Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox

Dapatkah Anda bayangkan Mozilla Firefox tanpa add-ons? Bukan berarti fungsi dasar dari Firefox tidak cukup tetapi banyak yang akan setuju bahwa kekuatan utama Firefox adalah pada ketersediaan add-ons.

Dan sebetulnya prinsip tersebut tidak hanya berlaku untuk Firefox saja. Sebagian besar browser modern mungkin akan dipandang “tidak ada apa-apanya” jika tidak mendukung penggunaan ekstensi atau add-ons.

Sebuah ekstensi atau add-on pada browser berfungsi untuk memperluas fungsionalitas. Sebagai pengguna, Anda dapat memutuskan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh browser Anda.

Dalam hal fungsionalitas, browser yang sama bisa saja berbeda. Misalnya, Anda menggunakan Mozilla Firefox dan teman Anda pun sama menggunakan Mozilla Firefox, bahkan dengan versi yang sama.

Kemampuan browser Anda tentu tidak akan sama dengan kemampuan browser teman Anda. Apa yang membuat perbedaan tersebut? Ekstensi!

Jika Anda menginstal ekstensi Ad-Blocker dan teman Anda tidak, maka browser yang sama akan memiliki kemampuan berbeda, di mana browser Firefox Anda mampu menangkal iklan sedangkan browser Firefox teman Anda tidak.

Inilah letak kekuatan sebuah ekstensi, mampu memberikan fungsionalitas tambahan sekaligus menjadikan setiap browser itu unik.

Berbagai Cara Instal Ekstensi di Mozilla Firefox

Cara Pertama: Paling Mudah

Proses instalasi ekstensi di Mozilla Firefox dirancang untuk menjadi mudah atau user-friendly. Anda hanya perlu mengunjungi halaman Repositori Add-ons Firefox kemudian cari add-on yang ingin Anda instal lalu klik tombol Add to Firefox.

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox 2

Sesederhana itu! Sangat mudah.

Cara Kedua: Download Terlebih Dahulu File Ekstensi

Cara kedua adalah dengan klik kanan pada tombol Add to Firefox lalu pilih opsi Save Link As. Ini artinya, Anda men-download file ekstensi tersebut. File download bisa berupa file ZIP atau XPI.

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox 1

Anda dapat membaca penjelasan tentang XPI di sini.

Selanjutnya, untuk menginstal ekstensi cukup drag & drop file ZIP atau XPI yang Anda download tadi di jendela Firefox.

Atau bisa juga dengan membuka menu Tools » Add-ons. Di halaman Add-ons, klik ikon roda bergerigi di sebalah kanan lalu pilih opsi Install Add-on From File kemudian cari file ZIP/XPI yang Anda download tadi.

Lalu bagaimana jika saya ingin menginstal ekstensi yang tidak ada di halaman Repositori Add-ons Firefox? Ekstensi yang saya dapat dari GitHub misalnya.

Mudah, Anda hanya perlu menggunakan cara kedua di atas untuk menginstalnya.

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox

Jika kasusnya sama seperti yang saya sebutkan di atas, yaitu Anda ingin menginstal ekstensi yang tidak berasal dari Repositori Add-ons Firefox, katakanlah Anda mendapatkan ekstensi tersebut dari sumber lain seperti GitHub.

Maka, gunakan cara instalasi kedua di atas. Anda hanya perlu men-download file ZIP atau XPI dari ekstensi tersebut, simpan di komputer Anda lalu instal dengan cara kedua di atas.

Sekarang, coba dengan mengunjungi tautan ini. Anda akan langsung diarahkan ke halaman pencarian GitHub untuk Add-ons Firefox.

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox 7

Pilih salah satu Add-on dan cari file XPI di dalamnya.

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox 8

Instal dengan cara drag & drop di jendela Firefox atau masuk terlebih dahulu ke halaman Add-ons, klik ikon roda bergerigi, pilih opsi Install Add-on From File kemudian cari file XPI yang Anda download tadi.

Di Firefox, ada ekstensi bernama GitHub Extension Installer yang memungkinkan Anda untuk menginstal langsung ekstensi dari halaman GitHub.

Sayangnya, ekstensi tersebut tidak bekerja pada Mozilla Firefox versi terbaru, namun jika Anda masih menggunakan Firefox versi lama ada kemungkinkan ekstensi ini masih bekerja.

GitHub Extension Installer
GitHub Extension Installer

Setelah diinstal, ekstensi ini akan menambahkan tombol Add to Firefox di setiap halaman Add-on Firefox di GitHub.

Perlu diingat bahwa ekstensi ini hanya akan bekerja jika proyek Add-on di GitHub disusun dengan benar oleh pengembangnya, yang biasanya memiliki file install.rdf di dalamnya.

Cara Manual Instal Ekstensi Mozilla Firefox 9

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments