Cara Download dan Instal Windows Media Player 12 di Windows 10

Cara Download Dan Instal Windows Media Player 12 Di Windows 10

Microsoft biasanya selalu menyertakan Windows Media Player sebagai program bawaan di hampir semua versi Windows. Namun, beberapa versi Windows 10 diketahui tidak lagi disertai dengan Windows Media Player.

Ini terjadi karena masalah hukum di beberapa wilayah yang menjerat Microsoft. Jika Anda merasa kehilangan Windows Media Player, di sini saya akan menunjukkan bagaimana cara mendapatkannya kembali dengan mudah dan gratis.

Saya juga akan menyertakan alternatif yang bisa Anda coba mengingat Windows Media Player sendiri belum pernah diperbarui sejak 2009 oleh Microsoft.

Kenapa Windows Media Player Hilang?

Untuk memastikan, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu apakah Windows 10 yang Anda gunakan disertai dengan Windows Media Player atau tidak.

Sebagian besar versi Windows 10 memang masih disertai dengan Windows Media Player. Namun, ada dua versi dari Windows 10 yang tidak disertai dengan Windows Media Player, yakni Windows 10 N dan Windows 10 NK.

Komisi Eropa menilai praktik pra-instal beberapa perangkat lunak pada sistem operasi yang dilakukan oleh Microsoft sebagai praktik anti-kompetitif.

Microsoft pun terpaksa menawarkan versi alternatif dari Windows 10 yang tidak disertai dengan beberapa fitur dan program yang biasanya selalu hadir pada setiap versi Windows.

Tak hanya Windows Media Player, pada versi tersebut juga Microsoft tidak menyertakan aplikasi seperti Video, Voice Recorder, Codec audio-video dan masih banyak lagi.

Cara Mendapatkan Kembali Windows Media Player

Untuk mendapatkan kembali Windows Media Player caranya sangat mudah, Anda hanya perlu men-download Media Feature Pack dari situs resmi Microsoft.

Pertama, tentukan bahasa kemudian klik tombol Download. Akan muncul jendela yang meminta Anda untuk memilih versi dari file yang ingin di-download.

File yang dipilih tergantung pada versi bit Windows 10 yang Anda jalankan. Untuk mengetahui versi bit dari Windows 10, tekan tombol Windows + R kemudian ketik dxdiag dan klik OK.

Perintah ini akan membuka jendela DirectX Diagnostic Tool dan dari sana Anda dapat melihat informasi sistem operasi termasuk jenis arsitektur CPU komputer Anda, apakah 32-bit atau 64-bit.

Jika Anda menjalankan Windows 10 32-bit, centang kotak untuk men-download Microsoft-Windows-MediaFeaturePack-OOB-Package_x64.msu juga. Jika Anda menjalankan Windows 10 64-bit, pilih file lainnya.

Ikuti petunjuk instalasi yang ada dan selesaikan prosesnya.

Alternatif untuk Windows Media Player

Salah satu alternatif terbaik Windows Media Player adalah VLC media Player. Software open source lintas platform ini mendukung cukup banyak format audio dan video.

Cara Download Dan Instal Windows Media Player 12 Di Windows 10 C

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
1 Comment
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
Wisanggeni
Wisanggeni
4 tahun yang lalu

Trim’s Sangat membantu dan menambah pengetahuan.