Cara Ubah Program Default untuk Membuka Mailto:Links

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email

Secara default, setiap kali Anda mengklik link email yang juga disebut sebagai mailto:links pada setiap halaman web atau program di komputer maka Anda akan membuka jendela mail client yang dipilih secara otomatis oleh OS komputer Anda.

Hal ini bisa saja tidak sesuai, terutama jika Anda menggunakan layanan email pihak ketiga atau layanan webmail.

Mungkin akan lebih baik jika kita sebagai pengguna yang memilih program apa yang ingin kita gunakan untuk membuka setiap mailto:links. Itulah yang akan saya bahas kali ini.

Membuka Mailto:Links di Webmail

Jika Anda lebih suka menggunakan webmail seperti Gmail, Yahoo dan lain sebagainya, maka Anda dapat mengatur agar setiap mailto:links dibuka menggunakan webmail favorit Anda.

Google Chrome

Masuk ke Gmail dan ikon handler yang terlihat seperti sepasang berlian abu-abu, berdekatan dengan ikon bintang pada address bar.

Klik ikon tersebut dan akan muncul jendela popup. Pilih opsi Allow untuk memungkinkan Gmail membuka setiap link email di browser Chrome.

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 1

Jika ikon handler tidak ditemukan, Anda mungkin telah mengubah perilaku default browser Chrome Anda.

Tidak perlu khawatir, cukup masuk ke menu Settings » Show advanced settings… dan di bagian Privacy » Content settings… » Handlers, aktifkan opsi Allow sites to ask to become default handlers for protocols (recommended).

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 2

Untuk webmail lain selain Gmail, ekstensi Chrome bernama Mailto: menawarkan cara tercepat dalam memilih layanan webmail apa yang ingin Anda gunakan untuk membuka setiap link email.

Mailto:
Mailto:
Developer: mailto developer
Price: Free

Ekstensi ini mendukung beberapa layanan webmail seperti Outlook, Yahoo Mail, FastMail, Zoho Mail, dan AOL Mail. Jika webmail yang ingin Anda gunakan tidak ada dalam daftar, Anda masih dapat mengonfigurasinya dengan memilih opsi add another service.

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 3

Mozilla Firefox

Jika Anda menggunakan browser Firefox, masuk ke menu pengaturan. Klik Tools > Options > General dan di panel sebelah kanan temukan bagian Applications.

Ketik mail di kolom pencarian dan Anda akan menemukan jenis konten mailto. Klik menu dropdown pada tab Actions dan pilih layanan webmail yang ingin Anda gunakan untuk membuka setiap link email.

Opsi yang disediakan bisa saja Gmail, Yahoo Mail atau program email desktop seperti Thunderbird atau Microsoft Outlook.

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 4

Apakah Anda tidak menemukan jenis konten mailto di bagian Applications? Anda perlu menggunakan ekstensi MailtoWebmails.

MailtoWebmails
MailtoWebmails
Developer: Noitidart
Price: Free

Ekstensi tersebut memungkinkan Anda untuk memilih berbagai layanan webmail populer dan mengonfigurasi salah satunya sebagai handler default untuk membuka setiap link email di Firefox.

Ekstensi ini pun memberikan Anda pilihan untuk menambahkan webmail secara manual.

Safari & Opera

Di Safari dan Opera, Anda perlu menggunakan ekstensi yang sama seperti Chrome. Berikut adalah link ekstensi untuk Safari dan Opera:

Mailto:
Mailto:
Developer: famlam
Price: Free

Internet Explorer

Di Internet Explorer, Anda dapat menggunakan Gmail sebagai program default yang akan membuka setiap mailto:links dengan cara menginstal Google Toolbar.

Kemudian masuk ke Toolbar Options » General » Web-browsing tools dan centang kotak Use Gmail for “Mail To” links untuk membuka setiap mailto:links dengan Gmail.

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 5

Membuka Mailto:Links di Desktop Email Client

Tidak ada yang perlu dilakukan jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan mail client pilihan OS komputer Anda.

Tapi jika Anda ingin menggunakan mail client pihak ketiga seperti Thunderbird, Anda dapat mengaturnya sebagai program default yang secara otomatis akan menangani setiap link email.

Pada Windows 7 sampai 10, buka Control Panel » Programs » Default Programs » Set Associations dan klik pada Associate a file type or protocol with a program.

Sekarang gulir ke bawah ke bagian Protocol, cari baris mailto kemudian klik dua kali.

Di bagian ini Anda dapat memilih mail client favorit Anda (asalkan Anda sudah menginstalnya di komputer). Anda pun akan menemukan pilihan untuk mendapatkan aplikasi email dari Windows Store dan langsung mengasosiasikannya dengan mailto:links.

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 6

Untuk OS X, buka aplikasi Mail dan di bawah Preferences » General pilih program email yang ingin Anda tetapkan sebagai program default.

Untuk Linux, Anda harus memastikan program email favorit Anda ditetapkan sebagai aplikasi default untuk menangani setiap link email. Lokasi pengaturannya mungkin akan berbeda tergantung dari distro yang Anda gunakan.

Pada Ubuntu, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di bagian System Settings » Details » Default Applications. Cari menu dropdown Mail dan pilih program email yang ingin Anda gunakan.

Membuka Mailto:Links di Android

Ketika Anda mengklik mailto:links di browser ponsel Android, akan muncul jendela popup di mana Anda dapat memilih aplikasi apa yang ingin Anda gunakan untuk membuka email.

Dengan catatan, aplikasi yang muncul pada jendela popup adalah aplikasi yang sudah terpasang/terinstal di perangkat Anda.

Jika Anda ingin menetapkan salah satunya sebagai aplikasi default, maka tekan tombol Always setelah memilih salah satu aplikasi.

Ubah Program Default Untuk Membuka Link Email 7

Jika ketika mengklik mailto:links Anda langsung diarahkan ke sebuah aplikasi email itu artinya ada aplikasi yang secara default diatur sebagai aplikasi pembuka email oleh perangkat Anda.

Untuk mengubahnya, masuk ke Settings » Apps dan tekan pada aplikasi email tersebut. Di bagian App Info, tekan tombol Clear defaults.

Selanjutnya Anda dapat memilih sendiri aplikasi untuk membuka setiap mailto:links.

Microsoft Edge dan iOS

Sayangnya, saya tidak menemukan informasi cara mengubah program pembuka mailto:links untuk browser Microsoft Edge dan juga perangkat iOS. Jika Anda tahu caranya, sampaikan melalui kolom kometar, saya akan sangat mengapresiasinya.

Sebagai percobaan, Anda dapat mengunjungi halaman Kontak di situs ini kemudian klik alamat email yang ditampilkan di layar.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments