4 Alternatif Program Microsoft Word (Online & Offline)

Cara Untuk Menggunakan Microsoft Word Secara Gratis

Umumnya, jika kita ingin membuat, mengedit atau bahkan sekedar membuka file dokumen maka kita perlu menginstal program Microsoft Word di komputer kita.

Untungnya, itu sudah tidak diperlukan lagi karena saat ini sudah banyak alternatif lain dengan fungsi dan kemampuan yang sama seperti program Microsoft Word. Beberapa di antaranya bahkan bisa anda akses dan gunakan secara online dan gratis.

Ini artinya, untuk membuat, mengedit atau sekedar membuka sebuah file dokumen, tidak mesti anda selalu mengandalkan program Microsoft Word.

Word Online

Cara Untuk Menggunakan Microsoft Word Secara Gratis 1

Word Online adalah solusi untuk membuka file dokumen dan mengeditnya secara online tanpa kita harus mempunyai Micrososft Word di PC kita.

Masih bagian dari Microsoft Office Online Suite, dapat digunakan dengan tanpa harus membayar alias gratis. Anda hanya perlu Sign in menggunakan akun Microsoft anda. Tampilan dari Word Online masih serupa dengan Microsoft Word versi dekstop.

Dokumen yang anda buat di Word Online disimpan secara otomatis ke dalam folder OneDrive anda. Word Online juga terintegrasi dengan Microsoft Word versi dekstop jadi anda dapat dengan mudah memindahkan hasil kerja anda di Word Online ke program Word versi desktop.

Semua perubahan yang anda buat pada salah satu versi (online atau desktop) secara otomatis akan tersinkronisasi dengan yang lainnya. Tetapi, anda tidak dapat menggunakan aplikasi di Web dan aplikasi dekstop secara bersamaan.

Word Online juga mempunyai fitur pengerjaan secara bersamaan dengan perubahan yang akurat yang memungkinkan beberapa orang mengerjakan dokumen yang sama pada waktu yang bersamaan. Fitur ini berfungsi pada Word Online, Aplikasi desktop Windows, Mac dan aplikasi pada smartphone.

Untuk iOS dan Android bisa juga digunakan secara gratis yang memungkinkan anda untuk mengerjakan dokumen kapanpun dan dimanapun.

Microsoft Word
Microsoft Word
Price: To be announced
Microsoft Word
Microsoft Word
Price: Free+

Mungkin Word Online adalah alternatif terbaik untuk saat ini (selain menggunakan aplikasi versi desktop) karena menjaga format original dari dokumen itu sendiri.

Google Docs

Cara Untuk Menggunakan Microsoft Word Secara Gratis 2
Sama seperti Word Online, Google Docs dapat digunakan secara online. Anda dapat menggunakannya untuk membuat dokumen baru dan mengerjakannya dengan pengguna lain secara bersamaan. Tetapi anda tidak bisa mengerjakan langsung dari file yang sudah ada di Google Docs.

Namun berbeda dengan Word Online, Google Docs kurang bagus dalam hal pemformatan. Anda harus mengubah format nya terlebih dahulu ketika ingin mengedit dokumen lain dan jika sudah selesai anda harus mengubah nya lagi.

Kabar baiknya adalah jika anda menggunakan browser Chrome di komputer, Google menyediakan ekstensi yang memungkinkan anda membuka Microsoft Office (Word, Excel dan Power Point) langsung di dalam Google Docs, Sheets, dan Sildes tanpa harus mengubah formatnya.

Ekstensi ini bernama Office Editing for Docs, Sheets, and Slides.

Office Editor
Office Editor
Developer: google.com
Price: Free

Untuk fitur, Google Docs sedikit tertinggal dibandingkan Word Online, tetapi untuk pengguna yang hanya ingin membuat dokumen atau penggunaan ringan lainnya Google Docs sudah sangat layak dan cukup.

Memang Google Docs hanya bisa digunakan saat anda online. Jika anda ingin mengakses secara offline, anda harus memasang ekstensi Chrome yang memungkinkan anda bisa mengecek atau megedit dokumen secara offline.

Google juga menyediakan aplikasi untuk iOS dan Android, kedua perangkat tersebut sudah mendukung untuk mengedit dokumen secara offline.

Google Docs
Google Docs
Developer: Google LLC
Price: Free
Google Docs: Sync, Edit, Share
Google Docs: Sync, Edit, Share

Zoho Writer

Cara Untuk Menggunakan Microsoft Word Secara Gratis 4

Jika anda ingin alternatif lain selain Word Online dan Google Docs, anda bisa coba untuk menggunakan Zoho Writer. Gratis dan dapat anda gunakan untuk mengimport file dari Micrososft Word, tanpa perlu mengubah format nya.

Anda dapat meng-upload file dokumen sampai dengan ukuran 10 MB. Ukuran yang lumayan besar untuk menampung sebagian besar dokumen, Tetapi jika anda mempunyai dokumen dengan ukuan lebih besar dari itu, anda perlu alternatif lain.

Zoho Writer juga menyediakan aplikasi untuk Android dan iOS. Kedua aplikasi mendukung fitur pengerjaan secara bersamaan dan pengeditan online.

Writer - Create Docs, Share
Writer - Create Docs, Share
Zoho Docs
Zoho Docs
Developer: Zoho Corporation
Price: Free

Libre Office

Cara Untuk Menggunakan Microsoft Word Secara Gratis 5
LibreOffice adalah sebuah aplikasi desktop yang bertujuan untuk menjadi alternatif lain dari Microsoft Office. Walaupun pada bagian fitur tidak selengkap Microsoft Word, tetapi ini adalah alternatif yang cukup unggul dari alternatif lainnya. Tersedia untuk Windows, Mac dan Linux.

LibreOffice memang di desain sebagai aplikasi desktop, tetapi LibreOffice mendukung untuk pengeditan dokumen di luar aplikasi desktop.

LibreOffice bisa melakukan hampir semua yang anda butuhkan ketika ingin mengedit dokumen MS Word. Bahkan LibreOffice mendukung format asli dari MS Word itu sendiri jadi anda tidak perlu lagi untuk mengonversinya.

LibreOffice juga menyediakan aplikasi versi mobile tetapi hanya tersedia untuk Android, dan kegunaannya hanya untuk melihat dokumen saja.

LibreOffice Viewer
LibreOffice Viewer

Sumber: howtogeek.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: