5 Cara Transfer File Antar Komputer

5 Cara Transfer File Antar Komputer

Ketika membeli komputer baru, hal pertama yang biasanya akan orang lakukan adalah mentransfer sebagian besar file yang ada di komputer lama ke komputer baru.

Dan tidak peduli berapa banyak file yang akan dipindahkan, umumnya kita selalu menginginkan proses yang cepat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini.

Di sini saya akan menjelaskan berbagai macam cara transfer file dari satu komputer ke komputer lainnya. Setelah membacanya tuntas, diharapkan Anda dapat menentukan metode mana yang cocok untuk kondisi Anda.

Gunakan Media Penyimpanan Eksternal

5 Cara Transfer File Antar Komputer 1

Ini adalah cara paling umum untuk mentransfer file antar komputer. Anda dapat menggunakan USB flash drive atau hard drive eksternal untuk menyalin data dari satu komputer dan memindahkannya ke komputer lain.

Jika kedua komputer memiliki port USB 3.0, ada kesempatan bagi Anda untuk menggunakan media yang memiliki kemampuan baca-tulis di atas rata-rata seperti SSD.

Dan masih dalam ruang lingkup metode pertama ini, ada cara cepat di mana Anda dapat memindahkan data dari komputer yang lama ke komputer yang baru.

Periksa terlebih dahulu apakah komputer baru Anda memiliki port eSATA atau slot SATA. Jika ya, lepaskan hard drive dari komputer lama dan pasangkan di komputer yang baru.

Nantinya, drive tersebut akan muncul sebagai drive yang lain di komputer baru. Selanjutnya, Anda dapat mentransfer data melalui SATA, yang tentunya akan lebih cepat dibandingkan USB.

Transfer via Jaringan LAN atau Wi-Fi

Jika kedua komputer masih berada di satu tempat dan cukup berdekatan, ada dua cara untuk berbagi file dengan cepat.

Pertama adalah membuat sebuah jaringan lokal (LAN). Kedua adalah dengan menggunakan perangkat lunak untuk mentransfer file melalui jaringan Wi-Fi.

Mulai Berbagi

Semua sistem operasi komputer memiliki opsi built-in untuk mengatur jaringan. Hal ini memungkinkan perangkat router yang sama yang terhubung melalui Ethernet atau Wi-Fi untuk mengenali satu sama lain secara permanen.

Jadi, ketika Anda perlu untuk mentransfer file antar komputer, Anda tidak perlu menyiapkan koneksi baru. Berikut adalah video tentang cara menyiapkan koneksi LAN di Windows 7, 8, 8.1, dan Windows 10.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=GyVYvsfXq7k” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Cara ini bekerja baik untuk Windows-to-Windows maupun Mac-to-Mac.

Berbagi File Menggunakan Software

Jika kedua komputer berada di jaringan Wi-Fi yang sama, Anda dapat mentransfer file dengan menggunakan software sederhana. Ini adalah cara mudah untuk berbagi tanpa pengaturan jaringan rumah dan ideal untuk jaringan yang bersifat sementara.

Ada beberapa software yang dapat Anda gunakan untuk berbagi file berukuran besar antar perangkat. Yang terbaik mungkin Send Anywhere.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=wMQ0MgvArZk” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Send Anywhere menyediakan aplikasi baik untuk Windows, Mac maupun Linux. Mereka bahkan menyediakan aplikasi web dan ekstensi Chrome sehingga Anda dapat menggunakannya pada komputer yang menjalankan Chrome OS.

Anda pun dapat menggunakan software tersebut untuk mentransfer file dari satu komputer ke banyak orang. Dan ya, semua itu gratis!

Download Send Anywhere untuk semua OS (Gratis)

Satu hal yang perlu diingat adalah, Send Anywhere tidak akan bekerja jika tidak ada koneksi internet. Dalam kasus seperti itu, gunakan Snapdrop sebagai gantinya, aplikasi gratis berbasis web browser. Ini berarti, tidak diperlukan instalasi transfer file untuk kedua perangkat.

Gunakan Kabel

Untuk urusan transfer file/data antar komputer, ada beberapa jenis kabel yang bisa Anda andalkan. Metode ini bahkan lebih cepat dibandingkan dengan metode drive, karena proses copy-paste terjadi secara bersamaan.

Ketika menggunakan drive eksternal, Anda pada dasarnya mentransfer file antara tiga drive: kabel dan dua drive.

Windows to Windows

Bagi Anda pengguna Windows, gunakan kabel USB Easy Transfer.

5 Cara Transfer File Antar Komputer 2

Kabel ini memungkinkan Anda menghubungkan dua PC Windows melalui koneksi USB-to-USB. Cara ini akan bekerja lebih cepat daripada menggunakan port USB 3.0 yang ada di dua komputer.

Mac to Mac

Apple memiliki port tersendiri yang disebut Thunderbolt, yang memungkinkan Anda menciptakan sebuah rantai koneksi untuk mentransfer file antar perangkat Mac.

5 Cara Transfer File Antar Komputer 3

Jadi, gunakan kabel Thunderbolt-to-Thunderbolt untuk keperluan mentransfer file.

Windows/Mac/Linux to Windows/Mac/Linux

Untuk keperluan transfer file lintas platform, gunakan kabel Ethernet biasa untuk membangun jaringan area lokal (LAN) tanpa router.

5 Cara Transfer File Antar Komputer 4

Hubungan HDD atau SSD secara Manual

 

Ketika Anda ingin mentransfer file dari komputer lama ke komputer baru, tetapi komputer lama Anda sudah tidak berfungsi. Atau Anda tidak dapat menginstal hard drive baru untuk menggantikan yang lama.

Pertanyannya, bagaimana cara Anda mendapatkan data yang ada di komputer lama tersebut?

Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD) menggunakan kabel SATA standar untuk dapat terhubung ke motherboard. Jika Anda memiliki port SATA atau eSATA cadangan, hubungkan drive lama Anda di situ.

5 Cara Transfer File Antar Komputer 5

Sistem operasi akan mengenalinya sebagai drive baru dan Anda dapat mentransfer file dari drive lama ke drive baru (komputer baru).

Coba Gunakan Cloud Storage atau Web Transfers

Opsi terakhir adalah dengan memanfaatkan internet. Ini berarti Anda akan melalui proses upload dan download file.

Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa penyedia layanan penyimpanan awan seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive atau yang lainnya.

5 Cara Transfer File Antar Komputer 6

Jika Anda tidak ingin menggunakan cloud storage tetapi ingin meng-upload file besar, cobalah PlusTransfer. Anda dapat meng-upload file sampai 5 GB dalam satu kali transfer. Bahkan, Anda tidak perlu mendaftar dan membuat akun.

5 Cara Transfer File Antar Komputer 7

Atau coba gunakan FilePizza, aplikasi peer-to-peer yang memungkinkan Anda berbagi file dengan orang lain.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments