Cara agar Konten GIF Tidak Otomatis Diputar di Browser

Cara Agar Konten Gif Tidak Otomatis Diputar Di Browser

Dalam pandangan saya, GIF adalah konten video berdurasi pendek dan sebagian besar browser akan memainkannya secara otomatis ketika Anda mengunjungi halaman yang menyertakan GIF.

Namun, karena secara teknis GIF adalah konten gambar maka Anda tetap dimungkinkan untuk mencegah konten jenis ini dimainkan/diputar secara otomatis oleh browser.

Ada banyak alasan kenapa mungkin Anda ingin melakukannya. Apapun alasan Anda, di sini saya akan menjelaskan cara agar brower tidak otomatis memainkan konten GIF yang sedang kita buka.

Google Chrome

Di Google Chrome, Anda perlu menggunakan ekstensi bernama Animation Policy untuk menonaktifkan animasi (termasuk konten GIF).

Animation Policy
Animation Policy
Developer: Unknown
Price: Free

Ekstensi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur agar konten GIF dimainkan hanya sekali.

Mozilla Firefox

Di Firefox, Anda tidak perlu bantuan ekstensi untuk mencegah konten GIF dimainkan secara otomatis. Anda hanya perlu mengubah konfigurasi yang ada.

Ketik about:config di address bar dan klik tombol I accept the risk!. Sekarang, ketikkan image.animation di dalam kotak pencarian.

Klik dua kali pada image.animation_mode. Di dalam kotak, ubah value nya menjadi none jika Anda ingin konten GIF tidak diputar sama sekali, atau ketik once jika Anda ingin konten GIF hanya dimainkan sekali.

Internet Explorer

Menekan tombol Escape ketika Anda memuat sebuah halaman web akan membuat konten GIF di dalamnya berhenti dimainkan, tapi sebetulnya ada juga pengaturan yang bisa Anda ubah agar konten GIF tidak dimainkan secara otomatis.

Untuk melakukannya, klik ikon Gear lalu klik Internet options. Pada tab Advanced, cari bagian Multimedia dan hapus centang dari opsi Play Animations in Webpages.

Berikut saya sertakan konten GIF untuk menguji pengaturan yang telah Anda buat. Jangan lupa untuk me-refresh halaman ini terlebih dahulu:

Itu saja! Untuk browser Microsoft Edge saat ini tidak ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah konten GIF dimainkan secara otomatis.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments