Sinkronisasi iPhone dan Windows Menggunakan iCloud Control Panel

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel

Banyak yang bilang, pasangan terbaik ponsel iPhone adalah perangkat Mac. Maka jangan harap bisa nyaman ketika Anda menggunakan iPhone tapi di saat yang sama Anda pun pengguna Windows.

Perlu diklarifikasi bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Saat ini, integrasi yang baik tak hanya terjalin antara perangkat Mac dengan iPhone, namun untuk beberapa keperluan perangkat Windows pun bisa menjadi serasi dengan iPhone.

Sebagai contoh, ada cara di mana Anda dapat menyinkronkan perangkat iPhone dengan komputer Windows.

Yang Anda perlukan hanyalah sebuah alat bernama iCloud Control Panel. Dan meskipun Apple tidak lagi menawarkan Safari versi Windows, hal itu tidak terjadi pada iCloud Control Panel.

Dengan kata lain, iCloud Control Panel versi Windows masih tersedia dan dapat Anda gunakan untuk keperluan sinkronisasi antara perangkat iPhone dengan komputer Windows.

Setup

Pertama, download file instalasinya di sini, kemudian instal seperti biasa di komputer Windows Anda. Jika sudah, jalankan programnya.

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 1

Masuk menggunakan Apple ID yang sama yang Anda gunakan pada perangkat iPhone serta iTunes.

Setelah masuk, akan muncul logo iCloud pada system tray layar desktop Anda (kanan bawah). Klik logo tersebut kemudian pilih Open iCloud Settings.

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 2

Di bagian pengaturan ini, akan ditampilkan rincian akun Anda. Sayangnya, banyak fitur yang hanya terbatas pada situs iCloud seperti Mail, Contacts, Calendar dan Reminders.

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 3

Jadi di sini saya hanya akan membahas fitur yang tersedia: iCloud Drive, Photos, Bookmarks, dan Storage.

iCloud Drive

Yang pertama adalah iCloud Drive. Fitur ini bisa menjadi penyelamat ketika misalnya Anda tidak sengaja menghapus foto-foto yang ada di perangkat iPhone.

iCloud Drive dapat menyimpan salinan dari semua file yang ada pada perangkat iOS Anda, seperti iBooks, Document, Pictue, Email, Contacts dan masih banyak lagi.

Jika Anda centang kotak iCloud Drive (lihat gambar di atas) dan menekan tombol Apply, akan muncul folder iCloud Drive di File Explorer Windows Anda. Di sinilah Anda dapat mengakses serta meng-upload file.

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 5

Photos

Ketika Anda memilih untuk menyinkronkan foto dengan iCloud, semua foto yang ada pada perangkat iOS akan disinkronkan ke perangkat Windows atau Mac Anda.

iCloud bekerja secara dua arah sehingga Anda pun dimungkinkan untuk meng-upload foto dari komputer ke iCloud Photo Library.

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 6

Setelah mencentang kotak Photos dan menekan tombol Apply, akan muncul folder iCloud Photos di File Explorer. Di bagian ini Anda dapat dengan mudah melihat foto-foto yang ada pada perangkat iOS Anda.

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 7

Bookmarks

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 8

Fitur ini berfungsi untuk menyinkronkan bookmark antara browser yang Anda gunakan di perangkat iOS dengan browser desktop di Windows.

Jika Anda menggunakan Safari di perangkat iOS dan Chrome di komputer Windows maka agar fitur sinkronisasi bookmarks ini dapat bekerja, Anda perlu menginstal ekstensi iCloud Bookmarks di Chrome desktop.

iCloud Bookmarks
iCloud Bookmarks
Developer: Unknown
Price: Free

Storage

Sinkronisasi Data Antara Iphone Dan Windows Dengan Icloud Control Panel 9

Setiap akun Apple mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan secara gratis. Jika itu tidak cukup, Anda dapat berlangganan 1 USD untuk ruang penyimpanan sebesar 50 GB.

Pada iCloud Control Panel, Anda dapat melihat folder mana saja yang memenuhi ruang penyimpanan namun Anda tidap dapat melihat ukuran untuk masing-masing file.

Di sini hanya ada opsi untuk menghapus data secara masal. Untuk melihat ukuran masing-masing file, Anda perlu masuk ke folder tersebut di Windows Explorer.

Kesimpulan

iCloud Control Panel versi Windows memang memiliki banyak keterbatasan, tapi setidaknya itu cukup membantu bagi Anda yang ingin menyinkronkan antara iPhone dengan komputer Windows.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments