Berfungsi Sebagai 3D Printer, Robot Laba-laba Siemens Dapat Berkolaborasi dalam Tim

Siemens SiSpis

Siemens telah menciptakan sekawanan robot laba-laba yang disebut SiSpis. Robot SiSpis dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan memiliki fungsi utama sebagai 3D printer. Robot ini dapat bekerja secara mandiri dan berkolaborasi satu sama lain dalam sebuah tim untuk membangun struktur cetak yang rumit.

PUGAM.comSiemens Spider atau disingkat menjadi SiSpis adalah 3D printer bergerak yang dikembangkan oleh Livio Dalloro, kepala Product Design, Modeling and Simulation Research group in the Automation and Control Technology Field di Siemens Corporate Technology.

Dalloro menciptakan sekawanan robot laba-laba yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan sehingga memungkinkan robot untuk berkomunikasi dan berkolaborasi satu sama lain dalam membangun sesuatu. Masing-masing robot menggunakan scanner kamera dan laser yang memungkinkan mereka memetakan dan secara efektif menavigasi lingkungan serta menemukan cara efektif untuk mengatasi hambatan di sekitar mereka.

Siemens SiSpis

Dari kiri ke kanan, Livio Dalloro dan Hasan Sinan Bank (Kredit: Siemens).

“Tujuannya adalah untuk menciptakan prototipe dari sebuah platform mesin manufaktur otonom yang dapat memahami tugas dan membaginya untuk masing-masing robot, kemudian masuk ke dalam proses manufaktur secara kolaboratif dan terkoordinasi tanpa pemrograman,” Dalloro menjelaskan.

SiSpis dapat bekerja sama dengan masing-masing dari mereka yang ditugaskan di area tertentu. Mereka dapat berkomunikasi satu sama lain sehingga tidak akan ada pekerjaan duplikat untuk setiap area. Ketika salah satu robot harus meninggalkan wilayah kerja untuk mengisi ulang daya maka robot yang lain secara otomatis akan menggantikan posisinya untuk sementara.

Berbagai industri telah menjelajahi kemungkinan penggunaan robot otonom yang dapat bekerja secara kolaboratif, Siemens pun sedang dalam usaha serupa.

“SiSpis adalah gambaran dari yang kita definisikan sebagai Siemens Agile Manufacturing Systems (SiAMS) dan mereka merupakan inti dari penelitian sistem otonom kami di sini, di Princeton,” ujar Darollo. “Kami melihat adanya kemungkinan menggunakan robot otonom untuk membangun struktur cetak seperti badan mobil, lambung kapal dan fuseglass pesawat,” tambahnya.

Robor SiSpis dijalankan oleh perangkat lunak Siemens yang disebut Robot Operating System (ROS) dan dilengkapi dengan extrudes seperti 3D printer pada umumnya.

Hasan Sinan Bank, insinyur Siemens yang pertama kali mengusulkan gagasan tim robot otonom ini mengatakan bahwa teknologi ini hanya perlu dikembangkan lebih lanjut, setelah menjadi dewasa maka teknologi ini dapat diterapkan pada hampir semua hal.

Siemens SiSpis

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments