop, atau geser penutup baterai untuk kamera digital.

Lepaskan baterai dan tunggu beberapa detik, lalu masukkan/pasang kembali baterai. Setelah itu coba untuk nyalakan kembali perangkat anda.

Menekan Lama Tombol Power

Cara Mereset Ulang Power Pada Gadget Yang Mengalami Macet Atau Error

Banyak perangkat baru yang muncul saat ini menggunakan baterai tanam (tidak dapat dilepas), tetapi pengguna tetap membutuhkan cara untuk mereset ulang power pada perangkat.

Jika perangkat anda menggunakan baterai tanam, biasanya anda harus menekan satu atau dua tombol agak lama.

Sebagai contoh pada Nexus 7, menekan lama tombol power selama 30 detik akan mereset ulang perangkat. Cara ini mungkin berlaku untuk smartphone dan tablet lainnya.

Untuk iPhone anda harus menekan kedua tombol power dan home secara bersamaan selama 10 detik. (Dalam kasus iPhone 7, tekan kedua tombol power dan volume down)

Melepas Kabel Power

Cara Mereset Ulang Power Pada Gadget Yang Mengalami Macet Atau Error 12

Jika perangkat anda tidak memiliki baterai atau tombol power seperti router atau modem, anda bisa melakukannya dengan melepas kabel power dan memasukkanya kembali.

Namun tetap anda harus menunggu beberapa detik, setidaknya 10 detik sebelum memasang kabel power kembali.

Menggunakan Reset Pinholes

Cara Mereset Ulang Power Pada Gadget Yang Mengalami Macet Atau Error 16

Beberapa perangkat yang menggunakan baterai tanam, tidak mempan dengan menekan tombol manapun. Biasanya untuk perangkat seperti itu memiliki tombol kecil tersembunyi yang berfungsi untuk mereset ulang power perangkat.

Anda perlu benda kecil yang panjang untuk menekan tombol kecil ini pada perangkat.

Anda harus mencari lokasi pinhole tersebut, biasanya terdapat di buku manual. Berlaku untuk semua jenis perangkat, dari perangkat wireless hingga laptop seperti Lenovo X1 Carbon.

jika ini tidak mengatasi masalah dan perangkat anda masih dalam keadaan membeku atau sudah tidak bisa nyala sama sekali, pastikan anda mengikuti prosedurnya dengan benar untuk perangkat yang anda gunakan.

Anda mungkin harus menggunakan pinhole atau kombinasi dari beberapa tombol yang disebutkan dalam buku manual. Jika itu tidak juga membantu, kemungkinan masalah ada pada hardware.

Sumber: howtogeek.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
2 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
alguardin
alguardin
5 tahun yang lalu

ini sangat membantu

alguardin
alguardin
5 tahun yang lalu

Ini membantu